Jual Milagros disini

TIPS : Amankan Foto Digital Mu Dengan Watermark

Kubu Raya.  Pernah dengar orang bilang "tidak ada foto ya HOAX"?  setuju kah sahabat semuanya tentang itu?  Bagi para penulis blog atau blogger seperti kita menulis adalah sebuah kesenangan tersendiri. Senangnya bila artikel dan atau tulisa yang dibuat itu ternyata bermanfaat dan membawa perubahan positif di masyarakat tentu nikmatnya luar biasa tentunya.

Memposting berita , tulisan atau artikel di dalam sebuah platform blog milik sendiri (karena menulis sebenarnya bisa dipublikasikan di mana saja termasuk kepada media mainstream seperti koran, majalah atau tabloid-red) juga tidak kalah asyiknya jika ada foto atau gambar hasil jepretan kita sendiri.  Artikel atau tulisan jauh lebih menarik jika ada foto atau gambar yang sesuai, apalagi itu karya sendiri.

Namun kadang hasil karya foto digital yang kita buat sendiri dengan susah payah ternyata juga dipakai oleh orang lain dengan tanpa seizin pemiliknya. Kaus eh kasus yang saya alami baru baru ini pemilik akun instagram Pontianakmedia memuat foto hasil jepretan saya dalam sebuah postingannya. Saya sendiri sudah menanggapi dalam sebuah tulisan juga

Baca juga - akun instagram Pontianakmedia menggunakan foto saya

Dalam tanggapan saya yang sudah dimuat dalam sebuah artikel pada prinsipnya saya tidak mempermasalahkannya.  Bahkan dari pemilik akun instagram Pontianakmedia itu tidak meminta izin kepada saya selaku pemegang hak cipta foto Transmart Carrefour Kubu Raya yang dimuat di salah satu postingan akun instagram tersebut. 

Bagi saya foto itu sudah "berbicara sendiri" dengan watermark di tengah fotonya yang tercantum alamat blog www.simplyasep.com milik saya sebagai bukti kalau foto itu memang ada pemiliknya.  Bahkan saya berterima kasih karena saya dapat promosi gratis.

WATERMARK : Ini adalah salah satu karya foto digital saya yang sudah diberi tanda watermark alamat blog saya sebagai pemegang hak cipta foto tersebut. Foto Asep Haryono
WATERMARK : Ini adalah salah satu karya foto digital saya yang sudah diberi tanda watermark alamat blog saya sebagai pemegang hak cipta foto tersebut. Foto Asep Haryono

Bagaimana Tips nya agar Foto kita aman


Tergantung pada setiap orang sih.   Saya juga punya banyak sahabat yang juga blogger dan ada yang merangkap sebagai fotografer yang tidak mempermaslahkan hasil karya digital fotonya digunakan dan atau dipakai oleh pihak III atau orang lain.  Namun pada umumnya mereka hanya berpesan agar berkenan mencantumkan alamat aseli atau sumber darimana foto itu diambil. Saya juga termasuk salah satu diantaranya.

Namun demikian tips saya hari ini sederhana saja.   TIPS bagaimana melindungi hasil karya foto digital anda di sosial media salah satunya adalah dengan memberikan tanda air atau watermark di tengah tengah foto.  Maksudnya agar jika foto itu digunakan sembarangan dan atau tanpa izin pemiliknya, foto itu aman terlindungi dan tidak dapat dimodifikasi.

Baca juga - peduli masyarakat lewat Sosial Media


Hindari sebaik mungkin memberikan dan atau mencantumkan tanda hak cipta (copy right) dengan watermark berada di bawah kiri atau kanan, atau bagian atas kiri atau kanan. Karena bagi pelaku akan mudah untuk dimodifikasi dengan cara crop (memotong) tulisan hak cipta foto anda tersebut.

Tips yang kedua hanya mempublish foto karya digital kamu itu dengan size (ukuran) yang lebih kecil. 

Size atau ukuran fotonya seperti Thumbnail atau ukuran kecil saja.  Jika itu dipakai atau digunakan orang juga tidak akan banyak gunanya, diperbesar pasti akan pecah pecah.   Hindari mengunggah foto karya digital anda apa adanya dengan file besar original di halaman tulisan anda karena bisa dipastikan foto itu berkualitas baik, berfile besar dan kemungkinan untuk diklaim atau dicuri orang sangat terbuka lebar. Amankan Foto Digital Mu Dengan Watermark  (Asep Haryono)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog