OPINI : Andai Saya Punya Uang Cukup

Edisi ngayal.  Selama itu masih gratis, boleh saja kita mengkhayal.  Tentu saja mengkhayal berbuat baik. Mengkhayal memang ada sisi positifnya setidaknya bisa memicu semangat untuk bisa meraihnya tentu saja dengan jalan yang halal dan bukan dengan korupsi yang semakin marak di negeri ini sekarang ini. Andai Saya Punya Uang cukup (Banyak), ada beberapa hal yang ingin saya prioritaskan untuk saya llakukan dengan uang itu.

Tidak perlu harus jadi Miliarder untuk bisa berbuat kebaikan dengan menggunakan Uang untuk kebaikan bersama.  Namun jika saya diberi "amanah" dari Allah SWT bisa menjadi demikian syukur Alhamdulillah. Nah dalam edisi berkhayal kali ini saya ingin mengajak sahabat semuanya, untuk sejenak, bermimpi tentang kebaikan apa yang ingin sahabat lakukan jika punya uang (cukup) banyak. 

Semua agenda kebaikan di bawah ini sudah dihitung dengan rincian angka angka yang sebenarnya. Angka angka di bawah ini adalah real (nyata) dan bukan hayalan karena sudah dalam perhitunhan matematis. Beberapa agenda kegiatan di bawah ini sudah ada yang berjalan walau tidak menentu pelaksanaannya.

Andai Saya Punya Uang Cukup, Jika itu saya Insya Allah saya akan


Pertama, tentu saja untuk urusan rumah tangga dan keluarga. Ingin membeli rumah (Walaupun itu juga harus dengan mengkredit, tidak harus cash alias tunai) tentu sudah senang sekali.  Namun jika Allah SWT memberikan kepercayaan dan titipan kepada saya hingga bisa memiliki (cukup) uang maka tentu saya akan membeli cash rumah itu. Tidak perlu tipe 45, tipe yang sederhana saja itu sudah senang sekali.  Sedangkan cicilan rumah per bulan (jika beli cicilan)  saya tanggung dari gaji saya bekerja Insya Allah

Selain itu juga ada alokasi dana yang memadai untuk biaya pendidikan anak anak (tabungan pendidikan) dan atau deposito Pendidikan anak anak hingga mereka menamatkan Bangku Perguruan Tinggi Negeri.   Menyiapkan dana yang memadai untuk Bisnis yang saya geluti sekarang ini, MILAGROS, dengan mengajukan permohonan kembali sebagai Stokis Milagros. Dana yang dibutuhkan untuk keperluan pengajuan Stokis ini sebesar Rp.21.000.000,- (Dua Puluh Satu Juta Rupiah).

Selebihnya adalah tabungan.  Saya saat ini memang memiliki beberapa rekening Bank antara lain Bank Rakyat Indonesia, dan Bank Mandiri.  Selebihnya adalah Bank Kalbar, dan Bank BRI Syariah. 

Tabungan yang saya sisihkan adalah dana untuk keperluan yang sifatnya mendadak dan rutin setiap tahun seperti Mudik ke kampung Halaman (nyekar ke makam orang tua di Bekasi) dan atau Liburan ke rumah Mertua di Jogjakarta. Dana yang dibutuhkan untuk mudik sekeluarga ke Bekasi atau Jogjakarta sekitar Rp.8.000.000,(Delapan Juta Rupiah).  Itu hanya transportasi  saja belum  termasuk oleh oleh dan keperluan selama berlibur.  Pengalaman soalnya. Ehm 



UANG : Ini saya saat menggembar uang gepokan pecahan 100 ribu. Uang ini milik sahabat saya yang saya pinjam untuk selfie.  Andai saya punya uang sebanyak ini atau lebih wah senang sekali.  Foto Kekes
UANG : Ini saya saat menggembar uang gepokan pecahan 100 ribu. Uang ini milik sahabat saya yang saya pinjam untuk selfie.  Andai saya punya uang sebanyak ini atau lebih wah senang sekali.  Foto Kekes


Kedua ,  Andai Saya Punya Uang Cukup, saya mau menyisihkan dana yang memadai untuk keperluan menjadi Orang Tua asuh pada program Orang Tua Asuh yang dikoordinir oleh Lembaga Pesantren Modern Ashabul Yaqin - Yayasan Munzalan Indonesia Masjid Kapal Munzalan Mubarakan Pontianak dalam program Infaq Beras bagi anak yatim dan penghafal Al Quran.   Hanya dengan berinfaq 1000 rupiah sehari atau sebesar Rp.25.000 (dua puluh lima) ribu rupiah saja setiap bulan,  saya sudah bisa menjadi orang tua Asuh bagi mereka.   Program Infaq Beras ini bisa diikuti oleh siapa saja.

Baca juga Ayo Ikut Program Infaq Beras - Program Orang Tua Asuh

Andai Saya Punya Uang Cukup , Saya ingin sekaligus membayar selama 1 tahun untuk dan atas nama almarhum dan almarhuham keduaorang tua saya. Yang kalau ditotal maka @ Rp.25.000 x 2 orang x 12 = Rp.1.200.000,- (Satu Juta Dua Ratus Ribu Rupiah).

Selanjutnya Andai Saya Punya Uang Cukup, Insya Allah dalam program setiap Jumat berkah , saya membelanjakan 10 buah Nasi Bungkus dengan nilai Rp.10.000,-.  Menu makan siang dalam paket makan siang ini disumbangkan untuk Masjid masjid secara bergiliran.  Memang kalau dinilai dari jumlahnya jelas sangat jauh dari memadai.   Bayangkan saja jamaah Sholat Jumat di sebuah masjid yang kecil saja jamaahnya bisa mencapai 100 orang.

Selain itu juga, Andai Saya Punya Uang Cukup, saya mau menyisihkan dana untuk sumbangan pembangunan Masjid Babussalam Duta Bandara Kubu Raya yang sekarang ini sedang gencar gencarnya menggalang dana untuk mewujudkan rencana (pembangunan masjid) tersebut.  Dalam sudat edaran dari Masjid Babussalam Duta Bandara, ada 3 (tiga) pilihan sumbangan dalam 3 cluster pilihan yakni 10 juta, 5 juta dan 1 juta rupiah.   Andai saya punya uang cukup (banyak) saya mau memilih niat menyumbang 10 juta.

Baca juga - Mohon Doa dan Dukungan Untuk Pembangunan Masjid Babussalam

Sodaqah nasi bungkus 10 bungkus dengan nilai 10 rb per 1 kotak nasi bungkus sangat jauh memadai dari jumlah seluruh jamaah Jumat di Masjid.  Setidaknya saya ingin bersodaqah secara rutin ini setiap Jumat setiap bulan.  Jadi jika dihitung selama 1 bulan maka anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp.100.000x4 minggu = Rp.400.000,- per bulan.  Lalu saya kalikan lagi untuk 12 bulan maka akan didapat kebutuhan dana untuk sodaqah nasi bungkus jamaah Jumat adalah sebesar Rp. 4.800.000,- (Empat Juta Delapan Ratus Ribu Rupiah).


Terakhir yang Ketiga adalah sodaqah untuk kucing kucing yang ada di rumah saya yang saya sudah hitung jumlahnya sekitar 8 (delapan) ekor kucing.  Kucing kucing ini bukan milik saya namun mereka kumpul di depan rumah saya setiap pagi setiap hari menunggu "jatah makan".  Kucing kucing ini sudah saya anggap seperti kucing sendiri.  Tidak tega rasanya melihat mereka meong meong minta makan dengan tatapan mata ke arah saya seperti memelas.

Kebutuhan makan kucing kucing ini adalah raw fish (ikan segar) seperti Ikan Kembung. Setiap kucing mendapat "jatah" 1 ekor ikan Kembung.  Biaya makan kucing kucing ini sekitar Rp.20.000,- (Dua puluh ribu rupiah) setiap hari. Dana sebesar ini cukup untuk membeli ikan kembung segar setengah kilo gram (Sekitar 6 ekor ikan Kembung). Cukup untuk makan kucing kucing saya. Jadi biaya makan mereka sekitar itu sekali makan.

Baca juga - Kucing Kucing Ini Perlu Makan Setiap Hari


Andai Saya Punya Uang Cukup saya mau menyiapkan dana untuk makan kucing kucing ini setiap hari sebesar kebutuhan. Sebulan sekitar 500 ribu rupiah - dengan perincian @Rp.20.000 sekali makan x 25 hari dalam sebulan x 12 bulan = Rp.500.000,-.  Ahh indahnhya khayalan saya ini.  Semoga Allah SWT mengabulkannya. Aamin Ya Rabbal Alamin. Andai Saya Punya Uang Cukup (Asep Haryono). 

1 comment:

  1. Ditempat saya kucing sudah mencapai puluhan. Sampai kewalahan dengan kotorannya. Pengap dan apek jadinya.

    ReplyDelete

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog