Jual Milagros disini

Indonesia Jumpa Malasia Di Final Sepakbola SEAgames 2017

Maskot SEAgames 2017.  Gambar dari Internet
Maskot SEAgames 2017.  Gambar dari Internet

Catatan Asep Haryono

Seperti yang sudah diduga masyarakat Indonesia dalam pertandingan final cabang sepakbola SEAgames 2017 Indonesia akan berhadapan dengan "musuh abadi" Malaysian.  Sepertinya hal yang biasa saja jika ada dua tim negara berhadapan dalam sebuah pertandingan final dalam cabang olag raga manapun di level apa pun.

Namu yang menarik di sini adalah final sepakbola SEAgames 2017 ini mempertemukan Indonesia dengan tuan rumah Malaysia yang pernah sempat ramai diperbincangkan karena kasus insiden pemasangan bendera Republik Indonesia yang terpasang terbalik dalam buku panduan SEAgames 2017 yang kontroversial.  Saya tidak membahas masalah insiden bendera ini.

Namun yang menarik di sini adalah pertandingan final sepakbola SEAgames 2017 ini finalnya tuan rumah dengan "seteru abadi" nya Indonesia. Di bahas dari sisi manapun "pasti kena" jika itu disangkut pautkan dengan negeri jiran Malaysia. Sebagai warga negara Indonesia, tentu bangga dong jika membela negaranya di forum manapun termasuk di cyber world, para dedemit maya bergentayangan. Jelas saya mendukung tim sepakbola Indonesia, karena saya orang Indonesia.  

Akankan terjadi "psy war" sebelum pertandingan final Sepakbola SEAGames 2017 Indonesia kontra Malaysia ini?  Akan kah akan ada pertandingan keras atau kasar dalam pertandingan nanti? Akankah akan ada kecurangan terstuktur dalam final match nanti?  Masih banyak lagi dugaan dugaan akan apa yang akan terjadi jika menonton laga final Sepakbola di pesta akbar SEAgames 2017 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia ini.


Jika menduga akan terjadi keributan dan kecurangan dalam pertandingan laga final Sepakbola SEAgames Indonesia dan Malaysia ini mungkin berlebihan namun bukan berarti kita tidak waspada akan kecenderungan (kecurangan) itu akan terjadi lagi   Bahka Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi pun, seperti yang ditulis dalam DETIK COM, juga mewanti-wanti agar para pemain timnas Indonesia sebisa mungkin dapat menjaga sikap dan emosi saat menghadapi Malaysia  pada pertandingan laga final Sepakbola SEAgames 2017 nanti.  

Tim 
Indonesia akhirnya bisa lolos ke babak semifinal sebagai runner-up Grup B usai mengalahkan Kamboja dengan skor cukup meyakinkan. Olah Raga tetaplah Olah Raga.  Jangan dicampur adukkan dengan masalah yang bukan domainnya olah raga apa pun bentuknya, apalagi dikaitkan dengan Politik. Olah Raga adalah menjaga sportivitas dan setia kawan dan persahabatan. Akankah laga Sepakbila final ini bisa mengikuti kesuksesan tim Bulutangkis Indonesia yang berhasil  meraih medali emas bulutangkis beregu putra SEA Games setelah menang telak 3-0 atas Malaysia di babak final?.(Asep Haryono)   



No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog