Jual Milagros disini


Tips Aman Agar Tudak Tertangkap Razia Kendaraan

Catatan Asep Haryono

Operasi Zebra 2017 yang dilaksanakan serentak di seluruh Kalimantan Barat dari tanggal 1 -14 Nopember 2017 telah menjaring ratusan pengendara kendaraan bermotor dengan tingkat pelanggaran yang berbeda beda mencakup pelanggaran kelengkapan surat kendaraan seperti SIM, STNK, perlengkapan keselamatan kendaraan dan pengendara hingga pelanggaran berlalu lintas dan angkutan jalan raya seperti melawan arus (kontra flow).

Tulisan sederhana ini tidak dimaksudkan agar para pembaca setia blog www.simplyasep.com takut untuk menggunakan kendaraan roda dua karena ada razia, tidak seperti itu.  Berkendaraanlah seperti biasanya. Tips praktis menghindari operasi Zebra ada 3 hal yakni :


Pertama Kelengkapan Surat Menyurat Kendaran Anda

Pada prinsipnya hanya satu yakni lengkapi surat menyurat kendaraan roda dua anda seperti SIM dan STNK.  Surat Izin Mengemudi (SIM) harus anda miliki sebagai tanda anda cakap dan layak menggunakan kendaraan roda dua anda.

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sebagai bukti bahwa motor yang ada gunakan mempunyai nomor seri,, nomor rangka yang sesuai dengan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).  Dengan melengkap surat menyurat berkendaraan anda ini ada sudah sah dan layak untuk menggunakan kendaraan bermoto.


Kedua, Kelengkapan Pengendara Dan Berkendaraan

Faktor yang kedua adalah melengkapi diri anda dengan kelengkapan pengendara dan kendaraan anda seperti menggunakan Helm Standar, Lampu Spion yang lengkap sesuai dengan pabriknya (belum dimodifikasi), penggunaan knalpot yang standar serta berkendaraan dengan baik sesuai dengan peraturan keselamatan pengendara dan berkendaraan.

Penggunaan knalpot racing selain menghasilkan polusi suara (kebisingan) yang dihasilkanya, juga melanggar ketentuan standar peraturan berkendaraan.  Gunakan knalpot yang sesuai dengan pabrik dan tidak melanggar kepatutaan dalam berkendaraan.


Ketiga , Perbaiki Sikap dan Mental Anda Berlalu Lintas

Perbaiki attitude (sikap) sopan dan etika berkendaran dalam berlalu lintas dan angkutan jalan raya misalnya dengan berhenti dibelakang garis marka, tidak melaju di atas kecepatan yang dianjurkan, serta tidak melawan arus (kontra flow). 

Hal terakhir yang saya sebutkan , melawan arus (kontra flow), kerap dilakukan pengendaraa roda dua dikarenakan banyak hal yang sepertinya memang disengaja untuk melaju melawan arah (kontra flow) dengan alasan mengejar waktu tempuh, hingga mental pengendara yang tidak perduli akan keselamatan dirinya sendiri dan pengendara lain.



PELANGGARAN : Sejumlah pengendara roda dua yang terjaring Operasi Zebra 2017 di Pontianak (13/11) sedang didata oleh petugas.  Foto Asep Haryono
PELANGGARAN : Sejumlah pengendara roda dua yang terjaring Operasi Zebra 2017 di Pontianak (13/11) sedang didata oleh petugas.  Foto Asep Haryono

Melaju melwan arah selain melanggar peraturan keselamatan di Jalan Raya juga sangat membahayakan nyawa pengendara sendiri dan juga orang lain. Pelanggar melawan arus (kontra flow) ini semakin ramai dilakukan sekelompok kecil anggota masyararakat yang mau praktis dan cepatnya saja.

Pelanggar kontra flow ini lah yang menjadi salah satu target dari Operasi Zebra 2017.
Dengan disiplin diri bukan patuh karena takut, pengendara kendaraan roda dua senantiasa terus dihimbau agar segera melengkapi surat menyurat kendaraannya (seperti SIM dan STNK), serta tidak melanggara peraturan keselematan kendaraan dan angkutan di Jalan Raya.  Stop Pelanggaran Stop Kecelakaan. (Asep Haryono)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog