Sukseskan Asian Games 2018

REVIEW FILM : Ayat Ayat Cinta 2

Catatan Asep Haryono

Setelah lama mengamati trailer film Ayat Ayat Cinta 2 di Youtube beberapa minggu terakhir ini, akhirnya tanggal 23 Desember 2017 malam minggu saya pun berhasil menonton film besutan MD Pictures yang naskahnya berasal dari novelis legendaris Habiburrahman El Shirazy atau Kang Abik di Bioskop Cineplex XXI Ahmad Yani Mega Mall di Jalan Ahmad Yani Pontianak, Kalimantan Barat.

Saat film Ayat Ayat Cinta 2 ini diputar , saya yang duduk di Row C Seat 16 Gedung Bioskop XXI Ayani Mega Mall ini , mendengar petikan musik intro lagu "Ayat Ayat Cinta" yang dilantunkan oleh penyanyi cantik bertubuh mungil Rossa. Lagu yang diciptkan oleh pencipta lagu legendaris Melly Goeslaw ini juga sukses menciptakan lagu soundtrack untuk Ayat Ayat Cinta 2 berjudul "Bulan Dikekang Malam".  Barulah setelah saya melihat film ini sampai akhir baru bisa memahami teks lagunya

BILBOARD : Inilah bilboard film Ayat Ayat Cinta 2 yang berhasul saya ambil gambarya (23/12/2017) sebelum film dimulai. Foto Asep Haryono
BILBOARD : Inilah bilboard film Ayat Ayat Cinta 2 yang berhasul saya ambil gambarya (23/12/2017) sebelum film dimulai. Foto Asep Haryono
MEGAH:  Trailer traier Film pembuka film Ayat Ayat Cinta 2 sudah dimulai. Foto ini saya jepret di bangku saya nomor 16 Row C (23/12/2017). Foto Asep Haryono
MEGAH:  Trailer traier Film pembuka film Ayat Ayat Cinta 2 sudah dimulai. Foto ini saya jepret di bangku saya nomor 16 Row C (23/12/2017). Foto Asep Haryono

Sejak awal saya berharap film ini akan lebih menguras air mata melebihi saat saya menonton film Ayat Ayat Cinta yang pertama yang sukses mencetak box office pada tahun 2008 yang lalu yang juga di Ahmad Yani Mega Mall.   Jika dalam film pertama Ayat Ayat Cinta (2008) syutingnya di lakukan di Kairo Mesir (Universitas Al Azhar ), maka dalam film kedua Ayat Ayat Cinta 2 ini mengambil lokasi di Edinburg (Skonlandia), Hungaria dan Inggris .

Baca juga - Eh ada Kang Abik

JIka dalam film Ayat Ayat Cinta Pertama (2008) pemeran Aisya diperankan secara sempurna oleh Rianti Cartwright, maka pada film Ayat Ayat Cinta 2 ini diperankan oleh artis senior Dewi Sandra.  Bedanya adalah Aisya baru "dimunculkan" sosoknya setelah nama samarannya Sabina terbongkar.  Sabina yang semula diperankan sebagai wanita yang menumpang di rumah Fahri (Fedi Nuril) akhirnya terkuak sebagai Aisya yang selama ini dirindukan oleh Fahri.


Film Ayat Ayat Cinta 2 ini tidak dipungkiri menampilkan keindahan sudut sudut kota Edinburg di Skotlandia, dan beberapa sudut lainnya di kota London dan Hongaria.  Gedung gedung yang indah disertai dengan pemandangan kota di tiap sudutnya yang menawan dan mempesona.  Walaipun saya belum pernah ke London atau Edinburg, yah setidaknya saya bisa melihat keindahan kota kota kelas dunia tersebut dalam film ini
 

KANG ABIK :  Saya dan Habiburrahman El Shirazy atau Kang Abik.  Foto ini diambil saat beliau dan rombongan bersilaturahmi ke Redaksi Pontianak Post lantai 5 hari Jumat, 23 Nopember 2012.   Foto Istimewa
KANG ABIK :  Saya dan Habiburrahman El Shirazy atau Kang Abik.  Foto ini diambil saat beliau dan rombongan bersilaturahmi ke Redaksi Pontianak Post lantai 5 hari Jumat, 23 Nopember 2012.   Foto Istimewa

Kurang Emosional
Seperti yang sudah saya sebutkan di atas. sebelum film diputar. saat saya duduk di Seat 16 Row C bagian belakang dalam Bioskop Studio XXI Ahmad Yani Mega Mall, saya sudah berharap banyak film ini akan lebih menguras air mata dari film Ayat Ayat Cinta yang pertama (2008). 

Namun sayang sekali saya harus sedikit menahan kecewa karena harapan saya tidak terwujud. Secara umum film Ayat Ayat Cinta 2 ini alur ceritanya masih bisa "panjang" mengingat karakter misterius Hulya (yang diperankan dengan baik sekali oleh Tatjana Saphira) dan Sabina (Dewi Sandra) yang menurut saya adalah "pilar' di seri kedua ini belum tergarap "utuh".

Satu catatan kecil : Dalam Ayat Ayat Cinta pertama (2008) karakter Aisya yang diperankan Rianti Cartwright yang berpostur slim (langsing) sangat match dengan karakter Fahri (Fedi Nuril) yang berpostur tinggi dan proporsional.  Dalam Ayat Ayat Cinta 2 (2017) tokoh Aisya yang diperankan oleh artis senior papan atas Dewi Sandra sedikit terlihat (agak) gemuk.  Pemeran film layar lebar idealnya tidak gemuk karena tidak bagus di kamera.  Wajah tidak masalah. Baik Dewi Sandara dan Rianti Cartwrigth dua duanya cantik.

Ada artis Malaysia dalam film Ayat Ayat Cinta 2 ini.  Fazura yang memerankan karakter Brenda adalah artis Malaysia  Karakter Brenda , seorang wanita cantik berprofesi sebagai pengacara ini berlogat atau beraksen Malaysia. Saya mencoba menelaah bahasa yang diucapkannya memang khas logat atau aksen Malaysia. Mungkin Kuala Lumpur? I dont know.  I am not sure.  Para pembaca yang budiman sudilah kiranya mengkritisi saya.

Penyelesaian yang terlalu cepat hingga akhirnya Aisya (Dewi Sandra), istri Fahri (Fedi Nurill) seperti terlalu cepat di munculkan.   Saya rasa bisa saja sih diperpanjang hingga menemukan chemistry nya namun saya kuatir filmnya akan lebih dari 2 jam penayangannya.   Justru karakter Keira yang diperankan artis papan atas Chelsea Islan yang meledak ledak  seperti "hero" yang menyelamatkan film Ayat Ayat Cinta 2 ini agar tidak terjebak dalam "datar" nya .
TIKET : Tanda masuk nya Rp.60.000 khusus untuk hari Sabtu dan Minggu di Ayani Mega Mall XXI.  Foto Asep Haryono
TIKET : Tanda masuk nya Rp.60.000 khusus untuk hari Sabtu dan Minggu di Ayani Mega Mall XXI.  Foto Asep Haryono

Penggunaan campura bahasa yakni Bahasa Indonesia dan Inggris dalam film ini sedikit agak mengganggu konsentrasi saya yang menyaksikannya.  Dalam pandangan saya jika harus konsisten sebaiknya menggunakan Bahasa Indonesia saja.  Toh jika film ini akan go International sudah bisa dilihat dari terjemahannya dalam Bahasa Inggis dalam running text nya.  Jadi penggunaan Bahasa Indonesia dalam pandangan saya seharusnya tetap dominan dan tidak dicampur dengan penggunaan Bahasa Inggris.

Film yang banyak menggandeng Sponsor produk ini jelas terlihat.  Beberap akali dalam scene di film Ayat Ayat Cinta 2 ini memperlihatkan logo perusahaan yang menjadi mitra atau sponsor dalam film ini seperti Wardah Kosmetik, Handphone merek SAMSUNG, dan beberapa produk lainnya.

Secara keseluruhan film Ayat Ayat Cinta 2 ini sangat memikat. Bertaburan bintang bintang papan atas Indonesia dan semuanya berparas cantik.

Ada satu dua scene yang menurut saya yang paling EMOSIONAL adalah saat detik detik Hulya (Tatjana Saphira) menghebuskan nafasnya yang terakhir dirumah sakit yang disaksikan oleh Fahri (Fedi Nuril) dan Aisya (Dewi Sandra). Adegan inilah yang paling menguras emosional saya, dan paling mengharukan.  Dalam pandangan saya scene inilah yang menjadi highlight dari Ayat Ayat Cinta 2 ini. Lagu "Bulan Dikekang Malam" sangat sangat match dengan isi alur cerita film.  Saya terharu karenanya.  Its very emotional song I have heard from all series of this "Verses of love" movies so far. Very captivating. Very touching. 
Dan pada adegan saat prosesi Ijab Qabul antara Fahri (Fedi Nuril) dengan Hulya (Tatjana Saphira) dinyatakan sah oleh para saksi saksi dan dilanjutkan dengan menyalami keluarga, di saat itulah Sabina (Aisyah) berlari meninggalkan ke luar dari ruangan dengan berlinang air mata bercucuran.   Sabina lari ke dalam rumah Fahri (Suaminya) memeluk sebuah foto kenangan indah saat Fahri dan Aisyah bergandengan tangan dengan cucuran air mata.  Dari scene ini juga menguras emosi saya.  Saya terharu juga karenanya.  Very emotional yes. 
Scene ini mempunyai kemiripan yang amat tinggi dalam Ayat Ayat Cinta pertama (tahun 2008) adegan dimana saat Fahri (Fedi Nurul) meminang Maria (Carissa Putri) di bangsal rumah sakit. Saat proses meminang berlangsung lancar dan sah di saksikan para dokter sukster dan kerabat keluarga kedua nya, Aisyah (Rianti Cartwright) juga berlari keluar dari ruangan kamar rumah sakit juga dengan bercucuran air mata.   Sangat mengharukan. Banyak penonton yang terharu dan menitikkan air mata menonton adegan ini.

Saya merasa wajar saja karena saya kira sponsor juga turut berpartiisipasi di dalam penggarapan film ini. Bisa saja sponsor membantu dalam pendanaan dan lain sebagainya. Akankah Film yang konon berdana besar ini mampu mencetak jumlah penonton terbanyak dan mendatangkan profit melebihi kesuksesan Ayat Ayat Cinta pertama? Kita lihat saja nanti.  Demikian Review Film : Ayat Ayat Cinta 2 ini yang saya buat setelah saya menontonnya secara langsung di Bioskop. Terima Kasih (Asep Haryono)

1 comment:

  1. saya belum pernah Nonton yg Ayat-Ayat Cinta 1 juga Pak hikhikhik, Apalagi sekarang sudah ada Film Ayat-Ayat Cinta 2, hadeh jadi penasaran ini pengen nonton Film nya. Di Youtube ada nggak yah FIlmnya hehe

    ReplyDelete

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog