Jual Milagros disini


Dampak Buruk Tidak Menggunakan Google Analytics

Catatan Asep Haryono

Banyak manfaat yang bisa kita peroleh jika kita menggunakan Google Anaytlics untuk website atau blog. Salah satu manfaat yang terbesar adalah para pengelola website atau pemilik blog bisa dengan mudah menganalisasi perfomance dari website atau blog yang dikelolanya. 

Berbagai kemudahan yang ditawarkan dalam statistik Google Analytics juga sangat mudah dicerna dan dipahami bahkan oleh orang yang awam dengan Algoritma Google sekalipun. Walaupun dalam statistiknya menggunakan Bahasa Inggris namun diyakini sebagian besar user memahami pengertian dasarnya.

Apa saja manfaat dari penggunaan informasi yang ditampikan dalam Google Analytics juga sangat banyak. Mungkin pada kesempatan lain penulis akan coba memaparkannya dengan bahasan yang lebih lengkap dan memadai. Namun pada kesempatan yang mulia ini, perkenankanlah penulis menyampaikan hal hal atau keburukan apa saja jika Google Analytics tidak digunakan oleh par pemilik atau pengelola website atau blog.

Googe Analytics Ilustrasi.  Designed by Asep Haryono
Googe Analytics Ilustrasi.  Designed by Asep Haryono
 


Dampak Buruk Track Code Google Analytics 
Beberapa manfaat dari data yang ditampilkan dalam Google Analytics itu terbagi bagi dalam beberapa katagori mulai dari statistik pengguna itu sendiri, statistik berdasarkan traffic, statistik berdasarkan jangkauan , statistik berdasarkan dari sisi pengunjung (behavior) itu sendiri.   Untuk memahaminya penulis sarankan agar para pemilik dan pengelola blog mendaftarkannya terlebih dahulu dalam Google Analytics baru kemudian memasangkan tracking code yang berupa huruf dengan angka (misal  UT-8193933-1) dalam HTML atau meta di blog dan website anda

Jika pemasangan kode penjejak (tracking code) 
Google Analytics benar maka akan mudah bagi blog atau website anda menerima data (receiving data) yang berubah rubah setiap menitnya.  Nah bagaimana jika anda tidak menggunakan data data keren Google Analytics pada Blog dan website anda?  Berikut ini adalah contoh dampak buruk atau kerugian jika sahabat tidak memanfaatkan data data dalam Google Analytic nya.

  1. Tidak mengetahui Data Pengunjung. Ini sudah jelas.  Dengan tidak menggunakan data data dari Google Analytics jelas anda sudah banyak ketinggalan data data penting dari karakter pengunjung. Dalam statistik report di dashboard Google Analytics jelas terpampang karakter dasar dari pengunjung blog atau website anda misalnya dari sisi usia para pengunjung apakah dari usia muda atau usia yang sudah lanjut, data dari moda yang dipakai apakah dari Mobile, Desktop, atau perangkat Gadget (gawai) lainnya, dan masih banyak lagi
  2. Tidak Mengetahui karakter Blog /website anda sendiri.  Hal kerugian lain adalah anda tidak mengetahui "jati diri" siapa sesungguhnya blog atau website anda.  Anda tidak mengetahui halaman halaman website atau blog anda yang mana saja yang paling ramai dikunjungi, berapa lama para pengunjung itu "mampir" di blog atau website anda.  Anda tidak mengetahui dari mana saja para pengunjung itu datang "menghampiri" blog atau website anda? Dari mana mereka? Dari Negara mana saja? Bahkan jumlah page view pun anda tidak tahu.

Jika anda serius mengelola website atau Blog anda secara profesional,maka jadilah seorang administrator yang profesional juga. Dalam arti anda mengetahui siapa sesungguhnya anda.  Andalah Web Master atau BLog Master dan pengelola website atau blog yang profesional.  Anda tau persis siapa sesungguhnya para pengunjung website atau blog anda.  Dengan memanfaatkan data data dari Google Analytics anda bisa merencanakan sajian utama atau konten konten yang sesuai dengan keinginan para pengunjung (visitor) blog atau website anda.   Pahamilah dari sisi pengguna atau pengunjung website atau blog anda.  (Asep Haryono).

No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog