Jual Milagros disini

Teh Nom Thai Yang Segar

Segar Murah Meriah

Sebenarnya saya sudah seirng mendenga nama minuman segar konon khas  Negeri Gajah Putih Thailand yang bernama Nom Thai ini.  Beberapa sudut penjualnya pun bertebaran dibeberapa sudut kota Pontianak antara lain di kawasan Sungai Raya Dalam, dan di Jalan Tanjung Pura Pontianak.

Kebetulan sekali siang itu saat saya melintas di depan sebuah Bank swasta di kawasan Jalan Ahmad Yani 2 sekitar sekolah Tunas Bangsa, saya melihat sebuah gerobak penjual Teh Nom Thai ini.  Penasaran juga mau tau seperti apa bentuk dan cita rasanya Teh Nom Thai yang sering jadi bahan pembicaraan orang ini.

Saya pun mendatangi kedai Nom Thai yang menggunakan gerobak beroda itu. Penjualnya pun menjelaskan kepada saya bahwa ada 2 ukuran gelas untuk Nom Thai ini. Gelas ukuran besar harga per cup nya Rp.13.000,- (Tiga Belas Ribu Rupiah) dan gelas ukuran kecilnya harga Rp.7.000,- per cup.  Saya memilih gelas besar saja sekalian.


NOM THAI : Inilah segelas Nom Thai Teh yang segar. Banyak dijual di beberapa sudut di kota Pontianak. Foto Asep Haryono
NOM THAI : Inilah segelas Nom Thai Teh yang segar. Banyak dijual di beberapa sudut di kota Pontianak. Foto Asep Haryono


Rasa Yang Segar
Sejenak saya memperhatikan bagaimana penjual Teh Nom Thai ini mengolah atau meracik tehnya. Saya melihat dia menuangkan teh ke dalam sebuah bejana plastik mirip sebuah teko. Kemudian mencampurnya dengan susu kental manis merek tertentu, dan mengaduk ngaduknya dengan alat khusus. Saya tidak tau namanya yang jelas itu bukan jenis sendok.

Setelah susu dan teh bercampur dengan sempurna, dia pun menuangkannya ke dalam sebuah gelas plastik mirip bubble bubble gitu deh.  Penutupnya berbentuk bola atau melingkar bening dan transparan.  Kemudian penjual ini selanjutnya mengambil es batu dalam bentuk kotak kotak dadu berukuran kecil ke dalam gelas plastik bubble itu, mengaduk ngaduknya dengan sendok yang sudah disiapkan dan menyembul ke luar gelas.

Setelah membayar Nom Thai Tea ini, saya pun membawanya pulang. Di tengah perjalanan rasa penasaran saya terhadap cita rasa Teh Nom Thai ini sudah tidak tertahan lagi.  Saya pun mencoba menikmatinya dalam beberapa kali sedotan. Saya meminumnya melalui sedotan atau pipet yang sudah disediakan saat membeli 1 cup Nom Thai Tea ini.   Bagaimana rasanya?

Well pertama kali jelas segar donk. Namanya juga diminum tepat di siang hari bolong nan panas terik sinar matahari.  Sensasi kedua adalah rasanya yang benar benar teh   Ada sedikit beda dengan teh teh yang biasa saya minum di rumah, maksudnya teh buatan lokal baik berbentuk Teh Celup atau teh dalam bentuk grunjul grunjul atas teh tubruk. 

Apa pun citra rasanya ya rasa teh tentunya.  Mirip memang dengan teh biasa hanya dicampur susu kental manis dan ditaburi es saja.   Setidaknya itu yang saya rasakan di lidah saya.  Anda penasaran juga dengan Nom Thai ini? Silahkan. (Asep Haryono)











No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog