Dirgayahu Kemerdekaan RI Ke 73 Tahun


Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

TIPS Aman Dan Nyaman Terbang Dengan Pesawat Udara

Kubu Raya.  Bepergian wisata (trip) ataupun untuk urusan keluarga atau pekerjaan bisa dilakukan dengan moda apa saja, moda angkutan udara, darat atau pun laut.  Alhamdulillah semuanya sudah pernah saya coba : traveling dengan menggunakan angkutan laut , angkutan darat maupun udara. Hanya ada 2 kendaraan yang belum pernah saya coba naik seumur hidup saya yakni Helikopter dan Tank.

Bagaimana dengan pesawat tempur? Katanya sudah sering naik pesawat udara/ Hahah iya benar.  Pesawat tempur memang belum pernah saya naiki dan ataupun coba baik sebagai passanger (penumpang) apalagi sebagai pilotnya. Tapi swafoto (selfie) dengan Pesawat Tempur Hawk 209 di Lanud Supadio sih pernah.  Hahaha. Nda percaya?

Baca ini - Bisa Swafoto Dengan Pesawat Hawk 209 di Lanud Supadio Pontianak
.

TERTIB : Begitu anda duduk , segera ikat sabuk pengaman anda, dan ikuti petunjuk keselamatan yang diperagakan oleh crew pesawat. Foto Asep Haryono
TERTIB : Begitu anda duduk , segera ikat sabuk pengaman anda, dan ikuti petunjuk keselamatan yang diperagakan oleh crew pesawat. Foto Asep Haryono


TIPS Aman Dan Nyaman Dengan Pesawat Udara
  1. Bawalah Charger.
    Jangan Power Bank. Baru baru ini ada himbauan agar para penumpang pesawat udara untuk tidak membawa perangkat daya atau Power Bank karena dikuatirkan akan menimbulkan letupan api baik saat di bawa di dalam kabin maupun sebagai Bagasi.  Sejauh ini memang belum ada laporan masuk adanya letupan power bank dalam penerbangan di Indonesia namun untuk kebaikan bersama himbauan baik ini sebaiknya dipatuhi bersama demi keselamatan bersama.
  2. Tidak mengaktifkan Telepon Genggam saat mengudara. 
    Ini sudah jelas dan selalu dihimbau oleh crew penerbangan mana saja di Indonesia dalam dan di luar negeri agar para penumpang tidak mengaktifkan perangkat yang memancarkan fitur telephony dalam pesawat.  Ini sudah jelas.  Namun biasanya orang Indonesia tidak bisa menahan diri untuk tidak menyalakan HP nya bahkan saat pesawat belum benar benar berhenti. Ini sikap yang tidak baik dan tetap berisiko menganggu komunikasi pesawat.
  3. Tidak membawa barang berbahan logam atau Tajam.
    Biasanya dalam pemeriksaan (checkpoint) di Bandara dilakukan dua kali bahkan lebih. Anda bahkan diminta untuk melepaskan ikat pinggang celana panjang anda yang laki laki karena mengandung logam.  Guntin dan benda tajam lainnya jelas tidak boleh dibawa ke dalam pesawat. Pemindah (scanning) bagasi akan menangkapnya.  Jangan bawa barang barang "ajaib" seperti ini jika anda tidak mau repot urusannya nanti.  Bawa yang aman aman saja.   
  4. Tidak Memfoto Sembarangan Di dalam Pesawat.
    Saya pernah ditegur oleh seorang crew pesawat (Pramugari) karena saya foto foto di dalam pesawat. Well, sejauh ini belum ada Undang Undang yang menyebutkan adanya larangan melakukan foto foto atau merekam video selama di dalam pesawat. 
    Banyak vlogger dalam dan luar negeri yang memposting akifitas penerbangan mereka selama di pesawat dan itu merupakan tontonan yang menarik. Sebut saja vlogger kondang Amerika Casey Neistat yang pernah jumpa dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.  Casey sering menampilkan video video serunya selama penerbangan di pesawat.  Jadi santai sajalah jika kamu mau rekam video atau foto foto di dalam pesawat tentu tidak sembarangan ya.  Tertib, sopan dan beretika itu saja kuncinya
  5. Narkoba NO WAY. 
    Ini apalagi.  Jangan mau dititipkan barang apa pun oleh orang yang tidak anda kenal selama melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat Udara. Apa pun bentuknya bahkan anda akan diming imingi oleh uang sekalipun. Demi keselamatankita bersama.  Membawa barang terlarang di dalam pesawat seperti Narkoba akan diancam oleh undang undang dan sanksinya sangat berat.  Jadi berhati hatilah terhadap barang bawaan anda. Sekali lagi jangan mudah terpedaya oleh orang yang tidak anda kenal yang menitipkan barang apa pun kepada anda.  Lapor kepada petugas kemanan Bandara atau aparat penegak hukum setempat jika anda merasa butuh perlindungan dan informasi keselamatan lainnya.
  6. Baca Buku Kesalamatan Penerbangan dan Ikuti Petunjuk Peraga keselamatan.
    Sebelum pesawat benar benar lepas landas atau take off, biasanya akan ada pemutaran video keselamatan dan kemanan dalam penerbangan (safety on board) dan juga diperagakan secara langsung oleh pramugari atau pramugara.  Jangan terpesano eh terpesona oleh kecantikan Pramugari yang memperagakan keselamatan penerbangan. Jangan gagal fokus. Perhatikan petunjuk keselamatan penerbangan yang diperagakan oleh crew pesawat (pramugari) seperti cara menggunakan life vest (pelamnpung) saat pesawat berada di air, cara pengunaan masker oksigen dan masih banyak lagi lainnya

Sebagai penutup, berhati hatilah saat membuka kabin tempat peyimpanan koper yang ada di atas tempat duduk anda.  Keluarkan barang barang agasi dan koper anda secaraperlahan lahan dan hati hati agar tidak berjatuhan dan menimpa orang lain. 

Dan satu lagi dan ini juga cukup penting.  Anda tidak boleh memindahkan (baca : mengambil) Life Vest atau pelampung yang memang disediakan di bagian bawah tempat duduk anda. Itu bukan souvenir yang boleh anda bawa pulang.  Ini property pesawat, Memindahkannya ke dalam tas anda dan membawanya sebagai souvenir dapat dianggap sebagai tindakan pencurian property pesawat.  Ancamannya bisa dihukium penjara atau denda uang bisa sepuluh juta rupiah. Oke selamat terbang dengan aman dan nyaman ya.  (Asep Haryono)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog