Dirgayahu Kemerdekaan RI Ke 73 Tahun


Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Nikmatnya Takjil Buka Puasa

Kubu Raya. Ada dua kenikmatan bagi mereka yang berpuasa sebagaimana yang tercantum dalam AL Quran yakni saat memasuki waktu berbuka puasa telah tiba dan saat bertemu dengan TUHANnya.   Nah berbicara soal berbuka puasa tentu sangat identik dengan takjil ya.  Maksud saya adalah hidangan makanan dan minuman yang disajikan dan disantap saat berbuka puasa.  Apas aja itu?

Soal jenis dan model dan bentuk serta harga serba relatif.  Selera orang juga berbeda beda antara satu Bukaers (Orang yang berbuka puasa-red).  Nah makanan dan minuman yang disajikan dalam Buka Puasa memang bervariasi, banyak macamnya, dan yang lebih utama lagi adalah soal selera. Kalau sudah menyinggung soal selera memang tidak dapat diperdebatkan.

Nah beberapa jenis makanan untuk berbuka puasa (minuman buka puasanya dibahas selanjutnya-red) itu terdiri atas makanan ringan berupa cemilan, snack atau kue kue, dan kedua adalah makanan organik alias makan berat seperti nasi beserta lauk pauknya.   Nah untuk katagori makanan berbentuk cemilan ringan seperti kue kue juga ada banyak macamnya.  Ada kue manis, kue basah, dan kue kering.  Kira kira begitu

BUKA PUASA : Ini adalah salah satu contoh menu buka puasa di Masjid Babussalam Duta Bandara Kubu Raya, mesjid yang dekat dengan tempat tinggal saya.  Foto Asep Haryono
BUKA PUASA : Ini adalah salah satu contoh menu buka puasa di Masjid Babussalam Duta Bandara Kubu Raya, mesjid yang dekat dengan tempat tinggal saya.  Foto Asep Haryono 

Biasanya tiap kota atau daerah di Indonesia memiliki ciri khas nya makanannya masing masing.   Untuk kota Pontianak misalnya, aneka hidangan buka Puasa banyak tersedia di Pasar Juadah Ramadhan yang bertebaran nyaris di setiap sudut di kota Pontianak dan sekitarnya.  Soal harga tergantung jenis kue atau makanannya. Semakin "elit" ya tentu jatuh harganya relatif lebih mahal.


Untuk makanan khas Kota Pontianak juga ada banyak macamnya. Namun yang paling sering ditemui disetiap agenda makan makan (tidak hanya buka puasa, acara arisan pun juga-red) disediakan yakni Bingke Berendam.  Dan berbagai jenis makanan lainnya.    Beberapa kue kue yang disajikan dalam buka puasa ini pun ada yang dibuat sendiri (masak kue sendiri) atau praktisnya saja beli di Pasar Juadah, atau di toko makanan.  Bebas saja.

Untuk minuman pengantar buka Puasanya di kota Pontianak dan sekitarnya juga ada banyaknya. Salah satu diantaranya adalah Air Tahu.  Air tahu ini bentuknya mirip SUSU padahal bukan. Ia adalah air tahu atau orang Jakarta mungkin menyebutnya sebagai kembang tahu. 

Baca juga  Seperti SUSU padahal Bukan. Itulah Air Tahu

Ada juga air Rujak, atau es Rujak, Air Tebu, air Sirop, air cincau dan masih banyak lagi.  Tidak hanya manual yang dikemas modern dalam bentuk kalengan juga ada. Apakah semuanya harus kamu makan semua? Ya jangan donk. Memang tidak ada larangan kamu makan berapa biji lemper, tapi ingat tidak boleh terlalu kenyang. Karena setelah berbuka puasa lanjut sholat Magrib ya.  Selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan. Salam saya sekeluarga di Pontianak. Kalimantan Barat. INDONESIA. 
(Asep Haryono)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog