Sukseskan Asian Games 2018

Saya Sudah Mencoblos di TPS 12 LPM UNTAN Pontianak

Pontianak. Alhamdulillah tepat pukul 09.10 WIB tanggal 27 Juni 2018 tadi pagi saya sudah memberikan suara saya dalam Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) serentak di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 12 Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Tanjungpura (UNTAN) yang terletak di dalam kawasan kampus UNTAN Jalan Daya Nasional Pontianak.

Berbekal Surat Panggilan Kepada Pemilih (Formulir C6) Pilkada Kalbar 2018 saya pun mendaftar di meja pendaftaran yang sudah siap menunggu kedatangan para voters itu. Setelah menyerahkan formulir C6, saya kemudian diminta memberikan tanda tangan atau paraf kehadiran di lembaran hadir yang sudah disediakan.

Kemudian, surat atau formulir C6 tersebut saya bawa ke meja yang lain sekaligus untuk menerima kertas suara yang terdari dua bagian. Bagian pertama Untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, dan bagian kedua adalah kertas suara untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pontianak 2018.     Setelah saya mendapatkan kedua bagian kertas suara itu saya pun bergegas menuju bilik suara yang letaknya di depan meja meja para saksi saksi dan petugas keamanan.

Di dalam bilik Suara yang berbentuk seperti Podium Khatib Jumat itu (hanya Bagian wajah pemilih tampak jelas terlihat-red) saya membuka kedua bagian Kertas Suara tersebut, Pilgub Kalbar 2018 dan Pilwako Pontianak 2018. Ada sebuah paku yang terikat dengan tali dengan bantalan untuk alas kertas suara yang akan dicoblos. Saya pun memilih pemimpin pilhan saya dengan mencoblos tepat ditengah gambar wajahnya satu kali.

Dari bilik suara itu, saya kemudian membawa kedua bagian kertas Suara itu dengan lipatan masing masing dengan rapih. Satu kertas suara yang sudah saya coblos , Pilgub dan WakilGub 2018 di kotak Pilgub Kalbar, dan satu kertas suara Pilwako di kota suara khusus Pilwako 2018. Pastikan kalian tidak salah dalam memasukkan kertas suara di kotak suara ini ya.


TINTA : Tanda saya sudah mencoblos dalam Pilkada Kalbar 2018 ini. Ada tinda warna ungu di salah satu jari saya. Foto Asep Haryono
TINTA : Tanda saya sudah mencoblos dalam Pilkada Kalbar 2018 ini. Ada tinda warna ungu di salah satu jari saya. Foto Asep Haryono

Dilarang Mengambil Foto

Saat saya selesai memberikan suara saya dalam Pilkada Serentak 2018 di TPS 12 LPM Untan Pontianak itu, saya menghampiri salah satu personil panitia di meja registration (pendaftaran) yang ada di pintu masuk untuk meminta izin mengambil Gambar atau foto suasana pemilihan di TPS 12 LPM Untan ini.  Dari bapak yang tidak sempat saya tanya namanya ini saya diminta meminta "izin" terlebih dahulu kepada ketua RT tempat TPS 12 setempat.

"Oh kalau mau foto foto silahkan foto nya dari luar, ini foto dari pemantau luar boleh mengambil fotonya dari luar saja" kata pak RT tempat TPS 12 LPM Untan yang juga saya tidak sempat menanyakan namanya.  Dalam hati saya bertanya mengapa mengambil foto suasana berlangsungnya pemilihan di TPS tersebut dilarang.  Saya tidak memfoto kertas suara atau sejenisnya.

Saya pun mengurungkan niat untuk mengambil foto suasana saat berlangsungnya proses pemungutan Suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 12 LPM Universitas Tanjungpura Pontianak.    Saya sempat ditanya oleh salah seorang panitia yang berjaga di luar bersama seorang anggota Polisi "Bagaimana pak sudah kah mengambil fotonya" tanya nya.

Saya menjawab saja "iya pak sudah" jawab saya singkat.

"Saya memfoto dari luar saja pak diam diam" jawab saya lagi. Padahal saya tidak mengambil foto sama sekali. Saya sudah frustasi "dilarang larang" seperti itu. Ini kan demokratis.  Era nya keterbukaan. Saya tidak diizinkan mengambil foto foto saat berlangsungnya suasana pemungutan Suara di TPS tersebut. Hanya boleh foto dari luar. Dapat apanya kalau foto dari luar.

Namun kegalauan saya di TPS 12 LPM Untan tempat saya mencoblos tadi terbayar sudah saat saya berada di TPS Komplek Duta Bandara Permai Kubu Raya tempat domisli atau tempat tinggal saya sekarang ini.   Loh saya domisi di Komplek Duta Bandara Kubu Raya tetapi mengapa mencoblosnya di TPS 12 LPM Universitas Tanjungpura di kota Pontianak?  Karena KTP dan KK saya di Komplek UNTAN Pontianak.   Jelas ya

Kembali ke soal foto foto tadi. Saya diizinkan mengambil foto foto bahkan video saat berada di TPS Komplek Duta Bandara Permai Kubu Raya tempat domisli atau tempat tinggal saya sekarang ini.  Saya merasa begitu bahagia bisa mengabadikan beberapa detail dari proses Pemungutan Suara di TPS Komplek Duta Bandara Permai Kubu Raya ini.
(Asep Haryono)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog