Dirgayahu Kemerdekaan RI Ke 73 Tahun


Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

OPINI : Stop Pelecehan Seksual Terhadap Perempuan

Pontianak. Padahal belum begitu lama ditangkapnya pelaku perbuatan tidak menyenangkan dan sexual harassment (Pelcehan Seksual) yang dilakukan oleh seseorang bernisial I di Depok terhadap seorang wanita berinisial AM dengan cara meremas payudaranya. Pelaku kini sudah diamankan pihak Kepolisian. Kini terjadi lagi perbuatan yang diduga pelecehan seksual kepada perempuan di sebuah Rumah Sakit.

Salah satu video tersangka yang ditampilkan di You Tube yang gambarnya saya pasang juga dalam blog ini sangat menarik perhatian saya.   Terlihat tersangka berinisial ZA ini menggunakan topeng Guy Fawkes yang terkenal dalam film yang berjudul " V for Vendetta".  Sudah tau kan filmnya. Keren banged.


Kini kasus yang viral sekarang ini adalah kasus pelecehan seksual yang jelas diduga dilakukan oleh seorang perawat pria di sebuah rumah sakit di Surabaya yang sempat membuat geger jagat dunia maya.

Sang korban mengunggah video pengakuan sang perawat pria itu terhadap sang korban yang ramai mendapat perbincangan Warganet.  Tidak sedikit Warga Net yang menyesalkan terjadinya peristiwa tersebut, namun yang memberikan komentar mengutuk juga tidak kalah banyak
|
MENYESAL : Salah satu video di You Tube memperlihatkan tersangka dengan menangis mengakui penyesalannya.  Viideo courtesy Youtube/CNN Indonesia
MENYESAL : Salah satu video di You Tube memperlihatkan tersangka dengan menangis mengakui penyesalannya.  Viideo courtesy Youtube/CNN Indonesia
Baca Juga : Peremas Payudara Perempuan Ditangkap Polisi Di Depok

Saya sudah melihat video tersebut. Jelas sang pasien wanita yang menjadi korban pelecehan seksual sang perawat pria menangis tersedu sedu.  Korban meminta kejujuran sang perawat pria yang sudah dengan sengaja menggerayani bagian tubuh pribadinya saat dirinya masih dalam keadaan lemah pasca operasi.

Perawat pria ini menunduk malu dan meminta maaf. Saya tidak akan membahas detail kronologis peristiwanya karena sudah banyak beredar di internet.

Mengapa bisa terjadi demikian?  Dalam pandangan saya ini sudah menyangkut mental seseorang.  Ini dugaan saya saja. Saya bukan ahli jiwa, bukan psikolog, juga bukan ahli kriminal. Saya hanya menduga saja. Sebagai sesama lelaki barangkali ya, tergoda melihat tubuh mulus telanjang perempuan memang bisa membuat pria turn on.    Wajar sebagai laki laki.

Namun persoalannya kita punya Agama kan. Selain itu juga kita dibatasi oleh etika, sopan santun dan harga diri.  Semuanya menjadi satu dalam bingkai mental.  Terlepas dari keyakinan yang dianut oleh si Pelaku, perbuatan pelecehan seksual terhadap siapa pun baik kepada lelaki atau perempuan tetap dilarang oleh semua Agama.  Jadi ancaman dosa tetap mengintai setiap saat

Stop Kekerasan Terhadap Perempuan
Namanya pelcehan seksual memang identik dengan sosok perempuan dan atau sering dikaitkan dengan perempuan. Pelecehan seksual terhadap Perempuan.

Padahal yang namanya pelecehan seksual juga kerap menimpa kaum laki laki.  Saya belum menemukan data statistik lebih banyak mana pelecehan seksual terhadap perempuan atau pelecehan seksual terhadap laki laki.

Kasus asuila yang melecehkan laki laki juga banyak beredar.  Kasus yang memprihatinkan dan membuat geram banyak orang adalah perbuatan asusila seorang perempuan dewasa terhadap korban laki laki yang masih berusia di bawah 10 tahun.   Dunia memang sedang dalam kondisi yang memprihatinkan. Perbuatan asusila sudah terang terangan dilakukan. 

Baca juga - Blogger juga dukung Kampanye Three Ends

Gejala apa ini? Dimanakah peran kontrol masyarakat terhadap semua ini? Apa peran orang tua dalam mengawasi putra putrinya dari monster pelecehan seksual?  Dari semua kegalauan ini kunci yang utama terletak pada diri kita sendiri.  Dilihat kasus per kasus dan tidak dapat digeneralisasikan.

Padahal  
Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia sudah mati matian bekerja keras mengkampanyekan program Three Ends (Akhiri Tiga Hal).


Three Ends tujuannya ada tiga hal : Pertama, Akhiri kekerasan terhadap perempuan dan Anak, Kedua, Akhiri Perdagangan Manusia, dan ketiha adalah Akhiri ketidakadilan akses ekonomi bagi perempuan. 

Dengan terjadinya peristiwa Pelecehan  Seksual di Rumah Sakit yang diduga dilakukan oleh seorang perawat Rumah Sakit menunjukkan jelas ancaman terhadap kekerasan seksual kepada perempuan masih ada.  Stop Pelecehan Seksual Terhadap Perempuan.  (Asep Haryono)






No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog