Dirgayahu Kemerdekaan RI Ke 73 Tahun


Frequently Ask Question | Disclaimer | Site Map

Hotel EMERALD Di Sanggau

Catatan Asep Haryono

Saya dan anak anak ikut mendampingi istri tercinta saat ada kegiatan training di SMK 1 Sanggau selama dua hari dari tanggal 13-15 Desember 2017 yang lalu.  Sanggau adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Kalimantan Barat. Perjalanan mobil ditempuh dari Pontianak menuju Hotel Emerald Sanggau ini sekitar 3 - 4  Jam. 

Dengan menumpang Taxi Swasta dari Pontianak menuju penginapan ini memang sekitar 3-4 Jam. Perjalanannya sendiri cukup menyenangkan. Tiba di lobby Hotel Emerald Sanggau sekitar jam 20.10 WIB.  Kami langsung check in menempati room yang ada di lantai 4.  Sekilas saya iihat dari penampilan fisik Hotel Emerald Sanggau ini sudah mirip hotel Bintang 3 atau 4. Kamarnya tertat apik.  Namun ini hanya sekilas saja.


Fasilitas yang ada di dalam room Hotel Emerald Sanggau ini bisa dibilang cukup modern, ada showernya, TV flat berukuran sedang "menempel" di dinding dengn saluran TV dalam dan Luar Negeri.   Tidak ada lemari ganti pakaian, Safe deposit Box , pemanas air atau pembuat coffee dan tidak ada sandal.   Biasanya khan dalam hotel disiapkan sendal siapa tau sang tamu tidak membawa sendal. Jadi sendal tidak ada di kamar saya.

BAGUS :  Halaman depan Hotel EMERALD Sanggau di Kalimantan Barat ini lumayan keren dan punya potensi besar dikembangkan menjadi hotel berbitnang,  Foto Asep Haryono
BAGUS :  Halaman depan Hotel EMERALD Sanggau di Kalimantan Barat ini lumayan keren dan punya potensi besar dikembangkan menjadi hotel berbitnang,  Foto Asep Haryono

LOBBY :  Halaman depan lobby Hotel EMERALD Sanggau di Kalimantan Barat yang sempat saya foto sebelum kami kembali ke Pontianak.  Foto Asep Haryono
LOBBY :  Halaman depan lobby Hotel EMERALD Sanggau di Kalimantan Barat yang sempat saya foto sebelum kami kembali ke Pontianak.  Foto Asep Haryono

Potensi Dikembangkan Jadi Hotel Bintang 
Dengan tarif per malam sekitar 200 ribu rupiah, saya merasakan banyak sekali potensi yang luar biasa dari hotel EMERALD Sanggau ini untuk dikembangkan menjadi benar benar hotel berbintang dan berkelas.  Sebenarnya saya sudah mendapatkan "bocoran" dari driver yang membawa kami dari Pontianak menuju hotel.  Menurut sang Driver, hotel tempat kami menginap itu adalah hotel yang paling bagus di Sanggau.

Mengenai fasilitas hotel yang saya sebutkan di atas seperti pembuat kopi (coffee maker) janganlah dijadikan patokan.  Saya rasa wajar saja Hotel dengan tarif 100-200 ribuan tidak bisa disamakan dengan hotel bintang 3 ke atas dalam hal penyediaan fasilitas dan kenyamanan hotel bagi para tamu tamunya. Wajar sajalah.  Namun setelah saya amati dengan seksama banyak sekali bagian dan fasilitas di EMERALD ini yang bisa dikembangkan menjadi hotel berkelas.  Saya yakin tu.

Untuk sarapan paginya standar saja.   Uniknya kami tidak  dibekali coupon (kupon) makan pagi.  Jadi kata Customer Service yang ada di front desk bilang juga sudah masuk waktu makan pagi silahkan saja ke ruangan makan pagi. Sesederhana itu  Ya tidak apa apa sih.  Untuk menu sarapan paginya di Hotel Emerald Sanggau ini hari pertama Lontong Sayur, dan Hari keduanya Nasi Goreng.  Ada roti tawar dengan susu cair kadang dengan selai nanas.  Untuk minumnya disediakan dua pilihan Teh atau kopi.   Sederhana saja sesuai dengan tarifna juga lah.

Bagi seorang penulis blog seperti saya (blogger) akses internet adalah hal yang tidak bisa difawar lagi  Tidak perlu kecepatan downloadnya kuenceng, asal stabil saja itu sudah lebih dari cukup.  Hanya saja , sayangnya. akses WIFI atau HOTSPOT di Hotel Emerald Sanggau yang online selama 24 jam ini kecepatan downloadnya sangat lemah (very weak).  Selama saya menginap di hotel Emerald Sanggau ini saya menggunakan kartu TRI   Dan ternyata  akses kartu TRI di daerah Sanggau Kalimantan Barat ini tetap mumpuni.  Memang keren kartu TRI ini.  Senang saya.  Jadi akses untuk blogging, browsing di android dan atau laptop tidak ada masalah. (Asep Haryono)


D

2 comments:

  1. Wah, keren kayaknya hotelnya Mas. Emang wifi sangat penting buat kita yang sangat membutuhkan akses internet. Kapan ya bisa sampai situ?

    ReplyDelete
  2. Hmmm setidaknya harus memenuhi harapan pengunjung dulu deh kalau mau jadi berbintang berapa

    Kalau masih banyak kecewanya ya kayaknya belum, bakal gitu gitu aja

    Mungkin artikel ini bisa disampaikan ke pihak manager hotelnya mas, buat evaluasi bagus deh kayaknya

    ReplyDelete

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog