Jual Milagros disini


Siomay Bandung Yang Enak Di Pontianak

Catatan Asep Haryono

Salah satu spot kuliner anak muda Pontianak yang lumayan terkenal adalah Siomay Bandung yang berlokasi di samping Matahari Mall atau sekitar RRI Pontianak Jalan Zainuddin Pontianak.  

Siomay Bandung yang menjadi highlight kedai yang digawangi oleh Mas Eko ini memang membuat lidah selalu bergoyang. Bagaimana tidak tekstur Siomay Bandung yang menjadi jualan utamanya itu benar benar menggoda selera. Siapa yang tidak tergoda melihat bongkahan siomay Bandung yang berukuran cukup besar dalam sebuah porsi siomay Bandung.  Bagaimana dengan rasanya? Wow gurih aseli ikan Tenggiri.

Siomay Bandung yang dijualnya memang sedikit berbeda dengan Siomay sejenisnya yakni Siomay Bu Jujuk yang juga terkenal di kota Pontianak.  Letak Siomay Bu Jujuk itu berada di kawasan Jalan Jihad, dekat Masjid Jihad Kota Baru Pontianak.  Apa perbedaan antara Siomay Bu Jujuk dengan Siomay Bandung ini?  Dalam pengamatan saya ada 2 saja.

Pertama, Siomay Bu Jujuk menggunakan daging Sapi sehingga teksturnya jauh lebih lengket, Siomay Bandung menggunakan Daging Ikan Tenggiri atau Belidak sehingga tekstur dagingnya lebih mudah dibelah belah dan enak untuk digigit.  Kedua, Siomay Bu Jujuk menggunakan Emping sebagai "kerupuk" nya, sedangkan Siomay Bandung tidak menggunakan kerupuk apa pun.  Kemudian untuk saus kacang (peanut sauce) pada Siomay Bu Jujuk jauh lebih manis daripada saus kacang nya Siomay Bandung. Harga kedua siomay tersebut relatif sama berkisar antara 15K s/d 20K per porsi.


SIOMAY BANDUNG :  Imilah 1 prosi SIomau Bandung dibandrol harga 19K dijamin puas karena ukurannya yang besar besar.  Foto Asep Haryono
SIOMAY BANDUNG :  Imilah 1 prosi SIomau Bandung dibandrol harga 19K dijamin puas karena ukurannya yang besar besar.  Foto Asep Haryono
BOSS: Saya cukup mengenal bos sioma Bandung ini.  Sebab sejak ditempat lama hingga tempat yang baru beliau terus yang jadi bosnya. Mas Eko.  Foto Asep Haryono
BOSS: Saya cukup mengenal bos sioma Bandung ini.  Sebab sejak ditempat lama hingga tempat yang baru beliau terus yang jadi bosnya. Mas Eko.  Foto Asep Haryono
PERPUSTAKAAN : Silahkan ambil buku yang anda sukai dan baca ditempat. Jangan dibawa pulang ya.  Foto Asep Haryono
PERPUSTAKAAN : Silahkan ambil buku yang anda sukai dan baca ditempat. Jangan dibawa pulang ya.  Foto Asep Haryono
Salah satu keunikan yang ada di Siomay Bandung ini adalah ada perpustakaan mini   Sebenarnya hal ini sudah jamak di Jakarta dan kota kota besar lainnya di seluruh Indonesia.  Banyak kafe kafe di Jakarta dan kota kota besar lainnya di Indonesia juga dilengkapi dengan perpustakaan atau sarana membaca bagi para pengunjungnya.  Tentu dengan catatan buku hanya bisa baca di tempat, begitu anda selesai membacanya dikembalikan ke rak asalnya.  Jangan dibawa pulang aja kalau tidak mau tertangkap kamera pengintai atau CCTV.




Ditertawakan Orang

Ini benar benar pernah saya alami sendiri beberapa tahun yang lalu. Sepanjang catatan saya  kejadiannya terjadi pada era tahun 1990 an lama sekali memang. Ini kalau tidak salah.  Saat itu Siomay Bandung letaknya masih di tempat yang lama di kawasan Supemarket Kaisar.

Saat itu saya bersama sahabat saya menikmati Siomay Bandung. Teman saya itu memesan 1 porsi Siomay Bandung, dan saya juga. Hanya saja tambahannya yakni seporsi nasi putih.  Jadi ceritanya makan Siomay Bandung dengan Nasi. Saya menjadikan Siomay Bandung sebagau lauk nasi.  Dengan kata lain saya menganggao seporsi Siomay Bandung yang full daging itu saya anggap sebagai sepiring lauk.  Jadi wajar (dalam pehamanan saya) ditambah dengan seporsi nasi. Sontak sahabat saya itu tertawa terpingkal pingkal.

Teman saya bilang kalau di Pontianak memang tidak lazim menyantap Siomay Bandung yang "cemilan" dijadikan Lauk sungguhan yang serius teman nasi. Mendapat informasi itu saya sih tetap melannutkan saja makan saya dengan "lauk' Siomay Bandung itu.  Selera memang tidak dapat diperdebatkan.

Menu menu lain yang ditampilkan dalam billboard di kedai itu antara lain 
Nasi Uduk 22K, Pecel Lele 22K, Pecel Ayam 22K, Nasi Putih Ayam 22K , Nasi Goreng 19K , Soto Ayam 18K, Mie Bakso 16K , Bubur Ayam 15K, Es Teler 10K , Es Tape Ketan 10k, Es Cendol 6k,  dan Es Buah 6k. (Asep Haryono)


1 comment:

  1. Sudah somay plus nasi, wah wah..kalori semua itu. Kenyang seharian. Salut juga itu ada perpustakaan, bisa menjadi inspirasi buat saya.

    ReplyDelete

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog