Sukseskan Asian Games 2018

Hidangan Bakso Yang Menggoda Selera

Kubu Raya. Apakah sahabat pecinta hidangan berkuah seperti bakso seperti saya?.  Bakso atau Baso adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang merakyat sekali, dan banyak disukai oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, tanpa sekat dan tanpa akibat.

Hampir di seluruh wilayah pelosok di Indonesia, ada para penjual hidangan berkuah yang menggoda selera ini. Bakso atau Baso. Kalai dilihat dari konten yang ada dalam semangkok Bakso atau Baso sangat familiar bagi lidah orang Indonesia : Mie putih atau mie kuning, sawi, mihun putih, daun bawang seledri, kuah sop dan juga bulatan baksonya itu sendiri.

Seperti dalam acara Halal BiHalal keluarga besar Komplek Duta Bandara Kubu Raya yang diselenggarakan di Masjid Babussalam Duta Bandara pada tanggal 1 Juli 2018 kemarin juga ada dihidangkan kulier Bakso lengkap dengan kroketnya. Bagi masyarakat Pontianak pada khususnya, kroket adalah salah satu pelengkap dari Baksonya itu sendiri

SIAP SAJI : Mangkok mangkok yang sudah berisi bulatan bakso siap untuk dinikmati oleh penikmatnya. Foto Asep Haryono
SIAP SAJI : Mangkok mangkok yang sudah berisi bulatan bakso siap untuk dinikmati oleh penikmatnya. Foto Asep Haryono


Ada banyak sekali Bakso atau Baso di seluruh Indoneisa. Setiap daerah memiliki ciri khasnya masing masing.  Salah satu ciri khas dari Bakso Arema Malang misalnya memang khas dengan pangsit gorengnya yang menggoda dan dengan harga yang relatif terjangkau bagi kantong masyarakat di Indonesia.

Beberapa jenis Bakso atau baso lainnya juga banyak beredar. Setiap daerah atau kota di Indonesia memiliki ciri khas dalam menyajikan hidangan berkuah dan lezat ini bagi para penilkmatnya. Bakso urat, Bakso Setan, Bakso Tahu, Bakso Ikan, Bakso daging sapi dan masih banyak lagi jenis bakso atau baso lainnya. Bahkan bakso "beranak" juga ada.  Unik ya namanya

Bagi masyarakat Kota Pontianak atau Melayu khususnya, dan juga daerah lainnya kerap menyediakan jerulk sambal dalam setiap penyajian Bakso. Bagi mereka yang suka dengan sesnasi rasa asam dalam hidangan Baksonya boleh boleh saja menggunakan Jeruk Sambal ini. 

Banyak juga penikmat Bakso yang suka dengan mie putih saja atau mie kuning saja. bahkan campuran dari kedua itu.  Ahh bakso akan banyak hal yang bisa dicertiakan di sini. Bagaimaan dengan cerita kamu tentang Bakso atau Baso ini?.
(Asep Haryono)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog