Jual Milagros disini


Membuka Rekening Bank Tabungan Negara (BTN)

Catatan Asep Haryono

Bank Tabungan Negara (BTN) merupakan bank yang ke Empat yang saya miliki saat ini selain Bank Rakyat Indonesia (BRI) , Bank Kalbar , Bank Kalbar Syariah, dan Bank Mandiri.   Memiliki lebih dari 1 rekening Bank bukan dimaksudkan untuk "gaya gayaan" punya rekening di banyak Bank.  Namun lebih didasari pada kebutuhan akan alokasi atau peruntukkan parkir uang yang ada disesuaikan dengan maksud dan tujuannya.

Sebagai contoh Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang sudah cukup lama saya miliki. Selain memiliki buku tabungan , saya juga memiliki ATM BRI yang sudah integrated dengan sistem online 24 jamnya.  Selain itu khusus untuk BRI ini saya juga sudah mendaftarkan SMS Banking.  Jadi setiap kali ada transaksi terjadi baik debet atau kredit secara tunai atau melalui Cash Deposit Machine (CDM) akan mengirimkan SMS notifikasi ke Handphone saya. 

Spesial masih dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) ini saya juga pernah punya pengalaman menyelesaikan kasus rekening pasif.  Dan pengalaman mengurus kartu ATM BRI yang pasif ini sudah bisa dibaca dalam blog kesayangan saya ini yang bisa ditarik hikmahnya bagi para pembaca.  Apa yang dimaksud dengan kartu ATM yang pasif dan bagaimana tips praktis agar ATM Bank tidak pasif semuanya dibahas dalam tulisan tersebut.  


Nah saat saya Membuka Rekening Bank Tabungan Negara (BTN) saya disarankan untuk membuka rekening BTN khusus untuk pengajuan KPR (kredit Pemilik Rumah).  Saat saya mengisi formulir isian membuka rekening BTN saya pun dipandu oleh staf BTN yang ramah.  Sayang sekali staf BTN nya laki laki jadi nda jadi deh naksir. Hehehehe  Masa jeruk minum jeruk sih.   Nah saya pun dijelaskan aneka produk dari BTN yang semuanya menarik sekali.

PRIMA : Walaupun off line atau ada gangguan jaringan, transaksi  sertor tunai di BTN pun dicatat manual dahulu dan segera di daring kan begitu jaringan terhubung. Foto Asep Haryono
PRIMA : Walaupun off line atau ada gangguan jaringan, transaksi  sertor tunai di BTN pun dicatat manual dahulu dan segera di daring kan begitu jaringan terhubung. Foto Asep Haryono



Biaya Pemeliharaan Rekening 
Sudah hal yang lumrah nyaris di senua Bank Swasta Nasional membebankan biaya maintenance atau pemeliharaan rekening kepada para nasabahnya.  Begitu pula bagi para pemilik rekening Bank Tabungan Negara (BTN) cabang Pontianak ini.  Kantor BTN yang saya kunjungi hari itu terletak di kawasan Jalan Imam Bonjol Pontianak.     Biaya administrasi pemeliharan Rekening BTN baik yang ada kartu ATM nya atau tidak , tetap diberlakukan tarif peneliharaan rekenin setiap bulan sekitar Rp.12.500,- .

Sedangkan syarat dan ketentuan membuka Rekening Bank Tabungan Negara (BTN) cukup mudah.   Kebetulan jenis yang saya apply adalah rekening BTN KPR.  Namun secara umum biaya untuk membuka rekening BTN dengan saldo mengendap minimal Rp.200.000 (Dua Ratus Ribu Rupiah).  Bawa atau sertakan Identitas anda yang masih berlaku.  Saat itu saya menggunakan E KTP yang berlaku seumur hidup.  Formulir isiannya cukup banyak namun saya tidak risau karena proses pengisian formulir pembukaan rekening BTN nya dibantu oleh staf yang bertugas

Saya pun sebenarnya juga ditawarkan untuk membuka SMS Banking seperti yang sudah saya miliki di rekening BRI.  Namun saya tidak mengajukannya. Beban 1 SMS yang masuk dari sistem Notifikasi ini biayanya sekitar Rp.500,- dibebankan atau diambil dari rekening dan bukan dari saldo Pulsa.  Ini yang seharusnya menjadi perhatian bagi para calon nasabah BTN.  Konsultasikan terlebih dahulu kepada Customer Service BTN produk dan layanan apa yang menjadi kebutuhan anda.   Staf BTN yang ramah siap membantu anda.

Hanya satu saran saya kepada Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Pontianak untuk segera membuka Cash Deposit Machine (CDM) agar nasabah yang ingin menyetor tidak perlu harus mengambil nomor antrian.  Faslitas CDM ini jua lumrah di banyak bank bank di seluruh Indonsia   (Asep Haryono)

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog