Jual Milagros disini

Pedagang Asongan : Jangan Dilarang

Di depan Masjid Al Muhtadin Universitas Tanjungpura (UNTAN), anda akan mudah menemukan banyak sekali para pedagang makanan dan minuman yang berjejer dari Bundaran Digulis UNTAN hingga memanjang ke depan Rumah Makan Sugeng Rawu atau sampai Gerbang Kampus Universitas Tanjungpura.

Banyak mahasiswa dan juga masyarakat umum yang menikmati aneka jajanan pasar seperti ini mulai dari Pentol Kuah,  Sosis Bakar, Es Jeruk,, Pedagang Jagung Rebus, Aneka Jus dan masih banyak lagi lainnya.

LARANGAN : Papan larangan ini masih bisa ditemukan letaknya di depan Masjid Mujahidin Universitas Tanjungpura Pontianak. Foto Asep Haryono
LARANGAN : Papan larangan ini masih bisa ditemukan letaknya di depan Masjid Mujahidin Universitas Tanjungpura Pontianak. Foto Asep Haryono

Namun coba lah lebih teliti sejenak.  Ada papan larangan berjualan di sepanjang jalan Mohamad Isya, yang ini tentunya dimaksudkan untu semua pedagang di pinggir jalan di dalam aeral kawasan kampus UNTAN. 

Beberapa pedagang yang berjualan di depan Masjid Al Muhtadin UNTAN sempat saya mintakan tanggapan dan komentarnya terhadap papan larangan itu. Kebanakan dari mereka tidak ambil pusing adanya papan larangan seperti itu.

 Namun yang jadi pertanyaan saya di dalam hati adalah apakah ada penegakan hukum jika ada pedagang atau penjual asongan ini yang diancam dengan hukuman denda atau kurungan? Lantas siapa yang berani menertibkan para pedagang makanan dan minuman ini? Satpol PP?
Sekarang kembalikan saja kepada tata tertib atau peraturan yang ada.  Peraturan yang mana yang akan dijadikan dasar hukum penertiban atau tepatnya larangan bagi para pedagang berjualan.

Jika anda cerdas, maka papan pengumuman yang tertancap di depan masjid Al Muhtadin UNTAN itu bisa dikatakan lemah dan tidak mempunyai dasar hukum yang jelas.  Jika jelas tentu akan disertakan peraturan atau pasal berapa yang berpotensi di langgar dan apa sanksi atau hukumannya jika tetap berjualan.

Jika kedua hal itu tidak  dicantumkan, maka dalam pandangan saya larangan berjualan itu tidak mempunyai dasar hukum yang jelas. 
Lagi pula mereka berjualan juga dipinggir jalan.  Tidak menganggu perjalanan anda di jalan raya Apakah para pedagang ini “menganggu” keindahan dan kenyamaman kampus?  (Asep Haryono)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog