Jual Milagros disini

Segarnya Segelas Es Jeruk

Kubu Raya.   Bagi yang suka dengan minuman Es Jeruk mungkin bisa dengan mudah mendapatkan penjual Es Jeruk dimana saja di seluruh pelosok tanah air. Mulai dari penjual es jeruk kelas kaki lima hingga cafe. 

Es jeruknya pun beraneka macam mulai dari jeruk manis, jeruk sunkist, jeruk apa saja bisa dengan mudah diolah dan disajikan menjadi minuman segar menyehatkan.

Saya memang bukan ahli gizi,  namun semua orang tau mulai dari anak anak hingga orang dewasa sekalipun kalau Jeruknya saja sudah menyehatkan. Jeruk bisa dimakan begitu saja langsung dikonsumsi, dan atau diolah menjadi sebuah sirup Jeruk atau minuman jeruk.

Investor dan para pengusaha makanan pun seolah berlomba loma juga menyajikan minuman berbahan dasar Jeruk yang dikemas dalam bentuk kemasan praktis siap minum.   Khusus minuman jeruk dalam kemasan tetap teliti dan waspada ya.  Ada himbauan dari Badan POM Republik Indonesia mengenai kewaspadaan terhadap pangan dalam kemasan.

Baca juga-  Telitilah Dalam Memilih Pangan Kemasan

Es Jeruk juga banyak didapat di kantin sekolah atau para penjual makanan dan minuman di sekolah anak anak kita.  Seperti saya selalu mendapatkan penjual es Jeruk di sekolah anak saya di SDIT Khulafaur Rasyidin Supadio Kubu Raya. Ada seorang penjual es Jeruk yang cukup laris manis diminati pelanggannya saat jam 12,00 siang.


MURAH : Seorang penjual es Jeruk peras sedang melayani pelanggan setianya di sekolah. Foto Asep Haryono
MURAH : Seorang penjual es Jeruk peras sedang melayani pelanggan setianya di sekolah. Foto Asep Haryono

Sebenarnya bukan penjual Es Jeruk saja yang diserbu penggemar ciliknya di sekolah tersebut.  Pentol kuah, Penjual buah buahan, penjual Es Doger, hingga mainan anak anak juga ada.  Nah penjual Es Jeruk ini termasuk yang juga banyak disukai para pecintanya mulai dari kalangan anaka nak hingga orang dewasa alias dewan guru.  Saya juga suka.

Harga yang ditawarkan pun terjangkau. Untuk segelas Es jeruk (gelasnya dalam kemasan plastik juga-red) harganya Rp.3.000,- sedangkan untuk gelas plastik ukuran besar dengan harga Rp.5.000,-. 

Cuma kalau saya perhatikan kontennya memang Jeruk Aseli yang diperas dengan menggunakan alat khusus seperti tampak dalam foto di atas.  Namun untuk menambah sensasi manisnya, ternyata masih ditambah dengan gula cair.  Ini yang menjadi pertanyaan saya.

Es Jeruk sudah bagus, sehat, mengandung Vitamin C itu masih ditambah lagi dengan air gula cair hanya untuk menambah sensasi "kenikmatan"  Es Jeruk itu sampai ke dalam kerongkongan. 

Dalam pandangan saya sih sebaiknya pemanis Gula cair itu jangan lagi ditambahkan karena bisa "merusak" nilai gizi air jeruknya yang memang sudah sehat.   Pastikan Jeruk yang digunakan adalah jeruk yang sudah masak dan siap santap.   (Asep Haryono)



No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog