Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Sudahkah Anda Membayar Zakat Fitrah ?

Pontianak. Masjid Babussalam Duta Bandara Kubu Raya adalah masjid yang berada di dalam komplek Duta Bandara Kubu Raya, dan masjid itulah yang terdekat dengan rumah saya.  Menjelang berakhirnya bula Suci Ramadhan 1439 Hijriah ini panitia pelaksana Ramadhan Masjid dan Remaja Masjid masih menerima dan menyalurkan Zakat Fitrah, infaq dan Shadaqah sebelum masuknya waktu Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah.

Melaksanakan Shaum di Bulan Ramadhan kemudian dilanjutkan lagi dengan membayar Zakat (Baik zakat Fitrah maupun Zakat Harta) adalah satu paket yang tidak bisa terpisah satu sama lainnya. 

Dasar hukum Zakat dalam ISLAM sangatlah jelas tercantum dalam  Al Quran dan Hadist. 
 Firman Allah SWT dalam QS al-Baqarah ayat 110: “Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat”. Saya tidak membahas terlalu jauh dalam kaidah hukum ini.

Dalam pelaksanaannya di lapangan, Zakat fitrah memang wajib dikeluarkan setiap muslim dan untuk itulah Zakat harus segera ditunaikan. Jangan menunggu terlalu lama sebab dikuatirkan terlupa hingga bablas masuk waktu pelaksanaan Sholat Idul Fitri.  Sebab jika (zakat) ditunaikan setelah khatib naik Mimbar di Hari Raya Idul Fitri namanya sudah bukan Zakat lagi.


ZAKAT FITRAH : Bayarlah zakat di lembaga BAZIS setempat di sekitar rumah anda. Segerala tunaikan sebelum terlambat. Foto Asep Haryono
ZAKAT FITRAH : Bayarlah zakat di lembaga BAZIS setempat di sekitar rumah anda. Segerala tunaikan sebelum terlambat. Seperti dalam foto ini seorang jamaah sedang memberikan zakatnya dan diterima oleh Panitia zakat di Masjid Babussalam Duta Bandara Kubu Raya. Foto Asep Haryono




Mereka yang akan menunaikan kewajiban Zakat Fitrah dan Zakat Mall nya (Sesuai dengan syarat dan ketentuan tentunya) bisa di mana saja, Apakah di lokasi tempat penerimaan dan penyaluran Zakat Infaq Sadhaqah (BAZIS), atau di setiap masjid masjid yang terdekat dengan tempat tinggal sahabat semuanya.  Bebas saja, Mau zakat berbentuk cash (Uang Tunai) dan atau pun dalam bentuk beras saja.  Mana saja bebas boleh boleh saja.

Silahkan mendatangi Unit Penerimaan Zakat (UPZ) dan atau BAZIS setempat dilingkungan sekitar sahabat semuanya. Bawalah zakat sahabat sesuai dengan syarat dan ketentuannya. 

Ingatlah selalu jika akan memberikan Zakat Fitrah haruslah sesuai dengan apa yang sahabat makan setiap harinya. Sebagai contoh jika Sahabat biasa mengkonsumsi beras dengan Nilai Rp.35.000 per kilo gram maka dikalikan 2.5 Kg maka akan didapat angka Rp.140.000,- Sudahkah Anda Membayar Zakat Fitrah ? 
(Asep Haryono)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog