Dirgayahu Kemerdekaan RI Ke 73 Tahun


Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Tips Aman Saat Mengisi Bensin Di SPBU

Pontianak. Mengisi bensin di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) memiliki kelebihan tersendiri antara lain bensin yang didapat lebih pure (murni) dari membeli bensin eceran di pinggir jalan. Sebenarnya tidak hanya bensin, beberapa jenis bahan bakar lainnya juga mudah didapat di SPBU misalnya Pertalit, Pertamax dan beberapa  produk PERTAMA lainnya.

SPBU : Antrilah dengan tertib saat anda berada di pengisian Bensin Pertamina. Perhatikan keselamatan saat mengisinya. Foto Asep Haryono
SPBU : Antrilah dengan tertib saat anda berada di pengisian Bensin Pertamina. Perhatikan keselamatan saat mengisinya. Fot  o Asep Haryono

Namun tahukah kalian bahwa mengisi Bensin di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) adalah resctricted area dan juga daerah yang cukup beresiko tinggi berupa ledakan dan bahaya lain yang mengancam jiwa jika kita tidak memperhatikan faktor keselamatan.   Nah Tips Aman Saat Mengisi Bensin di SPBU :


  1. Tidak Merokok (No Smoking area).  Ini sudah pasti. Bensin adalah senyawa yang mudah terbakar.  Siapa pun itu tidak boleh merokok. Dilarang keras merokok di sekitar lokasi SPBU dimana saja diseliuruh dunia. Ini larangan yang sangat keras, dan tidak boleh main main.  Jangan merokok di dekat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).
  2. Tidak Menggunakan Handphone.  Ini juga termasuk larangan yang sangat keras.  Semua pengendara kendaraan roda dua atau empat siapa saja tidak boleh menerima dan atau memanggil telepon (call).  Gelombang yang ditimbulkan oleh Handphone dapat memicu ledakan.
  3. Tidak Menyalakan Mesin.   Saat anda melakukan proses pengisian Bahan Bakar di  Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) agar terlebih dahulu mematikan engine (mesin) nya.  Ini jelas sangat berbahaya jika anda mengisi tanki bensin kendaraan anda saat mesin kendaraan anda masih menyala.  Sangat berbahaya karena berpotensi menimbulkan ledakan.

Selain itu ada baiknya anda menyiapkan uang pas.  Ini memang tidak "wajib". Namun alangkah baiknya jika anda sejak dari awal sebelum memasuki wialayah pengisian bahan bakar (SPBU) anda sudah menyiapkan uang pas sesuai dengan jumlah liter yang ingin anda isi saat di SPBU.    Jika lokasi SPBU itu menerapkan transaksi non tunai (Cashless) ya gunakan saja kartu anda. Namun jika tidak, siapkan uang pas

Tidak wajib memang, namun ini sangat membantu para petugas SPBU dalam melayani anda.  Ingat antrian di SPBU sudah pasti memanjang.  Kalau cuaca sejuk sih oke, bagaimana saat mengantri atau antrian mengular saat cuaca sangat terik.  Kasihan juga jika ada pengendara yang membawa bayi ikut antri dipanas siang saat antrian.  
(Asep Haryono)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog