Jual Milagros disini

Ingin Ikut Seleksi Program CCP FULLBRIGHT

AMERIKA : Berfoto dengan Bendera Amerika Serikat saat berkunjung ke American Corner (AMCOR).  Foto Istimewa
AMERIKA : Berfoto dengan Bendera Amerika Serikat saat berkunjung ke American Corner (AMCOR) di Universitas Tanjungpura Pontianak bulan September 2014 yang lalu.  Foto Istimewa

Catatan Asep Haryono

Ada yang belum tahu apa itu CCCP Fullbright?  CCIP adalah singkatan dari Community College Initiative Program yang kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia secara bebas adalah prakarsa Program Pra Masuk Ke Perguruan Tinggi.  Mohon saya dikoreksi jika terjemahan ini tidak sesuai. Nah program ini untuk studi selama 1 (satu) tahun di Amerika Serikat dimana semuanya ditanggung oleh Pemerintah Amerika Serikat melalui AMINEF sebagau organizer nya.
Pada prinsipnya program Community College Initiative Program (CCIP) ini menyediakan sebuah program sekualitas akademik di beberapa Perguruan Tinggi di Amerika Serikat yang dimaksudkan untuk membangun ketrampilan teknis, memperkaya kemampuan kepemimpinan , dan sekaligus memperkuat kemampuan Bahasa Inggris. Program ini juga menyediakan kesempatan bagi mereka diterima untuk juga terlibat dalam kegiatan magang,  community engagement (kegiatan kemasyarakatan), pelayanan masyarakat dan aktifitas sosial di negara setempat.

Bagi anda yang lolos seleksi berhak menempuh studi Non Gelar selama 1 tahun perkulaiah di kampus yang ditunjuk oleh penyelenggara beasiswa AMINEF di Amerika Serikat , dan mungkin berhak mendapatkan surat keterangan atau semacam sertifikat telah mengikuti kegiatan program.  Sekembalinya dari program CCIP ini, para alumni diminta segera kembali pulang ke negara asalnya untuk mendedikasikan dan mengimplementasikan ilmu dan pengalaman yang diperolehnya selama mengikuti program CCIP di negara asalnya


CCIP adalah program beasiswa non-degree (non gelar) yang memprioritaskan para lulusan SMU , dan program ini tidak berlaku bagi mereka yang sudah mempunyai Gelar Akademik setingkat S2 ke atas.  Tidak ada batasan usia jika mengikuti program ini. Salah satu syarat utama untuk bisa eligible (layak) diterima adalah pengalaman kerja minimal 1 (satu) tahun di bidang yang akan ditempuhnya.

Bidang studi atau jurusan yang dibuka adalah agriculture, applied engineering, business management and administration, early childhood education, information technology, media, public safety, dan tourism and hospitality management.  Para pelamar harus memiliki ijasah SMU , kemampuan Bahasa Inggris yang standar, dan memiliki minat untuk meningkatkan kemahirannya dalam bahasa Inggris. Selain itu juga harus memiliki sebuah komitmen untuk berjuang dalam bidang yang dipilihnya serta memiliki keinginan untuk membangun ketrampilan profesional dan kepemimpinan yang bisa memberikan sumbangsih terhadap pembangunan di negara asalnya.

Saya sudah pernah ikut tes CCIP ini sekitar 3 atau 4 tahun yang lalu, dan dinyatakan tidak layak diperjuangkan (not eligible).  Hal ini dikarenakan banyak persyaratan administratif yang belum dapat saya lampirkan saat apply saat itu misalnya sertifikat kemahiran bahasa yang dipersyaratkan seperti ITP TOEFL atau IELTS Sederajat, dan beberapa pertanyaan ESSAY dalam formulirnya yang bisa jadi masih kurang baik dari segi tata bahasa (grammar) maupun konteksnya.

Insya Allah saya akan ikut seleksi pr
ogram Community College Initiative Program (CCIP) yang saya dengar akan dibuka pada bulan Februari 2018 mendatang.  Persiapan Insya Allah jauh lebih baik dari sebelumnya. Mohon doa dari sahabat blogger dan para pengunjung blog setia saya semuanya. Aaminn Ya Rabbal Alamin. I love America in every way. (Asep Haryono)





No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog