Banner HUT Kota Pontianak Ke 247 Tahun

Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Lusinan tewas setelah bus sekolah membawa anak-anak terkena serangan udara di Yaman

cnn.com   Puluhan anak-anak, banyak yang diyakini berusia di bawah 10 tahun dan dalam perjalanan mereka ke kamp musim panas, telah tewas setelah serangan udara koalisi yang dipimpin Saudi menghantam bus sekolah di Yaman utara pada hari Kamis.

Bus itu diserang ketika sedang mengemudi melalui pasar di provinsi Saada yang dikuasai pemberontak, menurut TV Al-Masirah yang dikelola Houthi. Sedikitnya 43 orang tewas dan 63 luka-luka dalam serangan itu, menurut kementerian kesehatan Houthi.





Komite Internasional Palang Merah (ICRC) mengatakan bahwa sebuah rumah sakit yang didukungnya di Saada telah menerima 29 mayat "terutama anak-anak" di bawah usia 15 tahun, dan 40 luka-luka, termasuk 30 anak anak.

"(Rumah sakit) sangat sibuk. Mereka telah menerima luka dan mati sejak pagi dan tidak ada henti," kata kepala komunikasi ICRC dan juru bicara Mirella Hodeib kepada CNN.

Houthi media menyiarkan rekaman grafis yang muncul untuk menunjukkan mayat anak-anak. Video lain menunjukkan seorang anak laki-laki yang membawa ransel UNICEF yang dikawal ke rumah sakit, wajahnya berlumuran darah ketika staf medis mencoba mengobati lukanya.

Para saksi yang disiarkan CNN mengatakan, serangan itu dapat didengar dari distrik-distrik tetangga.Koalisi yang dipimpin Saudi menyebut serangan udara itu sebagai "operasi militer yang sah," dan pembalasan terhadap rudal balistik Houthi yang menargetkan provinsi Jizan di kerajaan itu pada Rabu malam, menurut kantor berita resmi Arab Saudi.

"Penargetan yang terjadi hari ini di provinsi Saada adalah tindakan militer yang sah untuk menargetkan unsur-unsur yang direncanakan dan dilaksanakan penargetan warga sipil di kota Jizan tadi malam, membunuh dan melukai warga sipil," kata Saudi Press Agency mengutip juru bicara koalisi Turki al-Maliki seperti yang dikatakan.

Satu orang tewas dalam serangan itu, media Saudi melaporkan.Maliki mengatakan mereka yang bertanggung jawab atas penembakan rudal balistik dan menargetkan warga sipil akan "mendapatkan apa yang mereka layak dapatkan." PBB telah berulang kali mengkritik tindakan koalisi.

"Menempatkan anak-anak dalam bahaya adalah hal yang mengerikan dan menyedihkan dan membuat mereka membayar harga seperti itu tidak dapat diterima," kata Hodeib.

Menanggapi serangan udara pada hari Kamis, Direktur Regional UNICEF di Timur Tengah dan Afrika Utara Geert Cappelaere mengatakan, "apakah dunia benar-benar membutuhkan kehidupan anak-anak yang lebih lugu untuk menghentikan perang kejam terhadap anak-anak di Yaman?" (Hakim Almasmari, Sarah El Sirgany and Tamara Qiblawi, CNN)


Judul asli : Dozens dead after school bus carrying children hit by airstrike in Yemen
Reporter/Penulis : Hakim Almasmari, Sarah El Sirgany and Tamara Qiblawi, CNN
Terjemahan dalam Bahasa Inggris bebas : Asep Haryono





No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog