OPINI : Jangan Siksa Binatang

Kubu Raya.  Beredar sebuah video seorang pemuda yang melempar seekor anak anjing (Puppy dog) ke sebuah danau sebagai umpan buaya.  Video ini ditayangkan oleh Channel Net TV.  Berbagai komentar pedas dari Netizen membanjiri salah satu video Channel Net TV tersebut yang pada intinya mengutuk aksi kejam sang pemuda.

Menurut Channel Net TV yang mengunggah video tersebut memberikan penjelasan di bawahnya bahwa lokasi terjadinya peristiwa itu diduga terjadi di danau
 Belinyu kabupatrn Bangka. Kapolsek Belinyu AKP Iman Teguh seperti yang dilansir oleh DETIK COM di halaman portalnya mengatakan tidak ada unsur pidana dari aksi pemuda melempar anak anjing ini.



VIRAL : Sebuah capture dari video yang beredar di youtube. Seorang pemuda melempar anak anjing sebagai umpan buaya.  Gambar dari Youtube
VIRAL : Sebuah capture dari video yang beredar di youtube. Seorang pemuda melempar anak anjing sebagai umpan buaya.  Gambar dari Youtube 

Baca selengkapnya - Polisi Cari Pria yang Lempar Anjing ke Sungai untuk Santapan Buaya

Dalam pandangan saya sih memang tidak logis kalau memperkarakan pemuda ini dikarenakan melempar anak anjing ke danau untuk disantap buaya. Logika saya mengatakan niat si pemuda ini untuk feed (memberi makan) sang Buaya bisa menjadi bahan pertimbangan jika ingin memojokan attitude pemuda ini. Mau dijerat pasal berapa?

Baca juga - Dilarang Membakar Kucing

Saya cari cari nda ada pasal orang melempar anak anjing untuk santapan buaya bisa kena pasal pidana.  Kalau ada sahabat yang bisa bantu tolong saya dikabari.  Saya juga mau tau.   Aksi pemuda melempa anak anjing untuk disantap Buaya ini mengundang keprihatinan banyak pihak terutama para pecinta binatang atau komunitas pemerhati hewan.
Mungkin beda konteksnya, dalam parameter tertentu, saat saya menyaksikan aksi pemuda yang membakar anak kucing dalam keadaan masih hidup sampai mati. Hewan kucing termasuk yang memelihara.  Banyak orang suka kucing.  Tindakan membakar anak kucing yang dilakukan seorang pemuda di video itu juga mengundang kecaman dari Netizen.   Saya juga geram, karena saya juga termasuk salah satu pecinta kucing. 
Warga Net menilai tindakan melempar anak anjing yang masih dalam keadaan hidup sebagai umpan buaya sangat tidak etis, tidak santun dan bisa disebut kejam pada binatang.  Saya coba analogikan ya.  Beberapa kebun binatang juga banyak melempar umpan Ayam hidup untuk dimakan hewan buas seperti macan, buaya, harimau dan sejenisnya.  Apakah itu bisa disebut kejam juga?

Apapun hewan itu, anjing, kucing atau hewan apa saja, janganlah disakiti.  Jangan menyiksa atau menyakiti hewan atau binatang. Jangan Siksa Binatang (Asep Haryono)









No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog