Jual Milagros disini

Persiapkan Hari Tua Mu Melalui BPJS Ketenagakerjaan

Catatan Asep Haryono

Bagi pegawai atau karyawan swasta, bekerja dengan gaji tetap adalah sebuah keniscayaan Siapa yang tidak ingin memiliki pekerjaan yang layak ditambah lagi dengan penghasilan atau gaji tetap. Tentu banyak orang yang mau. Kata orang berada di “zona aman” tetap menjadi incaran para kawula muda fresh graduate yang mendambakan bekerja di perusahaan besar dengan gaji layak. Hal yang wajar saja dan tidak ada yang salah semua itu.

Namun perlu disadari juga dari awal bahwa “zona aman” itu sebenarnya tidak ada. Ada banyak resiko yang bisa terjadi jika sewaktu waktu perusahaan mengalami kerugian, resiko di “rumahkan” atau lebih kejamnya lagi “PHK” juga sebuah keniscayaan. Oleh karena itu selagi masih fresh, masih berusia muda, ada baiknya mulai dari sekarng mempersiapkan masa depannya. Persiapkan Jaminan Hari Tua mu.


BPJS HARI TUA : Inilah slip tahunan saldo BPJS Jaminan Hari Tua saat saya masih bekerja di perusahaan. Segera daftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.  Foto Kekes
BPJS HARI TUA : Inilah slip tahunan saldo BPJS Jaminan Hari Tua saat saya masih bekerja di perusahaan. Segera daftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.  Foto Kekes


Saya punya pengalaman bekerja di sebuah perusahaan media cetak dari tahun 2002 -2016 atau lebih kurang 13 tahun bekerja sebagai pegawai atau karyawan perusahaan. Bekerja dengan orang ada suka dan dukanya. Terpulang bagaimana anda menyikapinya dan mengambil keputusan penting sehubungan dengan status kepegawaian kamu sendiri.

Nah salah satu cara untuk mempersiapakan masa depan dan atau mempersiapkan masa tua dengan mendaftarkan diri sebaga peserta BPJS (Badan Perlindungan Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan. Perusahaan yang perduli dan bertanggung jawab tentu akan mendaftarkan para karyawan atau pegawainya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Pembayaran premi perbulannya dibayar langsung dengan cara auto debet atau dipotong langsung dari payroll atau gaji karyawan yang bersangkutan. Setiap akhir tahun, biasanya di bulan Desember, setiap pegawai swasta yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan akan menerima surat yang berisi Saldo Jaminan Hari Tua. Besaran potongan setiap bulan relatife terjangkau mungkin dikisaran Rp.17.500 rupiah. Bagaimana proses pencairannya? Apakah boleh dicairkan saat masih menyandanb status sebagai pegawai perusahaan?

Untuk mencairkan dana tabungan BPJS Ketenagakerjaan bisa diambil seluruhnya (100 persen) dengan catatan karyawan/pegawai itu di PHK oleh perusahaan atau karyawan/pegawai tersebut resign (Mengundurkan diri) secara hormat. Hanya dua syarat ini lah dana kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan anda bisa dicairkan secara penuh atau 100 persen. Sebenarnya masih ada lagi syaratnya yakni sudah berusia sekitar 56 tahun juga berhak mencairka dana BPJS ketenagakerjaan 100 persen.  Dana BPJS itu bisa anda gunakan untuk modal usaha dan lain sebagainya
 



Banyak Manfaatnya Bagi Pegawai
Nah jika pegawai/karyawan tersebut belum atau tidak dapat memenuhi syarat syarat pencairan 100 persen seperti yang sudah saya sebutkan di atas, maka pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan bisa dicairkan secara bertahap. Pertama 10 persen untuk keperluan konsumtif, dan sekitar 20 persen untuk keperluan pendidikan (bayar uan sekolah , SPP, dll) dan sekitar 40 persen untuk bantuan rehab rumah.

Syarat mencairkannya pun mudah . Setelah pegawai tersebut di PHK atau berhenti secara hormat , maka surat keterangan PHK atau surat pengunduran diri yang sudah ditanda tangani oleh HRD itu anda harus bawa ke Dinas Tenagar Kerja setempat untuk diberi cap atau stempel. Lembaran aseli di sita, dan salinannya diberikan kepada anda. Nah lampirkan itu saat mendaftar di kantor BPJS.

Baca Juga - Tips Mencairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan

Di sana anda akan dibimbing baik teknis maupun syarat administrasi pencairan BPJS Ketenagakerjaannya. Misalnya mengisi kartu kendali, mengisi formulir dan lain sebagainya. Anda harus membawa nomor rekening (Lebih disukai Bank Mandiri-red), kartu peserta BPJS, NPWP dan KTP selebihnya anda bisa konsultasikan ke kantor BPJS terdekat di kota anda. (Asep Haryono)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog