Jual Milagros disini


Dedy Penjual Siomay Keliling. “Mau Kerja Apa Aja Asal Bisa Makan”

JUALAN : Kang Dedy saat menggelar jualannya melayani pelanggan setianya (28/8).  Foto Asep Haryono
JUALAN : Kang Dedy saat menggelar jualannya melayani pelanggan setianya (28/8).  Foto Asep Haryono

Reportase Asep Haryono

“Silahkan den mau beli berapa” kata Dedy , seorang penjual Siomay Keliling yang kemarin sore (28/8) berhasil saya saat melintasi kawasan komplek Perumahan Duta Bandara Permai Jalan Supadio Kubu Raya. Lelaki muda berperawakan sedang ini menjajakan dagangannya dari satu komple ke komplek yang lain. Sambil meracik siomay pesanan pelanggannya yang kebanyakan dari anak anak ini, Kang Dedy, pun menceritakan pengalaman hidupnya selama merantau di Kalimantan Barat ini

“Saya pertama kali datang ke Kalimantan Barat ini sejak tahun 2015 yang lalu bersama sama dengan teman teman juga ke sini (Kalimantan Barat-red), diajak sama bos, tadi awalnya sih dagang sol sepatu ada juga yang jualan Rujak petis pokoknya macam macamlah usaha” katanya membuka percakapannya.

Dedy meninggalkan seorang istri dan seorang anaknya di kampung halamannya di Bandung (Jawa Barat) karena merantau di Kalimantan Barat. Dipilihnya kota Pontianak karena menurutnya kotanya cukup terkenal kata kawan kawannya sehingga dia pun tertarik untuk mencoba cari peruntungan bisnis di kota Khatulistiwa ini. Bersama dengan beberapa rekan rekannya mereka pun memutuskan untuk merantau bersama seorang toke yang mengajak Dedu dedy dan kawan kawannya untuk bekerja padanya di Kota Pontianak.

“Naik kapal laut belum pernah sebelumnya naik Kapal Laut sebesar itu dan rasanya enak juga banyak angin, dan Pontianak juga panas hawanya tidak seperti di Bandung” kata Dedy

“Pertama ke Pontianak sih berjualan bendera itu tuh saat Kemerdekaan 17 Agustusan memang masuiman sih tapi lumayan juga untungnya dari Bos” kata Dedy. Untuk musim bendera emang ramainya di Bulan Agustus tepat di hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia, dan untuk tahun 2016 kemarin Dedy mengalami kerugian karena tidak semua bendera yang dijual milik TOKE nya tu laku terjual. Tahun 2018 ini Dedy mencoba peruntungan laind dengan berjualan Siomay Bandung seperti yang dikerjaannya sekarang.

Dedy meraup untung yang lumayan dari keutnungannya menjual Siomay milik bos nya yang baru. “Enaknya nih kalau laku ataupun tidak laku, gaji tetap dibayar penuh” kata Dedy

Dari hasil kentungannya menjual Siomay. Dedy mengaku bisa mengiri uang untuk anak dan istrinya di Bandung. “Alhamdulilah, than lalu sempat mudik ke Bandung, dan sekarang balik lagi ke sini kerja lagi jualan (siomay) ini” kata Dedy.

Dedy punya prinsip kerja apa saja asal bisa makan dan mengirim uang kepada keluarganya di Bandung namun demikian Dedy masih mempunyai mimpi indah bisa bekerja di kampong Halamannya saja agar bisa dekat dengan keluarganya. “Anak saya yang perempuan suka nanya sayah kemana, dan itu lah saya mau balik ke kampong lagi biar dekat sama anak perempuan saya satu satunya, mungkin mau buka usa fotokopi atau jualan baju di pasar dekat rumah saya di kampong” kata Dedy. (Asep)    



No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog