Jual Milagros disini


Tahu Sumedang Renyah

Catatan Asep Haryono

Anda penggemar Tahu Sumedang?.  Saya termasuk salah satu diantara pencinta atau penggemar tahu Sumedang.  Sejak saya menetap di Bekasi Kranji Inkopol, yang namanya kuliner bertema Tahu senantiasa saya sukai   Sebut saja Kembang Tahu, Tahu Isi,  Tahu Gejrot , Tahu Goreng, Tahu Cina, atau apa saja  kuliner dari bahan dasar Tahu saya suka. 

Nah kali ini saya mencoba mengetengahkan salah satu spot Kuliner jajanan pasar Tahu Sumedang yang banyak dijumpai di kota Pontianak.  Salah satu spot Tahu Sumedang yang saya rekomendasikan adalah Tahu Sumedang Renyah di Jalan Supadio Kubu Raya Kalimantan Barat.   Jika anda baru pertama tiba di Bandara Internasional Supadio, bisa langsung naik Taxi atau kendaraan sendiri keluar dari Bandara langsung menuju kota Pontianak, nah anda pasti akan melewati  Sumedang Renyah ini.

Tahu Sumedang Renyah ini agak ambigu juga saya melihatnya.  Saya kira hanya sebuah tempat penjual gorengan biasa, namun setelah saya amati rupanya berbentuk Rumah Makan.  Namun yang lebih terkenal highlight nya ya Tahu Sumedang ini.   Anda yang kebetulan dari Sumedang, kangennya bisa terobati di sini, ya di Tahu Sumedang Renyah   Nah apa saja menu yang disajikan di sana?  Wah banyak juga.


TAHU SUMEDANG : Inilah menu andalannya Tahu Sumedang Renyah yang benar benar renyah dan gurih dilengkapi dengan sambel khusus.  Foto Asep Haryono
TAHU SUMEDANG : Inilah menu andalannya Tahu Sumedang Renyah yang benar benar renyah dan gurih dilengkapi dengan sambel khusus.  Foto Asep Haryono

Sebut saja aneka gorengan : tahu, bakwan goreng, Cireng, Ubu , dan masih banyak lagi.  Aneka kue basah lainnya juga ada seperti arem arem. Yang menjadi ciri khasnya lagi di Tahu Sumedang Renyah ini adalah staff dan crew Tahu Sumedang Renyah yang rata rata berbahasa Sunda. 

Saya yang memang blastean Sunda Jawa memang agak keteteran untuk berbahasa Sunda saya yang memang pas pasan ini.  Namun jangan kuatir, Bahasa Indonesia juga bisa kok. Asyiik kan.  Bahasa tidak jadi kendala.  Enjoy Tahu Sumedangnya.

Bagaimana dengan harganya? Wow terjangkau sekali.   Seperti hari Sabtu, 4 Nopember 2017 saya melakukan kunjungan lagi di Tahu Sumedang Renyah. Saya memesan 2 buah Cireng (Aci Digoreng) , 2 buah Arem Arem isi daging ayam dan cabe pedas, dan 10 buah tahu Sumedang renyah semuanya hanya Rp.25.000,- kalau tidak salah ya.  Nah terjangkau sekali bukan.  Bukan hanya Tahu Sumedang Renyah saja andalannya, aneka minuman pun ada.



Siomay Bandung
Bahkan satu menu baru juga telah hadir di Tahu Sumedang Renyah ini yakni Siomay Bandung.  Saya sudah merasakan sendiri Siomay Bandung yang ada di Tahu Sumedang Renyah.  Namun berdasarkan penilaian lidah saya (kan lidah orang berbeda beda ya kan), untuk kuliner Siomay Bandung saya rekomendasikan Siomay Bandung yang ada di dekat Kantor RRI Pontianak Jalan Zainudin, dan atau Siomaynya Bu Jujuk dekat Masjid  Jihad arah Kota Baru Pontianak. 

Lalu Siomay Bandung yang ada di Tahu Sumedang Renyah nda asyik gitu? Oh tetap enak kok.  Siomay pada umumnya sama rasanya dimana mana ya rasa Siomay, namun kelezatan, kegurihan nya memang direkomendasikan yang ada di kedua tempat yang saya sebutkan itu tadi.

Kalau dari segi harga 1 porsi Siomay Bandung yang ada di Tahu Sumedang Renyah ini dikisaran Rp.20.000,- (Dua Puluh Ribu Rupiah), beda tipis dengan Siomay Bandung di Dekat RRI Pontianak dan Siomay Kantin Bu Jujuk.  Namun kalau di rata ratakan memang di angka 20K untuk satu porsinya. 

Seperti yang sudah pernah saya bahas sebelumnya Siomay Bu Jujuk menggunakan daging sapi dan ada empingnya, sedangkan Siomay di dekat RRI Jalan Zainudin menggunakan daging Ayam.   Siomay Bandung di Tahu Sumedang Renyah biasa saja, standar.  Namun topnya ya Tahu Sumedang Renyah.  Jadi kalau mau mencicipi  Tahu Sumedang Renyah Pontianak yang oke banget ya di sini tempatnya. Silahkan datang dan buktikan sendiri. (Asep Haryono)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog