Jual Milagros disini

PIA AG Cabang 19/D.I Lanud Supadio Peduli Kesehatan Perempuan

Siaran Pers Danlanud Supadio

PERSATUAN Istri Anggota TNI AU (PIA) Ardhya Garini Cabang 19/D.I Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio, terus menunjukkan eksistensinya. Terutama kepedulian terhadap kesehatan perempuan.

Salah satunya adalah dengan menggelar pemeriksaan Inspeksi Visual Asam asetat (IVA). Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT PIA AG ke-61 di lingkungan Lanud Supadio, berlangsung pada Senin (20/11), di Rumah Sakit (Rumkit) TNI AU Tingkat III dr Sutomo, Lanud Supadio.

Menurut Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 19/D.I Lanud Supadio, Ny Wanty Minggit Tribowo, kegiatan ini jadi salah satu wujud kepedulian pada perempuan, khususnya di lingkungan Lanud Supadio.




PERSATUAN Istri Anggota TNI AU (PIA) Ardhya Garini Cabang 19/D.I Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio,aption
PERSATUAN Istri Anggota TNI AU (PIA) Ardhya Garini Cabang 19/D.I Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio,aption


Pesertanya adalah anggota PIA AG, kemudian guru-guru Yayasan AG, dan  guru-guru sekolah di sekitar Lanud Supadio,” papar Ny Wanty Minggit.

Tidak sekedar pemeriksaan, lanjut Ny Wanty, di sela-sela pemeriksaan, peserta juga mendapatkan penjelasan tentang IVA. Penjelasan tersebut, tentunya sangat bermanfaat, karena peserta akhirnya akan memahami dan mengenal tentang IVA secara mendalam.

Ny Wanty menjelaskan, IVA merupakan pemeriksaan leher rahim (serviks) dengan cara melihat langsung atau dengan mata telanjang, yang dilakukan dengan cara memulas leher rahim, dengan larutan asam asetat 3 sampai dengan 5 persen.
“Dengan cara tersebut, kita dapat mendeteksi kanker rahim sedini mungkin. Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi kanker leher rahim, melalui skrining alternatife dari pap smear.Biasanya lebih murah, praktis, dan sangat mudah dilaksanakan, karena peralatannya sederhana, dan dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan,” tuturnya.

Ketua PIA AG menyatakan, pemeriksaan IPA yang diselenggarakan, menjadi bagian dari beberapa kegiatan yang memeriahkan HUT PIA AG ke-61 di Lanud Supadio. Sebelumnya, beberapa kegiatan sudah dilaksanakan, seperti Senam Sehat Bersama, kemudian Ceramah Hukum dan Psikologi.


Ada pula pertandingan olahraga dan anjangsana ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) dan Lembaga Penempatan Anak Sementara (LPAS) Klas IIB, di Kecamatan Sui Raya, Kabupaten Kubu Raya Klas IIB. Lalu Lomba Tari Nusantara Kontemporer (Tari Kreasi) dan vocal group. Lomba mewarnai bagi anak-anak TK Angkasa. Silahturahmi ke warakawuri, dan pasien Rumkit Lanud Supadio.

“Lanud Supadio juga menggelar Supadio Indonesia Jaya 2017, yang melibatkan pelajar dan mahasiswa. Kegiatan tersebut berlangsung semarak, karena diisi denga atraksi potensi dirgantara,” ujar Ny Wanty.

Danlanud Supadio, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Minggit Tribowo mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan PIA AG Cabang 19/D.I Lanud Supadio. Menurutnya, periksaan IVA bagi perempuan, menjadi salah satu cara mencegah terjangkitnya penyakit yang berbahaya.

“Tentunya ini jadi apresiasi terbaik bagi PIA AG. Selain konsen pada bidang pendidikan usia muda, PIA AG juga peduli dengan kesehatan anggota dan masyarakat sekitar,” kata Danlanud.
Marsma TNI Minggit yang meninjau langsung pemeriksaan IVA, didampingi oleh Kepala Dinas Personel (Kadispers) Letkol Pnb Sidik Setiyono dan pembina harian PIA AG Cabang 19/D.I Lanud Supadio, Letkol Kal Yossi Dirwansyah, berharap agar kegiatan-kegiatan dalam rangka HUT PIA ke-61 di Lanud Supadio, jadi wadah perekat kebersamaan dengan masyarakat sekitar.
“Lanud Supadio selalu siap siaga, baik dalam tugas pokok dan fungsi, maupun peran membangun masyarakat Bumi Khatulistiwa,” pungkasnya. (amy)  


No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog