Dirgayahu Kemerdekaan RI Ke 73 Tahun


Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Bawa Power Bank Atau Charger Saat Terbang

Kubu Raya.  Baru baru ini saya mendengar informasi dari RRI Pontianak beberapa hari yang lalu yang mengabarkan adanya himbauan agar masyaakat sebaiknya membawa charger saja saat bepergian dengan menggunakan moda angkutan udara (baca : pesawat) daripada membawa "bank tenaga" atau power bank karena dikuatirkan akan beresiko meledak.

Himbauan seperti ini sebenarnya dipicu oleh kejadian di sebuah negara, saya lupa nama negaranya, dimana salah seorang penumpang yang membawa sebuah Power Bank di kabin pesawat meletup dan menimbulkan bunga api walaupun kecil namun sontak membuat gaduh dan panik seisi pesawat.

Baca juga Android Yang Difungsikan Sebagai Modem

Sebenarnya, dalam padangan saya, dan pengalaman saya yang terbang dengan menggunakan moda angkutan udara, larangan membawa benda benda elektronik dengan fitur telephony memang dilarang keras karena dapat mengganggu navigasi pesawat. 

Mungkin termasuk di dalam nya mengaktifkan telepon genggam (gawai) saat terbang juga dilarang keras.   Bagaimana dengan membawa Charger sebagai ganti membawa Power Bank saat terbang?


CHARGER  : Ini adalah salah satu charger yang saya beli di salah satu toko ponsel di Tanggerang (Banten) akhir Bulan Desember 2017 yang lalu.  Foto Asep Haryono
CHARGER  : Ini adalah salah satu charger yang saya beli di salah satu toko ponsel di Tanggerang (Banten) akhir Bulan Desember 2017 yang lalu.  Foto Asep Haryono


Namun demikian anda saja benar hanya membawa Charger saja oke oke saja namun yang menjadi pertanyaan saya dimana tempat untuk mencolok Charger  di pesawat ?  Setahu saya dalam pesawat tertentu saya jarang menjumpai ada colokan yang disediakan oleh pesawat untuk mencas alat ektronik yang dibawa oleh para penumpang.

Baca juga Pengalaman Beli Charger Samsung Yang Bukan Original
Selama "karir" terbang bersama Garuda Indonesia saja yang notabene penerbangan papan atas di Indonesia, saya jarang atau bahkan tidak pernah menemukan adanya lubang (hole) untuk mencolok Charger

Lagi pula untuk penerbangan berjarak pendek seperti juruan Pontianak - Jakarta atau sebaliknya dengan masa terbang selama 1 jam 20 menit rasanya Handphone atau Ipad pun nda penuh di cas. Ini syarat dan ketentuan berlaku tentunya.

Jadi dalam pandangan saya sih bawa Charger juga tidak akan maksimal untuk mengisi penuh perangkat selular atau gawai anda selama terbang di Pesawat. Namun jika alasan himbauan itu untuk mencegah kemungkinan adanya letupan yang diakibakan oleh perangkat charger saya rasa himbauan itu patut mendapat perhatian bagi kita semuanya untuk kebaikan kita bersama, mengapa tidak. Bawa Power Bank atau Charger Saat Terbang?  (Asep Haryono)












1 comment:

  1. Jadi khawatir nih kalau menyimpan power bank di pesawat. Padahal dibutuhkan saat di tempat tujuan.

    ReplyDelete

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog