TIPS Aman Berbelanja Ikan Kaleng

Kubu Raya.  Heboh saat ini BPOM merilis 28 merek Ikan Makarel yang mengandung parasit menjadi viral saat ini.   Baca selengkapnya BPOM : 27 Merek Ikan Makarel Kaleng Mengandung Cacing  

Saya sendiri tidak suka makanan Ikan yang dikemas di dalam kaleng atau ikan kaleng merek manapun juga.  Tapi kalau daging kornet sih sering. Ahaai.. Nah mengkonsumsi makanan dalam kalengan memang praktis terutama buat sahabat dan atau anda yang sibuk tidak sempat memasak sendiri di rumah, mengkonsumsi makanan dalam kaleng bisa jadi solusi.

Ikan makarel kaleng kini sedang dipermalukan. Gambar dari Internet
Ikan makarel kaleng kini sedang dipermalukan. Gambar dari Internet

Nyaris banyak makanan dan minuman yang praktis dikemas di dalam kaleng. Tidak hanya Ikan Kaleng saja. Minuman (apalagi) sudah puluhan dalam bentuk kalengan.  Maaf saya tidak dapat menyebut mereknya karena bisa dianggap saya melakukan kampanye produk atau promosi produk.  Kalau saya sebut ya harus bayar donk ke sayah.   Hehehe.

TIPS aman berbelanja Ikan Kaleng


  1. Teliti Tanggal Kadaluarsanya  Ini sangat dianjurkan oleh lembaga konsumen Indonesia (LKI).  Jadi bapak bapak dan ibu ibu remaja putri sekalian yang mau berbelanja ikan Kaleng di mana saja (toko, mall, warung, supermarket) langkah pertama sebalum ikan kaleng itu masuk dalam keranjang belanja anda, telitilah terlebih dahulu tanggal kadaluarsanya.
  2. Masak Kembali.  Ikan Kaleng sebenarnya sudah dalam keadaan siap santap atau siap dimakan.  Karena produsen juga menyadari orang yang sibuk tentulah tidak sempat untuk pergi ke dapur , ambil wajan , nuangkan minyak goreng memasak dan menumis segala macam. Namun demikian masaklah kembali ikan kaleng yang ada beli itu. Masak dengan baik agar segala bakteri, kuman dan maaf (cacing) di dalamnya musnah. 
  3. Kembali ke Alam (Back To Nature).  Jika anda masih ragu ragu akan keamanan dan higienisnya ikan Kaleng, saya sarankan kembali ke alam saja alias anda memancing ikan dan ikannya anda sendiri olah dan masak.  Atau juga anda beli ikan segar di pasar tradisional atau mall dan anda olah sendiri di rumah.  Kurang tau bumbu bumbunya ya browsing aja resep ikan di Internet atau ambil di buku resep.  Hah? Ini nomor 3  tips apa bukan ya ? AUk ah gelap (Asep Haryono)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog