Banner HUT Kota Pontianak Ke 247 Tahun

Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

OPINI : Guru Tewas Ditangan Murid

Pontianak. Benar benar luas biasa.  Seorang Guru  SMA Negeri 1 Torjun, Sampang, Jawa Timur, Budi Cahyono , akhirnya meninggal dunia karea dianiaya oleh salah seorang siswanya .  Almarhum adalah seorang guru kesenian.  Perkembangan terbaru yang saya baca dari halaman CNN Indonesia menyebutkan bahwa pelaku yang sudah ditetapkan sebagai tersangka itu kini sudah diamankan oleh aparat penegak hukum.

Kekerasan selalu tidak akan pernah ada habisnya kita bahas.  Seolah kekerasan sudah menjadi "budaya" di negeri ini.  Belum lama ini berita kekerasan seksual terhadap perempuan di Depok "begal payudara" dan juga kasus pelecehan seksual terhadap seorang pasien, apa pun itu namanya kekerasan dalam bentuk apa pun harus diberantas habis sampai ke akar akarnya.

Baca selengkapnya - Perbuatan Iseng Berujung Malapetaka

Terjadinya kekerasan dalam dunia Pendidikan di tanah air memang masih sangat memprihatikan. Ada guru yang tega menganiaya muridnya dengan menghukumnya dengan tanpa perhitungan dan pertimbangan keadilan, seolah "dibalas" dengan kekerasan serupa. Guru dianiaya hingga meninggal dunia oleh muridnya sendir.   Saya melihatya sebagai sebuah musibah ya(ng selalu saja terulang karena revolusi mental yang gagal.

Gambar ilustrasi diambil dari kabarakyat.id
Gambar ilustrasi diambil dari kabarakyat.id

Saya bukanlah pakar pendidikan, dan atau pakar kejiwaan.  Namun sebagai seseorang yang juga pernah mengalami masa sebagai "siswa" atau "pelajar SMA" di era tahun 1986-1989, tentu saya sudah bisa merasakan betapa suasana harmonis harus dibangun bersama baik antar guru sebagai pendidik dan pengajar dengan para siswa siswanya.

Kasus kekerasan kali ini, seorang guru yang dianiaya muridnya hingga tewas benar benar mengguncangkan perasaan dan hati nurani kita semua.  Terlepas dari prilaku sang pelaku yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka itu nakalnya bukan main, tentu masih ada jalan keluar yang bisa ditempuh agar kasus kekerasan dalam dunia pendidikan seperti ini tidak terulang lagi, dan jangan sampai benar benar terjadi lagi.

Baca selengkapnya - Anak Adalah Aset Yang Berharga - Tulisan Uda Awak

Namun jika kenakalan siswanya sudah mengarah kepada perbuatan yang menghilangkan nyawa orang lain itu  tentu sudah memasuki ranah hukum. Sebagai tersangka yang masih dibawah umur itu tentulah tidak boleh disamakan dengan pelaku tindak kriminal dewasa. 

Polisi dan aparat penegak hukum agar diberikan keluasan dalam melakukan investigas dan motif dari pelaku melakukan tindak kekerasan yang mengerikan seperti ini. Jangan lagi ada berita Guru Tewas Ditangan Murid  (Asep Haryono)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog