Sukseskan Asian Games 2018

Mengganti Password Email Secara Berkala

Pontianak.  Terakhir saya mengganti password akun Google (termasuk akun email GMAIL tentu saja-red) pada tanggal  19 Juli 2016 yang lalu. Alhamdulillah beberapa menit yang lalu saya sudah mengganti password baru. 

Jadi kurang lebih saya mengganti password nya hampir 1 tahun kemudian  ya. Seharusnua ini tidak boleh terjadi karena terlalu lama untuk mengganti password baru. Terlalu tinggi resikonya.

Baca juga Cara cepat Mengganti Passoword GMAIL

Mengganti password secara berkala sebaiknya jangan terlalu lama seperti saya. Idealnya, ini kata orang orang sih, mengganti password sosial media apa pun entah itu facebook , Twotter, Instagram atau apa saja adalah idealnya setiap 3 atau 6 bulan sekali diganti dengan password yang baru.   

Tampilan Password sudah diganti baru,  Foto dari Internet
Tampilan Password sudah diganti baru,  Foto dari Internet

Mengapa harus Sering Mengganti Password Baru?

Sering kita mendengar akun facebook di hack orang, dan lain sebagainya,. Saya jadi berpikir apa iya ada hacker yang mengacakk ngacak facebook seseorang?.  Kira kira apa untungnya bagi sang Hacker kalau cuma sekedar "mengintip" akun facebook orang.   Itu hacker kurang kerjaan namaya.  Setridaknya ini pendapat saya sih. 

Bukankah hacker lebih tertarik pada challenge seperti membobol bank , mencuri data kartu kredit dan lain sebagainya ketimbang mengintip akun facebook orang.   Kira kira apa manfaatnya bagi sang Hacker mengintip akun facebook orang?  Saya liat persoalannya dulu. 

Baca juga Lindungi Email GMAIL anda dengan Veirfikasi 2 langkah

Mungjkin kalau akun Facebook orang penting seperti public figure, pejabat Bank atau apalah.  Masuk akal jika kena hacker.   Tapi ini kan masyarakat biasa (ordinaru people). Mengapa puila akun Facebook orang kena hack? 

Saya menduga kuat salah satu alasan mengapa akun Facebook orang bisa bobol mungkin salah satu penyebabnya adalah password yang digunakan mudah ditebak orang seperti tanggal lahir, nomor platr kendaraan pribad , no Hndsphone , nama kecil nama kota lahir dan masih banyakj lagi lainnya. Kombinasi password yang tingkat securitu (keamanan) nya rendah ya seperti itu. Mudah ditebak orang .

Mengganti Password Email Secara Berkala?  Larena akan membuat si pengguna (User) merasa nyaman dan tenang dalam menggunakan sosial meidia di Internet.  Hal ini juga bisa mengecoh orang yang sering mengamati prilaku kita di sosial media.  Supaya lebih safe lagi, gunakan sistim verifikasi 2 langkah dengan handphoen saja agar praktis dan mudah untuk mengeksekusinya. Asep Haryono)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog