Sukseskan Asian Games 2018

TIPS : Bawa Bekal dari Rumah

Kubu Raya. Membawa bekal makan siang dari rumah untuk disantap di tempat, di kantor atau pun sebagai bekal di sekolah jauh lebih aman dan ekonomis daripada membeli jadi dari rumah makan. Tapi ini lebih bersifat optional atau pilihan. Tergantung pada situasi dan kondisinya.  Dalam tulisan saya hari ini ingin mencoba memaparkan untung rugi membawa bekal makan dari rumah.

Membawa bekal dari rumah bisa untuk waktu makan apa pun baik untuk makan siang, makan sore atau pun makan malam. Namun yang umum untuk bekal keperluan lunch atau makan siang.  Baik untuk bekal makan siang anak anak maupun bekal makan siang ayah atau bundanya di kantor. Ini bagi pekerja kantor.  Yang bukan kantor juga bisa. Bekal makan siang bisa untuk siapa saja dan dimana saja.


MENU MAKAN SIANG : Inilah salah satu menu makan siang anak saya untuk dibawa ke sekolah. Ada perkedel dan sayuran. Foto Asep Haryono
MENU MAKAN SIANG : Inilah salah satu menu makan siang anak saya untuk dibawa ke sekolah. Ada perkedel dan sayuran. Foto Asep Haryono
Keuntungan Bawa Bekal dari Rumah
Ada banyak manfaat membawa bekal makan siang dari rumah. Salah satu keuntungan terbesar menyiapkan, membawa sendiri makan siang untuk keperluan sang anak di sekolah atau ayah bundanya di sekolah adalah kebersihan dan keamanan pangan.

Sekarang anak anak memang gandrung Pangan Jajan anak sekolah (PJAS) yang bentuknya bisa macam macam seperti pentol kuah, sosis goreng , nuggets , es Dogger, bakso goreng , serta gorengan lainnya. Makanan makanan yang spicy (bercita rasa) ini sangat memikat perhatian anak anak sekolah. Selain bentuknya yang mengkilat, rasa yang memikat dan harga yang terjangkau, Jadilah anak anak kita ngefans berat jajanan tidak sehat ini.

Seperti yang kita ketahui, pangan jajan anak sekolah (PJAS) sangat dominan dengan zat pewarna, pemanis, dan perasa dalam hal ini MSG atau vetsin. Ketiga unsur makanan jajanan anak sekolah ini jika dikonsumsi secara berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan. Jika dikonsumsi dalam jangka panjang bisa berakibat buruk pada kesehatan organ dalam tubuh seperti lambung, pankreas, dan lain sebagainya.

Dengan membawa sendiri makanan untuk bekal makan siang keluarga, atau anak anak kita di sekolah selain lebih sehat, dan aman juga lebih ekonomis.  Bandingkan saja jika anak anak kita terbiasa menikmati Pangan Jajan Anak Sekolah (PJAS) seperti sosis goreng misalnya.  Jika 1 hari dia menikmati jajanan itu sekali beli 5000 rupiah x 25 hari masuk sekolah, maka uang yang harus dikeluarkan untuk 1 anak uang jajannya di sekolah senilai dengan Rp.125.000,- (Seratus Dua Puluh Lima Ribu Rupiah).

Uang sebesar itu bisa cukup untuk membeli beras merek cap Mangkok (salah satu merk beras pulen yang disukai banyak keluarga-red) sekarung. Harga satu karung beras merek cap Mangkok bisa mencapai Rp.120.000,-.  Dengan beras 1 karung tersebut bisa untuk makan sekeluarga ( orang tua dan 2 anak) selama 1 minggu.  Ini memang perbandingan ekstrim namun setidaknya ada gambaran kalau membawa bekal makan siang dari rumah lebih ekonomios.

Nah untuk membuat varian menu makan siang anak anak sekolah agar tidak membosankan mudah saja.  Para orang tua dapat mengatur varian menu makan siang hari Senin sampai dengan hari Jumat atau Sabtu yang berbeda beda antara satu dengan yang lainnya.

Bunda repot memasak?

Well kalau bnda repot memasak sendiri menu makan siang putra putrinya di sekolah bisa juga dengan cara shortcut alias jalan pintas. Yang saya maksud di sini bukannya jalan pintas dengan lantas membeli makanan siap saji, oh bukan bukan itu yang saya maksudkan.

Jalan pintas yang saya maksudkan di sini adalah membeli jadi menu makan siangnya di rumah makan atau restoran terdekat.  Bunda cukup membawa tupperware atau kotak makan, atau wadah makan. Pergilah ke rumah makan terdekat, dan jangan lupa bawa wadah makan atau tupperware putra putri anda.  Isilah dengan nasi dan lauk pauk yang sehat dan bergizi namun cukup nikmat , lezat dan tidak membosankan putra putri anda.

Jika menu lauknya sayur sayuran yang ada kuahnya, tentu kalau diletakkan atau ditaruh di dalam tupperware akan tumpah karena wadahnya tidak dirancang untuk menambung benda cair dalam hal ini kuah sayuran.  Pakailah plastik kue yang berwarna putih transparan  Masukkanlah sayur sayuran yang ada kuahnya ke dalam plastik kue.  Mudah bukan?

Menu makan siang sebaiknya bervariasi dan setiap hari usahakan berbeda beda baik konten maupun jenisnya

Misalnya hari Senin menu dengan ikan bandeng dibarengin dengan sayur. Biasakanlah anak anak kita juga mengkonsumsi buah dan sayuran agar gizi seharinya seimbang. Anak anak agar juga memakan sayur dan buah buahan selain menu lezat dan nikmat rasanya dilidah. Semoga 
(Asep Haryono)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog