Jual Milagros disini

TIPS Praktis Jika Terjadi Pemadaman Listrik

Setiap rumah tangga memerlukan pasokan listrik yang stabil setiap hari. Sebagai konsekuensi logis hidup di era Millenial sekarang ini kebutuhan akan listrik akan selalu menjadi perhatian utama selain kebutuhan hidup lainnya yang tidak kalah penting dan menyangkut hajat hidup orang banyak seperti air bersih baik yang bersumber dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) maupun dari sumber lainnya.

Listrik di rumah baik di daerah perkotaan maupun di daerah pedesaan tetaplah menjadi primadona dan sangat esensial mengingat kehidupan sehari hari kita sangat bergantung dari pasokan listrik sebut aja untuk menyalakan lampu lampu di rumah, peralatan rumah tangga (mesin air, setrika, mesin cuci dan lain sebagainya) dan juga untuk alat komunikasi mobile kita seperti Ipad, Laptop, Personal Computer, Radio, Televisi dan masih banyak lagi lainnya.

Pertanyaannya adalah bagaimana jika terjadi pemadaman listrik mendadak?
Pada umumnya Perusahaan Listrik Negara (PLN) senantiasa memberikan kabar atau pengumuman jika suatu daerah ada rencana dilakukan pemadaman listrik baik dengan dalih untuk pemeliharaan jaringan listrik atau untuk keperluan perbaikan karena suatu sebab seperti gangguan layangan, pohon dan lain sebagainya. 
Gangguan atau terganggu tentunya.  Karena sudah terbiasa hidup dan akrab dengan listrik untuk keperluan sehari hari di rumah namun saat terjadi pemadaman mendadak kehidupan kita drastis berubah 180 derajat seperti kembali ke zaman batu.

Agak keras pernyataan ini namun begitulah keadaannya. Betapa hidup kita juga terpengaruh oleh pasokan listrik untuk keperluan sehari hari. Jika listrik di rumah mendadak padam terutama pada waktu malam hari, akan mengganggu aktifitas belajar anak anak kita, dan juga aktifitas sehari hari orang tuanya.
Pertama, sediakanlah power supply atau UPS untuk menjaga kestabilan arus listrik pada perangkat personal computer (PC) di rumah anda.  Mengenai jenis, bentuk dan modelnya memang beraneka ragam mulai dari yang berharga puluhan ribu hingga berharga jutaan rupiah. 

Penggunaan UPS untuk perangkat computer ini sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan arus listrik pada perangkat computer anda di rumah, selain juga untuk mencegah kerusakan di dalam mainboard computer karena pasokan listik yang tidak stabil itu tadi.

Kedua, khusus untuk perangkat komunikasi berjalan seperti Handphone (android), Ipad, Notepad dan sejenisnya wajib menyediakan charger atau Power Bank.   Sama seperti perangkat UPS untuk computer yang sudah saya sebutkan di atas, pemilhan charger atau Power Bank juga ada banyak macam, model dan harganya.

Semakin berkualitas atau bermerk charger atau power bank tersebut makin awet juga dalam pemakaian sehari hari.  Saya sendiri sudah beberapa kali membeli Power Bank (PB) atau Charger abal abal dengan harga yang sangat murah.  Dan seperti yang sudah saya kira, usianya hanya beberapa hari saja power bank atau charger murah meriah alias abal abal itu sudah hangus, rusak dan tidak bisa digunakan kembali. 

Oleh karena itu belilah Power Bank atau Charger perangkat mobile anda dengan kualitas yang baik atau original.  Mahal harga perangkatnya namun yakinlah usia pemakaiannya sangat awet.  Bagi anda pengguna perangkat mobile berjenis SAMSUNG misalnya,  pembelian Power Bank atau Charger yang original menjamin awetnya dan kualitas yang baik.

Sebagai penutup, sediakan selalu Genset untuk menjaga terjaminnya aliran listrik untuk rumah atau bangunan anda.   Banyak gedung sekolah, pabrik, Mini Market, Mall, bahkan gedung pemerintahan yang juga menggunakan Genset agar pasokan listrik tetap stabil. 

Dalam pemakaian sehari hari GENSET sangat penting jika terjadi pemadaman listrik mendadak seperti ini.  Nah dari tips tips sederhana inilah diharapkan kita tidak akan panik atau Kalut dalam bahasa Melayu Pontianaknya.  Begitu listrik padam kita sudah siap. Selamat mencoba.  (Asep Haryono)


LISTRIK : Setiap hari kita memerlukan pasokan listrik yang aman dan stabil untuk keperluan hidup yang normal seperti pada komputer ini. Foto Asep Haryono
LISTRIK : Setiap hari kita memerlukan pasokan listrik yang aman dan stabil untuk keperluan hidup yang normal seperti pada komputer ini. Foto Asep Haryono



No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog