Collins Cobuild English Language Dictionary

Kubu Raya.  Saya memiliki beberapa kamus Bahasa Inggris (English dictionary) dari beberapa penerbit baik jenis kamus saku (pocket dictionary), dan kamus meja (Desk dictionary).  Kamus Elektronick Bahasa Inggris merek Alpha-Link juga dulu pernah ada namun rusak tidak karuan, hilang pula barangnya.  Nah salah satu kamus Bahasa Inggris andalan saya adalah Kamus Bahasa Inggris COLLINS COBUILD ENGLISH LANGUAGE DICTIONARY.

Kata "COBUILD" itu sendiri singkatan dari Collins Birmingham University International Language Database.  Kamus Inggris - Inggris  Cobuild  yang saya miliki sekarang ini (lihat foto yang saya unggah di bawah ini, adalah jenis kamus Collins Cobuild edisi lama. 

Ya cukup lama.  Saya juga tidak membeli (kamus) ini.  Saya mendapat kamus yang tebalnya cukup lumayan dan berat ini dari Mr Anthony Crocker, English Language Office, The British Council Jalan Jendral Sudirman Jakarta sekitar tahun 1992 yang lalu.

Anehnya sampai saat Mr Anthony Crocker pin,dah tugas ke kantor The British Council di Kuala Lumpur Malaysia, saya tidak pernah mengetahui seperti apa orangnya, wajahnya.  Selama ini saya keep in touch (bersilaturahmi-red) dengan Anthony Crocker hanya melalui surat menyurat (korespondensi) saja. Tahun 1992 saat itu saya belum kenal Internet, email dan Facebook


COLLINS COBUILD : Ini saya selfie dengan kamus Collins Cobuild English Language Dictionary hadiah dari Mr Anthony Crocker dari The Bristish Council Jakarta sekitar tahun 1992 yang lalu. Foto IST
COLLINS COBUILD : Ini saya selfie dengan kamus Collins Cobuild English Language Dictionary hadiah dari Mr Anthony Crocker dari The Bristish Council Jakarta sekitar tahun 1992 yang lalu. Foto IST

Tahun 1992 itu tahun awal awal saya masih menyandang status sebagai mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tanjungpura Pontianak. Satu satunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di pulau Kalimantan Barat. 


Kamus ini selain memberikan cara approach (pendekatan) dengan cara yang revolusioner dengan maksud dan tujuannya untuk memahami, belajar, dan mengajar pelajaran bahasa Inggris untuk saat ini.

Kamus Cobuild edisi yang baru (revised edition) lebih dinamis, lebih segar penampilan fisiknya dan  ditulis oleh tim editorial berpengalaman di University of Birmingham untuk memenuhi kebutuhan semua siswa dan atau guru pelajaran bahasa Inggris tingkat menengah dan hingga ke tingkat lanjutan.

Kamu kamu yang kepengen banged memiliki kamus Collins Cobuild English Language Dictionary bisa memperolehnya di Toko Gramedia group di seluruh Indonesia, bahkan di seluruh dunia karena kamus ini sudah memiliki ISBN (International Standard Book Number). dan harganya juga cukup terjangkau.  Untuk hard cover-nya dibandrol harga sekitar 16 USD atau sekitar Rp.208.000,- (Asep Haryono)









No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog