Banner HUT Kota Pontianak Ke 247 Tahun

Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

OPINI : Tega Sekali Seorang Ibu Jual Bayinya Sendiri

Kubu Raya. Dalam beberapa hari terakhir ini saya banyak dikejutkan dengan berbagai berita unik dan sangat menarik perhatian saya untuk memberikan pendapat dalam blog saya ini.   Baru saja saya membahas berita tertangkapnya seorang pelaku iseng yang meremas payudara wanita yang terjadi di wilayah hukum depok

Baca selengkapnya  - Peremas Payudara di Depok Berhasil ditangkap

seperti yang dilansir oleh DETIK COM , pelaku telah melanggar Pasal 281 KUHP dengan ancaman hukuman penjara 2 tahun 8 bulan. Pelaku sendiri memang tidak ditahan dan hanya dikenakan wajib lapor.  Kasus pelecehan seksual dengan korban wanita memang sedang marak belakangan ini

Nah kasus yang baru terjadi ini korbannya adalah seorang anak yang baru berusia 3 bulan.  Bagi yang sudah pernah membesarkan anak, tentu paham. Anak usia 3 bulan sangat lucu lucunya, dan memerlukan makanan sehat yakni Air Susu Ibu (ASI) wajib selama 2 tahun.  


Baca selengkapnya kasusnya - Ini Pengakuan Ibu yang Jual Anak Kandung Rp 20 Juta untuk Beli Sabu

Sang anak dijual oleh sang ibu kandungnya sendiri yang bernama Fatimah kepada pihak lain seharga RP.20.000.000,-  Yang membuat kesal saya adalah uang hasil penjualan bayi yang merupakan darah dagingnya sendiri itu digunakan untk foya foya dan membeli sabu. 

Ya ampun deh ini ibu. Apa pun alasannya menjual anak kandungnya kepada orang lain adalah perbuatan tercela, melanggar hukum dan sangat tidak dapat diterima.

Baca juga - anak anak diajak bunuh diri bersama sang Ibu

DETIK Com memberitakan dengan detail berita ini.  Walapun akhirnya sang anak balita usia 3 bulan itu akhirnya bisa kembali ke pangkuan keluarganya, dan sang pelaku penjual bayi, Fatimah, melanggar
 Pasal 76 F juncto Pasal 83 UU Perlindungan Anak dengan ancaman pidana maksimal 15 tahun penjara,

Dengan adanya kasus terbaru ini semakin membuktikan bahwa kejahatan terhadap wanita dan anak anak memang masih ada.

Beda dengan kasus pemuda peremas payudara yang tidak di tahan dan hanya dikenakan wajib lapor karena ancaman hukumannya di bawah 5 tahun penjara, untuk kasus Ibu jual bayi ini terkena ancaman pidana penjara 15 tahun dan berpotensi besar untuk dipenjara secara fisik.

TERSANGKA : Inilah Fatimah tersangka penjual bayi kandung yang sudah diamankan pihak berwajib. Sumber foto ini dari DETIK COM
TERSANGKA : Inilah Fatimah tersangka penjual bayi kandung yang sudah diamankan pihak berwajib. Sumber foto ini dari DETIK COM


Lindungi Anak anak dan Perempuan
Dalam 2 kasus terbaru ini (anak dijual ibu kandung, dan aksi iseng peremas payudara wanita-red) semakin meyakinkan kita bahwa ancaman kejahatan latej terhadap kaum wanita dan anak anak memang masih ada di sekitar kita. 

Rata rata yang menjadi korban dan atau pelaku adalah dari lingkungan terdekat di keluarga dan ini semakin menguatkan teori itu.

Dalam acara peluncuran program Three Ends tahap II di Pontianak pada  tanggal 15 Agusuts 2017 yang lalu telah menyepakati untuk terus giat mengkampanyekan peranan laki laki untuk terus melindungi dan menghormati kaum wanita dan anak anak d
alam Mewujudkan Kesetaraan Gender.  Sekaligus menggelorakan cegah 3 (three end) 

Baca juga - Hentikan Kekerasan terhadap Perempuan dan anak anak


Kampanye akhiri Three Ends yaitu  mengakhiri 3 hal yakni akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak , akhiri perdagangan orang dan akhiri kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan.  Program ini berasal dari kementrian kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Oleh karena itu tantangan besar bagi kita semua. 
 Kini tidak saja kaum perempuan saja yang menjadi korban kejahatan dan kekerasan, anak anak juga sudah sangat rentan dan sangat berisiko mendapat perlakuan tidak baik, mengalami kekeradan dan ketidak adilan. 

Ini tugas berat bagi kita semua untuk bersama sama mewujudkan dunia yang aman untuk kaum perempuan dan anak anak agar tercipta masa depan bangsa Indonesia menjadi lebih baik. Semoga. (Asep Haryono)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog