Jual Milagros disini

zhakilanews blogspot co id Memuat Tulisan Saya

Catatan Asep Haryono

Baru saja saya melihat lihat dashboard blog saya dan iseng iseng saya mencek artikel saya melalui mesin pencari google dan mendapati sebuah blog yang bernama zhakilanews memuat 3 buah tulisan saya secara utuh tanpa ada pengurangan atau edit sedikitpun.  

zhakilanews blogspot co id Memuat Tulisan Saya. Adapun 3 (tiga) buah artikel atau tulisan saya yang dimuat secara utuh oleh blog tersebut yaitu :
  1. Dedek Ayra Menderita Penyakit SEPSIS (Virus Dalam Darah) Butuh Bantuan
  2. Kang Nano, Penjual Bendera Keliling. "Ditipu, Dipukuli sampai Disangka Sudah Meninggal"Keliling. 
  3. Ingin Sekali Berangkat Umrah
Untuk lebih jelasnya saya akan cantumkan di bawah ini screenshot nya agar jelas terlihat

Tampilan blog Zhakilanews. Yang mau mampir silahkan kli saja di blog nya ya, Saya sudah tambahkan back link juga kepada dia.
Tampilan blog Zhakilanews. Yang mau mampir silahkan kli saja di blog nya ya, Saya sudah tambahkan back link juga kepada dia.  


Plagiarisme Atau Bantu Promosi
Apa sebenarnya yang telah saya alami sekarang ini pada prinsipnya saya tidak ada masalah. Sebagian blogger akan terbakar emosinya begitu mengetahui artiekl atau tulisan yang dibuatnya itu dicontek mentah mentah tanpa ada edit sedikitpun.   Apa sebenarnya yang dimaksud dengan plagiat itu?  Dalam wikipedia disebutkan bahwa ".. Plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain".

Tapi setelah saya amati blog tersebut tetap mencantumkan nama saya selaku penulis (writer) dan juga mencantumkan back link nya yang merngarah kepada blog saya. Ini jelas saya lihat dari dashboard Googe Analytic saya yang tercetak traffic source berasal dari blog zhakilanews ini. Saya tidak melihat (kasus) ini sebagai penjiplakan atau plagiarisme.

Saya menganggap yang bersangkutan hanya untuk "memperkaya" perbendaharaan artikel atau tilisan di blognya dengan mengambil utuh tulisan dari penulis lain namun tetap menghormati hak cipta penulis aselinya. Sayang sekali saat saya telusuri halaman demi halaman blog zhakilanews  tidak tercantum halaman "about me" atau "contact us"  Tidak ada halaman "tentang saya" dan "hubungi kami".

Tidak ada nama dan susah untuk dihubungi. Siapakah pemilik blogzhakilanews ini?   Saya justru berterima kasih sudah berkenan mencantumkan artikel dan atau tulisan saya di blognya dengan tetap menjunjung tinggi kaidah jurnalistik yakni mencantumkan sumber dan link aseli darimana artikel tersebut diambil atau dikutip. Selain itu juga blog ini relatif masih baru.  Beberapa link yang  tersedia saat saya tinjau antara lain 
 Home, About, Artis , Terkini , Berita, Islami , International dan Unik. Banyak halaman yang masih kosong alias belum ada isinya sama sekali.  Mengapa tidak diteruskan? Ayo. Bentuk atau templatenya sudah bagus loh.  Keren

Watermark Pada Foto
Salah satu hikmah yang dapat saya ambil dari kejadian ini adalah betapa pentingnya memberi sign (tanda) hasil foto yang dibuat dengan kamera dan jepretan sendiri.  Ini menyangkut hak cipta tentunya. Namun bagi sebagian orang tidak ada masalah bahkan jika foto hasil jepretannya diunggah dan diposting oleh orang lain justru dia malah bangga fotonya ikut dipromosikan oleh pihak ke III.  Banyak blogger yang ikhlas foto jepretan miliknya dipake orang lain bahkan diakui sebagai miliknya seperti blog Djangkaru Bumi ini. 

" Kalau photo di blog saya tidak saya kasih watermark, karena saya ihklas berbagi. Dan seandainya ada yang mengaku itu miliknya, sayapun juga tidak apa apa" kata kang Djangkaru Bumi.

Hanya saja (pencantumkan) itu akan menjadi masalah jika diakui sebagai foto hasil jepretannya. Jika ini terjadi maka aktifitas yang dilakukan orang itu termasuk dalam katagori penjiplakan atau plagiat. Tinggal reaksi si pemilik hak cipta itu apakah mau ditindaklanjuti dengan pelaporan penjiplakan atau tidak terpulang kepada si pemilik hak cipta foto itu sendiri.

Mungkin sebaiknya jika ada foto yang dicantumkan untuk melengkapi artikel yang anda tulis sendiri itu akan dipublikasikan ke sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Blog agar dibuat tanda semacam watermark dengan nama anda sendiri dan atau nama alamat website blog anda di bagian  tengah foto.  Memang pemirsa atau pembaca akan "terganggu" karena ada tulisan di tengah foto tapi itu penting karena hak cipta orang fotonya.  Dengan demikian foto itu sudah bukti otentik dengan watermark di dalamnya yang tidak bisa diutak atik oleh pihak ke III.  

Tapi setelah saya amati blog tersebut tetap mencantumkan nama saya selaku dan juga mencantumkan back linknya yang merngarah kepada blog saya. Ini jekas saya lihat dari dashboard Google Analytic saya yang tercetak traffic source berasal dari blog zhakilanews ini.  

Saya justru berterima kasih kepada pemilik 
blog zhakilanews sudah berkenan mencantumkan artikel dan atau tulisan saya di blognya dengan tetap menjunjung tinggi kaidah jurnalistik yakni mencantumkan sumber dan link aseli darimana artikel tersebut diambil atau dikutip. Saran saya agar pemilik blog zhakilanews lebih rajin lagi menulis artikel atau tulisan karya sendiri. Ada kepuasan tersendiri jika artikel buat sendiri itu bisa bermanfaat bagi para pembacanya..     (Asep Haryono)

6 comments:

  1. Copas atau plagiat biasanya dipakai oleh blogger pemula yang sedang belajar.

    ReplyDelete
  2. Saya salut, masih ada blogger yang mau menghormati hak karya intelektual orang lain. Kalau photo di blog saya tidak saya kasih watermark, karena saya ihklas berbagi. Dan seandainya ada yang mengaku itu miliknya, sayapun juga tidak apa apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Djangkaru Bumi : Iya bener sekali. Terima kasih sudah mampir di mari ya kang. Ini saya kasihkan 1 back link Sodaqah dari saya untuk kang Djangkaru Bumi hiheiheie

      Delete
  3. masih mending yg dijiplak cm beberapa artikel, suhu. blog saya dijiplak lebih dari 40 artikel, bahkan artikel pribadi ttg anak-anak saya pun dijiplak juga. yg lebih geregetan, ada beberapa artikelnya berada diatas posisi artikel saya pas di search engine google. tidak ada link sumber yg dipasang menuju blog saya. hanya saja link yang saya sisipkan di kalimatnya (menuju blog saya) masih ada karena sang plagiator langsung copy-paste artikel saya.. kalau gitu kan jadi gemes. ada beberapa artikel yg sudah saya laporkan ke google dan sudah dihapus dari pencarian tp masih banyak artikel yg belum saya laporkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmma iya turut prihatin juga kalau begini. Hmmm

      Delete

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog