Dirgayahu Kemerdekaan RI Ke 73 Tahun


Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

OPINI : Mengapa Anak Anak Diajak Bunuh Diri Oleh Sang Ibu?

Manusia di dunia titisan syurga
Pasti dia anak anak kita
Mereka cahaya penerang semesta
Penuh irama segarkan dunia
Mari bersama hidupkan mereka
Sayang setara sejahtera
Tapi mengapa masih saja banyak kekerasan menimpa mereka
Di desa dikota dan rumah kita
Cukup sudah akhiri semua


Petikan lagu kampanye "three ends" di atas memang cocok menggambarkan perasaan saya saat ini.  Anak anak adalah masa depan kita semua. Namun hingga saat ini masih banyak terjadi kekerasan yang menimpa anak anak kita mulai dari ancaman kejahatan seksual, kekerasaan ekonomi (Semakin banyaknya pekerja anak dibawah umur) hingga menjadi korban karena kebrutalan orang tua.  

Three Ends adalah nama sebuah program yang digagas oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Tujuan utamannya ada 3 (three) tiga hal yaitu Akhiri kekerasan terhadap perempuan dan Anak, Akhiri Perdagangan Manusia, dan Akhiri ketidakadilan akses ekonomi bagi perempuan

Baca juga - Blogger Turut Kampanyekan Program "Three Ends"

Orang tua seharusnya menjadi pengayom, pelindung dan menjadi syurga bagi anak anaknya.  Keluarga bahagia keluarga yang didalamnya ada cinta dan kasih sayang ibu ayah dan anak anak anaknya.

Namun potret manis keluarga bahagia yang saya gambarkan di atas seolah tercabik cabik , dan hati saya dibuat pilu setelah membaca sebuah berita dari portal berita DETIK COM yang memberitakan ada ibu yang diduga mencoba melakukan upaya bunuh diri dengan mengajak serta ketiga anak anaknya yang masih balita. 

Sang ibu ditemukan dalam keadaan kritis sedangkan ketiga buah hatinya sudah dalam keadaan tewas.  Mereka adalah warga 
Dusun Karobelah 3, Desa Karobelah, Mojoagung,

DETIK COM menyebut sang ibu itu bernama Evy Suliastin Agustin (26) sedangkan 3 anaknya : Sayid Mohammad Syaiful Alfaqih (6), Bara Viadinanda Umi Ayu Qurani (4) dan Umi Fauziah (4 bulan) 
tewas. Dugaan sementara dari pihak Kepolisian menyebut ketiga korban tewas yang ditemukan di kamar mandi itu karena menenggak obat serangga  cair.

Selengkapnya  - 
Ibu di Jombang Kritis dan 3 Anak Tewas, Polisi: Minum Obat Serangga



ika ada masalah adukanlah kepada Allah SWT. Dekatkan diri kepada Allah SWT.  Gambar ilustrasi dari merdeka
Jika ada masalah adukanlah kepada Allah SWT. Dekatkan diri kepada Allah SWT.  Gambar ilustrasi dari merdeka

Jangan Korbankan Anak Kita

Saya memang bukan ahli kriminal apalagi ahli menganalisa kasus kejiwaan seseorang. Saya hanyalah blogger saja. Yang menyampaikan pandangan saya saja terhadap berita yang sangat memilukan perasaan saya ini. Hati saya terasa teriris, dan sangat sedih membaca berita tersebut. 

Mengapa sampai hati anak anak yang tidak tau apa apa itu dipaksa untuk mengakhiri hidupnya karena diajak oleh sang ibu yang seperti sedang depresi dan stress itu

Maaf bukan maksud saya untuk mengolok olok sang ibu yang diduga ingin mengakhiri hidupnya dengan cara menenggak racun serangga cair seperti itu, namun yang sangat saya sedih dan sesali di sini adalah MENGAPA anak anak yang tidak berdosa , harapan penurus bangsa, ikut diajak untuk bunuh diri juga? Ibu macam apa bersikap seperti itu. 




Maaf, secara konyol saya mau bilang kepada sang ibu, kalau mau bunuh diri jangan ajak anak anaknya donk


Kini semua sudah terlambat. Ketiga bocah yang lucu lucu dan imut : Sayid Mohammad Syaiful Alfaqih (6), Bara Viadinanda Umi Ayu Qurani (4) dan Umi Fauziah (4 bulan) kini sudah tiada. 

Baca Juga - Hentikan kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak Anak

Mereka menjadi korban egoisme sang Ibu yang sepertinya putus asa akan masalah yang dideritanya, mencoba bunuh diri dan mengajak serta ketiga buah hatinya.  Ketiga anaknya tewas, dan sang Ibu tidak tewas, namun berhasil diselematkan dan kini sedang kritis


Masalah selalu ada di sekitar kita.  Masalah hutang? Masalah rumah tangga? Masalah pekerjaan? Masalah nafkah keluarga? anda masalah keluarga karena tidak diberi nafkah seperti yang diberitakan tentu masih banyak upaya yang masih bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Tidak harus dengan cara mengakhiri hidup dengan bunuh diri bukan?  (Bunuh diri) pun selain memang diancam dosa dalam Agama Islam, juga tidak akan menyelesaikan masalah.     

Saya mau fokus kepada anak anak sang ibu yang kini sudah tiada.  Sungguh sangat saya sesali, sekali lagi sangat saya sesali. MENGAPA anak anak menjadi korban egoisme orang tuanya? Mengapa anak anak diajak bunuh diri oleh sang Ibu?  Anak anak yang manis, lucu dan menggemaskan itu adalah masa depan kita ,  generasi penerus bangsa.  Jangan korbankan anak anak kita karena egoisme dan kepentingan orang tuanya.

Kepada anak anak ku Syaiful Alfaqih (6), Bara Viadinanda Umi Ayu Qurani (4) dan Umi Fauziah (4 bulan) , saya memang tidak mengenal mu.  Sebagai insan manusia, dan juga sebagai seorang Ayah yang juga memiliki anak anak seusia kalian, hati saya hancur berkeping keping,  Saya sangat berduka.

Anak anaku Syaiful Alfaqih (6), Bara Viadinanda Umi Ayu Qurani (4) dan Umi Fauziah (4 bulan) , Al Jannah sudah menanti kalian Insya Allah. Bermainlah kalian bertiga di taman Syurganya Allah SWT.  Kalian bermainlah sepuasnya, riang gembira di taman Syurga dikelilingi para bidadari dan malaikat malaikat dan dalam ridho dan kasih sayang Allah SWT.  Aamin Ya Rabbal Alamin. (Asep Haryono)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog