Jual Milagros disini

Dealer Toyota Pontianak

Tips Aman Menggunakan Email

Add caption

Tips Aman Menggunakan Email .Aktifitas di dunia maya memang mengasyikkan sekal dan disukai hampir di semua tingkatan usia mulai dari anak anak usia sekolah hingga dewasa. Berselancar di dunia maya atau biasa dikenal dengan aktifitas browsing baik menggunakan perangkat gadget atau Personal Computer makin digemari banyak anak muda generasi Y.  Sudah mendengar apa yang dimaksud dengan generasi Y?

Apa itu Generasi "Y"? Femina mendefinisikan sebagai "generasi yang tumbuh di tengah hiruk pikuknya perkembangan teknologi wireless. Paparan teknologi juga memengaruhi kepekaan gen Y terhadap perubahan. 
Mereka tidak takut perubahan, namun sering kali tak sabar melalui proses menuju perubahan itu. Mereka adalah generasi yang akrab dengan internet dan sangat aktif dalam media jejaring sosial. Gen Y dikenal sebagai generasi yang egosentris, berpusat pada diri sendiri dan senang unjuk diri. Majalah Time menyebut generasi ini sebagai ‘me me me generation’.

Salah satu aktifitas yang paling sering dilakukan orang di era digital sekarang ini adalah mengirim surat elektronik atau electronic mail.  
Tips Aman Menggunakan Email dapat dilakukan dengan relatif mudah antara lain :
  1. Niat harus ikhlas.  Memang secara teknologi tips nomor 1 ini tidak masuk akal karena nyeleneh, tapi bagi saya ini penting dan oleh karenannya saya tempat di nomor 1 sebagai Tips Aman Menggunakan Email : Niat harus Ikhlas, suci dalam debu kalau kata penyanyi fave Malaysia saya Saleem Iklim.  Membaca doa terlebih dahulu sesuai dengan agama dan keyakinan masing masing, bersihkan hati agar dalam mengirim email diberikan kemudahan dan dijauhi dari kesulitan.  Aminnn.
  2. Jangan Lupa Sign Out atau Log Out.  Ibarat anda di rumah, anda pasti menutup pintu dan jendela rapat rapat dan menguncinya agar pencuri tidak masuk ke dalam rumah anda Begitupula saat anda akan pergi meninggalkan rumah tentu akan melakukan hal yang sama.  Aktifitas mengirim email juga begitu.  Setelah anda membuka email untuk urusan apa pum (membaca inbox, mengirim pesan baru atau sekedar membaca isi email dan lain sebagainya) jangan lupa sign out atau log out sebagai tanda anda "mengunci" rumah maya anda sendiri..  Janhan meninggalkan komputer anda sebelum benar benar "keluar" dari aktifitas internet anda. Lakukan Sign out atau Log Out akun akun sosial media anda. 
  3. Password Unik.  Gunakan password yang tidak mudah ditebak orang. Hindari menggunakan password yang mudah diterka orang misalnya nama anggota keluarga , nama Zodiak atau bintang, Kota Lahir, alamat rumah , tahun kelahiran, nama hewan kesayangan, nama selingkuhan (opps), dan masih banyak lagi lainnya.  Kombinasi angka dan huruf disertai dengan karakter khusus akan menyulitkan para hacker atau siapa saja dalam menembus password email anda.   Bagaimana kalau ada punya email lebih dari satu , apakah harus menggunakan password yang sama atau yang sulit?  Ada yang tau jawaban pertanyaan ini?  Silahkan tambahkan di kolom komen atau mengirimkan email kepada saya.
  4. Jangan Menulis Password.  Maksudnya di sini adalah hindari menuliskan password dalam format word atau Notepad dan menyimpannya di hardisk dalam Laptop atau PC anda karena berpotensi akan dicuri oleh peretas atau hacker.  Juga jangan memberitahukan password anda kepda orang lain karena rawan penyalahgunaan atau abouse of power.  Bagaimana jika anda sendiri yang lupa apa password email anda? Mudah saja. Klik saja tombol Forget Password dan ikuti semua petunjuk yang ada di sana  
  5. Bersihkan cache atau Clear History.   Untuk menghindari terjadi duplikasi password olleh orang yang tidak bertanggung jawab adalah dengan cara membersihkan "riwayat pengayaan' atau klik saja Clear History.   Jika ini dilakukan maka semua "jejak" atau log dari kunjungan kunjungan  yang sudah terekam otomatis oleh google, secara bertahap akan diganti atau dihaouskan.  Orang tidak akan mengetahui halaman situs apa yang baru saja digunakan oleh orang sebelumnya

1 comment:

  1. Aku termasuk generasi y nih kalau begitu

    ReplyDelete

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog