Jual Milagros disini


TIPS Agar Akun FACEBOOK AndaTidak Di HACK Orang

Catatan Asep Haryono

Salah satu sosial media yang paling banyak peminat dan penggunanya adalah Facebook baik dalam format bahasa Indonesia dan ataupun dalam format Bahasa Inggris.  Facebook kini sudah seperti "pasar malam". Semua orang banyak menggunakan facebook untuk segala keperluan dan minat mereka masing masing. Tidak ada melarang.

Mau jualan alat alat rumah tangga, aneka kue kue, komputer, obat herbal , umrah Haji, Investasi , Bitcoin, Multi level Marketing (MLM) hingga obat penumbuh rambut. 

Apa saja orang bebas menggunakan jejaring sosial Facebook. Bahkan untuk unjuk diri dalam berbagai pose selfi dan foto galau hingga ajang mencari jodoh pun banyak menghiasi facebook.   Hanya satu yang tidak boleh yakni SARA, mendeskreditkan orang lain, ujaran kebencian, Pornografi dan Terorisme.  Ancaman nda main main mulai dari Undang Undang Teknologi informasi hingga ancaman penjara.

Namun sering kita dengar Facebook nya di hack orang dan atau akun GB nya dipakai orang yang tidak berhak. Benarkah benar benar di HACK orang?.  Sebelum menuduh ada pihak ke III atau Hacker yang berulah, marilah kita instropeksi dalam diri sendiri. Apakah kita dalam menggunakan sosial media FACEBOOk sudah mendisiplinkan diri atau attitude yang baik dalam berFACEBOOK ria mungkin tips di bawah ini bisa membantu anda. 


Halaman depan Facebook Indonesia. Gambar dari Internet
Halaman depan Facebook Indonesia. Gambar dari Internet




Buat Password Yang Unik
Pertama, TIPS Agar Akun FACEBOOK AndaTidak Di HACK Orang, adalah dengan membuat kata sandi (password) yang unik. Tidak harus rumit namun unik yang tidak mudah ditebak orang.  Pembuatan password dengan menggunakan nama kecil, nama kesayangan (panggilan), tanggal lahir,  nama kota lahir, nama Zodiak, serta password lainnya yang bisa dengan mudah ditebak orang  Kalau sudah bisa dilacak orang urusannya akan runyam.

Kombinasi kata sandi (password) dengan menggunakan format angka, huruf besar dan huruf kecil serta tanda baca unik lainnya diyakini bisa menyulitkan para peretas.  Sebagai contoh password 8121*^~KO@la.   Nah ini adalah contoh password yang UNIK dan mungkin bisa dianggap sangat rumik.  Rasio kemungkinan dibobol oleh pihak ke III atau orang sangat kecil mengingat kombinasinya yang tidak lazim.

Hanya saja pemakaian password yang unik dan rumit ini akan memberikan kesulitan yang juga tidak kalau serunya yakni agak susah diingat di kepala karena susunan atau kombinasi password nya yang beda dari yang lain. Sehingga anda perlu mencatat kembali password unik itu dalam buku atau catatan lain yang anda sendiri yang tau.

Jangan Lupa SIGN OUT
Ibarat rumah.  Tamu yang datang ke rumah tentu akan masuk melalui pintu.  Tidak pernah saya dengar  ada Tamu datang ke rumah kita masukknya lewat jendela.  Jika itu ada, maka anda wajib melaporkannya kepada pihak berwajib karena selain dicurigai sebagai tamu tidak diundang (pencuri) juga sangat tidak sopan.  Masuk sang tamu tentu dari pintu, dan pulangnya juga dari pintu yang sama.

Nah jika tamu pulang , anda tentu harus menutup "pintu" bukan?  Anda tidur seharian di rumah, atau pergi ke luar kota jika rumah "terkunci" dengan baik maka anda akan tenang.

Begitu pula dengan attittude (bersikap) santun dan tertib dalam menggunakan jejaring sosial media FACEBOOK.  Biasakanlah anda untuk mengklik SIGN OUT atau LOG OUT pada akun sosial media anda.   Hal yang paling tinggi resikonya jika anda menggunakan Warung Internet atau Cyber Cafe.  Waspada. Banyak yang menggunakan warung internet dengan orang yang berbeda beda.  Biasakanla untuk SIGN OUT atau LOG OUT akun facebook anda.

Sebab jika anda LUPA untuk menutup akun Facebook anda dengan SIGN OUT atau LOG OUT , begitu anda keluar dari cyber cafe, lalu ada orang lain menggunakan PC anda di warnet dan membuka layar komputernya atau akun facebooknya maka yang muncul di layar adalah akun FACEBOOK anda yang masih aktif dan belum di LOG OUT.   Ini sangat berisiko FB anda akan di "acak acak" orang atau diposting hal yang tidak baik atas nama anda.  Wah jangan sampai ini terjadi

Sebagai penutup, satu TIPS lagi yang boleh saja anda lakukan adalah melakukan "bersih bersih" halaman Laptop atau PC anda.  Jika anda menggunakan browser CHROME, klik di bagian kanan paling atas lalu sorot HISTORY , lalu sorot ke bawah pilh Clear Browsing Data lalu klik lahi Clear Browsing Data, maka semua cache (jejak) tautan, link, alamat web atau website yang ada gunakan di PC itu akan hilang atau terhapus.  Ini sangat jitu untuk melapis security akun sosial Facebook anda.  Selamat mencoba. (Asep Haryono)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog