Jual Milagros disini

Prajurit Batalyon Komando 465 Paskhas Gelar Latihan Combat SAR

PRAJURIT Komando (Parako) Batalyon Komando (Yonko) 465 Paskhas Brajamusti, menggelar latihan Combat Search and Rescue (SAR). Latihan rutin ini digelar di sekitar main Apron Lanud Supadio, Rabu (22/11/2017).

Sekitar 20 prajurit baret jingga, yang merupakan pasukan elit dan kebanggaan Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio ini, mengikuti latihan tingkat tim atau pleton. Latihan ini menggunakan Helly Super Puma SA 330 dari Skadron Udara (Skadud) 6, Wing Udara 4, Lanud Atang Sendjaya, Bogor

Prajurit Batalyon Komando 465 Paskhas Gelar Latihan Combat SAR
Prajurit Batalyon Komando 465 Paskhas Gelar Latihan Combat SAR

Kasiopslat Lanud Supadio, Mayor Pnb IGN Adi Brata menjelaskan, latihan combat SAR diskenariokan, pesawat tempur milik Skadud I, Hawk 100/200, melaksanakan pertempuran udara. Namun salah satu pesawat tertembak dan jatuh di daerah musuh, dan sang pilot pesawat tersebut sempat melaksanakan eject.

"Kemudian, tim combat SAR Lanud Supad, yang beranggotakan pasukan Yonko 465 Paskhas, mengevakuasi dengan menggunakan Helly Super Puma,” kata Kasiopslat.

Mayor Pnb Adi Brata mengatakan, Helly Super Puma, bergerak menuju ke daerah jatuhnya penerbang, yang eject.Kemudian anggota SAR melaksanakan repling, guna mengamankan daerah sekitar jatuhnya pilot tersebut.

Ia menambahkan, setelah mencari pilot, akhirnya tim SAR menemukan pilot dalam keadaan luka-luka. Setelah memberikan pertolongan pertama pada luka yang dialami pilot tersebut, maka dilakukan hoist, yaitu mengangkat penerbang yang eject dari ground ke Helly, untuk melaksanakan penyelamatan kedaerah yang aman.

“Latihan combat SAR bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan personel, terutama untuk menanggulangi kecelakaan, lewat SAR,” paparnya.

Latihan jenis ini, lanjut Mayor Adi Brata, bukan hanya dilaksanakan untuk kepentingan militer, namun dapat dilaksanakan bagi kepentingan umum seperti memberikan bantuan bila ada bencana.

“Dengan adanya latihan ini tentunya akan meningkatkan kemampuan dalam penguasaan dasar-dasar kegiatan SAR sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan para personel telah mempunyai pengetahuan yang mumpuni untuk memberikan pertolongan terhadap korban yang mengalami musibah,” tuturnya. (Sumber Kapentak TNI AU Lanud Supadio)

                                                                            

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog