Sukseskan Asian Games 2018

OPINI : Kemal Pahlevi Dapat Perlakuan Tak Menyenangkan Dari Artis Dunia Justin Bieber ?

Opini Asep Haryono

Saya sudah melihat tayangan video Youtube komika Indonesia yang juga YouTuber, Kemal Pahlevi, yang ditepis handphonenya oleh Justin Bieber karena diduga mengarahkan Handphonenya untuk mengambil video dan atau foto untuk berselfie dengannya.   Kemal sendiri 
diundang menghadiri pesta tahunan basket Amerika itu dan Justin Bieber adalah seorang pemain tim NBA All Star Celebrity Game yang bertanding hari itu.

Tribun Lampung menyebutnya dengan judul berita online nya "Komika Kemal Pahlevi Dapat Perlakuan Tak Menyenangkan Dari Artis Dunia Justin Bieber".  Saya sudah membaca keseluruan kronologisnya dari sudut pandang Tribun Lampung.  Dan saya juga sudah melihat sendiri video youtube Klarifikasi Kemal Pahlevi atas peristiwa yang dialaminya. 

Sebagai perbandingan saya juga melihat video pendeknya yang ditulis di bagian akhir "ada apa ya" itu

Capture dari Portal Berita Tribun Lampung
Capture dari Portal Berita Tribun Lampung

Namun Tetap Bereika
Saya tentu orang biasa yang belum bisa terbang ke Amerika Serikat nonton langsung NBA. Saya juga tidak berjumpa langsung dengan artis kelas dunia Justin Bieber.  Dalam hal ini Kemal lebih beruntung daripada saya yang bisa bertemu langsung face to face dengan artis dunia sekelas JB. Sayangnya saya bukan fans Justin B.

Saya hanya orang biasa saja. Namun kalau untuk urusan berfoto selfie dengan Selebriti tanah air dan public figure saya sudah cukup "jam terbang" saya. Saya pernah selfie dengan Diva Krisdayanti,  Ahmad Dani ,  Habiburrahman El Shirazy (pengarang novel Ayat Ayat Cinta), Hary Moekti (Kini sudah menjadi pendakwah) ,  Prof. Dr.Arief Rahman dan beberapa artis Indonesia lainnya.

Beberapa WargaNet yang sudah lebih dahulu memberikan komentar pedasnya yang mengarah kepada Kemal Pahlevi yang dituding berlaku tidak sopan terhadap Justin Bieber. 

Saya malah jadi bertanya.  Ini pertanyaan saya pribadi. Yang berlaku tidak sopan itu siapa sih?  Siapa yang memperlakukan atau diperlakukan secara tidak menyenangkan sebenarnya?  Tidak hanya artis,  orang biasa, kita semua, juga terkadang perlu privacy yang harus dihormati.  Tentu setuju bukan?

Kita juga tidak boleh gegabah menuduh, menjudge atau berprasangka buruk terhadap orang lain.  Kasus yang menimpa Kemal Pahlevi juga harus bijak disikapi. Kita juga tidak tau situasi yang sebenarnya bukan?  Hanya dari video saja tentu tidak cukup untuk menilai.  Hanya Kemal Pahlevi saja yang tau situasi yang sebenarnya. 

Sebagai orang yang cukup sering berfoto dengan Selebriti Tanah Air (saya tidak mengagungkan selebriti asing karena saya bangga dengan selebriti tanah air Indonesia, eciee sok alim ya saya).  Setidaknya saya cinta Bangsa Indonesia, saya cinta tanah air.  Namun Mas Kemal Pahlevi lebih beruntung bisa jumpa selebriti kelas dunia. Itu yang seharusnya disyukuri oleh mas Kemal Pahlevi.

Secara pribadi saya tidak mempermasalahkan attitude mas Kemal Pahlevi yang dianggap sebagian WargaNet tidak sopan dengan artis sekelas Justin Bieber dengan mengarahkan Handphonenya bermatksud selfie atau video bersamanya. Sama sekali tidak.

Namun berkaca pada pengalaman pribadi saya selfie dengan artis artis Indonesia, mengajukan "izin" selfie atau "permisi" memperkenalkan diri dahulu dan utarakan maksudnya kepada sang artis atau selebritis juga tidak salah dicoba. Tentu dengan catatan jika situasi memungkinkan. 

Dan saya selalu berhasil mendapatkan (Selfie) dengan artis Indonesia.  It works. Setiap selfie yang saya lakukan sellalu welcome oleh yang bersangkutan. 
Selfie Dengan Selebriti Boleh Namun Tetap Beretika (Asep Haryono)
.

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog