6 Alasan Mengapa Panggilan Telepon Anda Tidak Dibalas

Kubu Raya.  Dijaman now ini semua serba modern. Hadirnya perangkat Gawai atau telepon genggam (handphone) menjadi salah satu alat yang nyaris tidak pernah tidak dilihat orang saat ini.  Anda boleh saja ketinggalan pasangan (maaf) asal tidak ketinggalan handphone. Bener apa bener?  Saya sendiri tidak sepenuhnya setuju dan tidak sepenuhnya tidak setuju. Plin plan donk.

Tidak juga. Setiap orang mulai dari anak anak usia sekolah dasar hingga perguruan tinggi nyaris memiliki kotak ajaib itu. Hampir setiap orang memiliki telepon genggam yang digunakan sebagai alat untuk komunikasi verbal saja dan atau untuk memanfaatkan fasilita sosial medianya. Dengan kata lain mulai dari handphone jadul sampai berteknologi internet.

Namun seiring dengan kesibukan setiap orang yang berbeda beda satu sama lainnya setiap hari kadang untuk membalas SMS saja lamanya minta ampun.  Kirim pesan SMS hari ini dijawab nya 4 hari kemudian.  Sedemikian sibuknya sampai untuk membalas SMS yang hanya butuh beberapa menit saja tidak sempat.  Tapi membuat status, upload gambar di sosial media selalu tepat waktu.  Mengapa orang lama sekali atau bahkan tidak membalas panggilan telepon atau SMS anda?  Berikut ini ada 5 alasan mengapa panggilan anda tidk dibalasnya


HANDPHONE : Perangkat gawai saat ini menjadi salah satu perangkat atau benda yang nyaris tidak jauh dari pemiliknya.  Foto Asep Haryono
HANDPHONE : Perangkat gawai saat ini menjadi salah satu perangkat atau benda yang nyaris tidak jauh dari pemiliknya.  Foto Asep Haryono
  1. Tidak ada jaringan internet.
  2. Tidak ada kuota Internet (Habis paket).
  3. Tidak ada pulsa.
  4. Tidak Suka di SMS atau Di Telepon
  5. Tidak ada di phone book
  6. Handphone Ketinggalan / Tidak dibawa

Yuk saya coba bahas satu persatu ya.


Pertama, tidak ada jaringan internet.  Mengapa panggilan telepon atau SMS anda tidak di balas atau lama sekali dibalasnya  satu alasannya si dia tidak ada jaringan internet (no coverage area).  Alasan ini masih bisa diterima.  Sebab ada di daerah tertentu jaringan internet terganggu misalnya saja dalam lift.  Anda membalas atau menerima SMS di dalam lift bisa saja terganggu hingga lambat sampai atau diterima.  Jadi jika panggilan telepon atau SMS anda tidak dibalas atau lama dibalasnya, anda jangan berprasangka buruk dahulu.

Kedua, Tidak ada kuota internet.   Jika anda menerima panggilan telepon berbasis jaringan internet seperti video call WA , maka lagging atau jaringan tersambung tidak stabil, kadang terputus kadang reconnecting.  Ini juga banyak faktornya bisa dari provider jaringan yang anda gunakan, atau sebab lain seperti ruangan atau cuaca.  Semua bisa saja menjadi sebabnya panggilan telepon atau SMS anda tidak dibalas atau lama dibalasnya, anda jangan berprasangka buruk dahulu.
Catatan : Sebenarnya walaupun tidak ada kuota internet atau saat itu paket internet anda habis (habis paket internet), anda masih bisa menggunakan saluran SMS biasa ke nomor tersebut.  Atau yang ekstrim ya anda tinggal telepon saja langsung ke nomor sahabat anda tersebut melalui saluran berbayar pulsa (bukan dengan basis internet telepon seperti video call WA, telepon WA, dan sebagainya)

Ketiga , tidak ada pulsa.    Nah ini dia repot kalau sudah tidak ada pulsa sama sekali, atau pulsa minim yang bahkan untuk mengirim 1 buah SMS anda saja pulsa sudah tidak mencukupi.  Alasan  yang ketiga ini sungguh sangat mengharukan. anda tidak bisa apa apa lagi kalau pulsa saja tidak ada. Untuk menukar paket kuota data atau internet saja tidak cukup, apalagi kirim SMS atau panggilan telepon.

Pulsa anda harus minimal cukup untuk semua itu.  Kalau sudah tidak ada pulsa sama sekali, anda sebenarnya masih bisa cari siasat agar bisa membalas atau menjawab telepon atau SMS sahabat. 

Caranya gimana?  Banyak pilihan.  Praktisnya ya tinggal isi ulang saja pulsa anda sesuai dengan kartu anda.   Atau nekat pinjam SMS dari handphone orang yang anda kenal atau tidak kenal agar pesan anda terbalas atau terjawab.   Jangan lupa untuk "menambah" pesan bahwa nomor yang anda gunakan itu milik orang lain atau teman, dan harap membalas ke nomor dirinya saja.

Ke-empat, tidak suka di SMS atau telepon.   Kalau sudah menyangkut selera memang tidak dapat diperdebatkan. Gaya bertelepon setiap orang berbed a beda dan tidak dapat disamakan style nya seperti anda.   Ada orang yang malas membalas SMS karena harus mengetik dengan jari dan bagi sebagian orang mengirim SMS sungguh sangat berat dan tidak menyenangkan.  Anda harus hargai orang dengan type seperti itu.  Maunya ditelepon karena malas mengetik

SMS di handphone.  So what?

Kelima
, tidak ada di phone book.   Hal ini juga sering saya alami.  Misalnya saat saya bertukar perangkat gawai (handphone) dengan istri. Tidak semua nomor phone book saya yang berhasil diselamatkan atau dipindahkan ke handphone yang baru. 

Bisa nomor sahabat kita itu tersimpan di perangkatnya (device) dan tidak sempat di copy/salin nah bagi sebagian orang malas atau tidak mau membalas SMS atau telepon dari nomor "asing" yang muncul di screen handphonenya tidak ada nama.  Karena memang tidak ada di phonebook.

Saran saya sih jika anda ragu apakah nomor handphone anda ada di perangkat HP milik sahabat anda sebelum anda memutuskan untuk menjawab atau membalas panggilannya agar menuliskan nama anda dengan menggunakan tanda kurung ().     Misalnya : "jangan lupa besok bawa buku ya - asep".  Nah seperti itu kira kira contohnya. 

Yang terakhir, yang Ke enam. Handphone ketinggalan atau tidak dibawa. Pernah saya alami sendiri.  Saat saya sedang berada di luar (ada kegiatan di luar, dan kebetulan saja handphone atau android saya ketinggalan di rumah.  Perangkat tidak terbawa.  Begitu saya kembali ke rumah mendapati handphone saya ada tanda merah di icon telepon. Rupanya ada 5 panggilan tak terjawab.

Jadi jika handphone tidak terbawa atau ketinggalan di rumah saat itu bisa jadi memang panggilan anda tidak terjawab saat itu juga.  Bahkan jika ketinggalannya seharian, ya selama itu pula anda harus menunggu sampai dia membuka perangkat handphonenya

Jadi sang penerima pesan kiriman dari anda akan dapat mengidentifikasi dengan jelas karena berdasarkan nama dan orangnya dapat dipertanggungjawabkan.    5 Alasan Mengapa Panggilan Telepon Anda Tidak Dibalas  (Asep Haryono)






No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog