Jual Milagros disini


Menikmati Dinner Di Raja Uduk Serdam Pontianak

Catatan Asep Haryono

Malam minggu tanggal 14 Oktober 2017 kemarin, saya mengajak kedua anak saya, Abbie Muhammad Furqan Haryono (9), dan Tazkia Montessori Putri Haryono (6) dinner (makan malam) di Raja Uduk Serdam Pontianak.
Serdam itu kepanjangan dari Sungai Raya Dalam.

Bagi warga kota Pontianak, Raja Uduk merupakan salah satu spot kuliner yang asyik dan tempat makannya keluarga dan anak muda karena dikemas secara gaul dengan suasana yang cozy banged.   Dalam catatan saya sudah lebih dari satu kali saya makan di Raja Uduk, terutama di "mabes" nya Raja Uduk yang berlokasi di Jl. Teuku Umar No. 76 Pontianak.

Menu yang saya dan anak anak pilih malam itu sebenarnya ingin mencoba Raja Uduk dengan varian Ayam Panggangnya yang terkenal dengan sebutan " Ayam Panggang Raja" itu.  Namun sayang sekali saat kami datang di Raja Uduk Sungai Raya Dalam Pontianak ini, varian nasi uduk dengan ayam panggang rajanya sudah ludes tidak bersisa. 

"Yang ada hanya ayam goreng saja pak" kata crew Raja Uduk yang berpakaian khas Melayu Teluk Belanga.  Saya pun mendiskusikannya dengan anak anak saya, dan akhirnya kami setuju untuk memesan nasi uduk dengan sajian Ayam Goreng sebanyak 2 porsi. Satu porsi nasi uduk sudah terdiri dari satu potong Ayam Goreng ukuran besar, satu cup nasi uduk , dan lalap lalapan.  Sedangkan sambal nasi uduk sudah tersaji di tiap meja lengkap garpu, sendok garpu dan juga kotak tisu.


AYAM GORENG :  Salah satu varian nasi uduk adalah Ayam Goreng nya yang berukuran cukup besar dan lalap lalapannya. Foto Asep Haryono
AYAM GORENG :  Salah satu varian nasi uduk adalah Ayam Goreng nya yang berukuran cukup besar dan lalap lalapannya. Foto Asep Haryono


ES KELAPA JERUK :  Salah satu minuman andalan Raja Uduk, Es Kelapa Jeruk, yang sangat digemari anak anak saya. Foto Asep Haryono
ES KELAPA JERUK :  Salah satu minuman andalan Raja Uduk, Es Kelapa Jeruk, yang sangat digemari anak anak saya. Foto Asep Haryono


 
 


Es Kelapa Jeruk
Salah satu minuman andalan Raja Uduk adalah Es Kelapa Jeruk. Porsi sedang membuat sajian minuman ini pas untuk perut anak anak, dan juga orang dewasa.  Kalau dari segi cita rasa memang relatif bagi setiap orang.  Namun menurut lidah saya, Es Kelapa Jeruk Raja Uduk ini memberikan sensasi kesegaran yang asyik banged.   Kelapa muda yang ada di dalam segelas Es Kelapa Jeruk ini benar benar bertekstur lembut, dan bukan sembarang Kelapa Muda.

Biasanya yang namanya Es Kelapa Muda (dengan atau tanpa tambahan Susu, Jeruk dan lain sebagainya-red) yang biasa dibeli di pinggir pinggir jalan adalah Kelapa yang tidak muda yang teksturnya keras, dan agak sulit untuk mengunyahnya. 

Bukan karena tidak punya gigi tapi memang tekstur Kelapa Muda nya yang sebenarnya Kelapa tidak muda.  Kalau sudah begini namanya bukan Es Kelapa Muda donk.  Lalu penggunaan pemanis tambahan berbentuk air gula juga dirasakan kadang berlebihan. Kelebihan Glukosa pada minuman yang kita konsumsi setiap hari juga tidak baik untuk kesehatan karena berpotensi mengundang penyakit diabetes.

Itulah mengapa saya mengatakan untuk lidah saya, sajian Es Kelapa Jeruk yang disajikan oleh Raja Uduk yang berlokasi di  Jl. Sungai Raya Dalam C3-4 Pontianak ini benar benar Es Kelapa Muda.  Jadi kalau digabungkan kalimatnya secara sepihak oleh saya, maka sebutannya Es Kelapa Muda Jeruk. Hehehe. Karena ada campuran air jeruk di dalam Es Kelapa Muda nya. Jadilah sebutannya adalah Es Kelapa Muda yang ditambah dengan air jeruk. Jadinya sensasi manis asam asin gitu deh.  Seru dan eksotis dilidah saya.

Untuk harga? Jangan kuatir. Harga harga yang disajikan di Raja Uduk Sungai Raya Dalam ini terjangkau oleh setiap keluarga.  Untuk menu yang saya dan kedua anak anak saya santap keseluruhannya berjumlah sekitar Rp.96.000,- (Sembilan Puluh Enam Ribu Rupiah) untuk 2 porsi nasi uduk, dan 3 gelas Air Kelapa Jeruk.  Terjangkau bukan?.

SENANG : Lihatlah kedua anak saya Tazkia Putri (kiri) dan abangnya Mas Abbie Furqan (kanan) begitu senang makan malam di Raja Uduk. Seru kata mereka.  Foto Asep Haryono
SENANG : Lihatlah kedua anak saya Tazkia Putri (kiri) dan abangnya Mas Abbie Furqan (kanan) begitu senang makan malam di Raja Uduk. Seru kata mereka.  Foto Asep Haryono
Raja Uduk ini digawangi oleh si empunya yang bernama  Mas Rizal Kurniadi, yang rupanya beliau alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) saat memberikan pencerahannya dalam Kelas Akademi Berbagi Pontianak dengan tema berbisnis bagi anak muda Pontianak di Lantai 5 Graha Pena Pontianak Post sekitar tahun 2014 yang lalu.

Raja Uduk Jalan Sungai Raya Dalam yang mempunyai tagar " the best nasi uduk in town" ini juga menyediakan menu lainnya yang tidak kalah mengundang selera : 
Sop Tulang Raja, Raja Iga Bakar , Bakwan Jagung, Kol Goreng, Nasi Beras Merah Kampung Kamek, Tempe Penyet , Nasi Uduk Pasung, Tahu tempe bacem, Es Serbat, Teh Eksotis dan Ayam Penyet Dower. Ah jadi ingin ke Raja Uduk lagi deh.   (Asep Haryono)


No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog