Jual Milagros disini

Dealer Toyota Pontianak

Tips Praktis Membuat Website Sederhana Berbasis Blogspot

Oleh Asep Haryono

Di era serba digital sekarang ini pengguna memiliki sebuah website adalaj sebuah privellege aau keistimewaan. Betapa tidak, selain dianggap sudah gaul, mereka yang memiliki website sendiri dianggai kelompok educated peope walaupun hal ini masih perlu didiskusikan kembali. Setidaknya orang perlu belajar dasar terlebih dahulu untuk bisa sampai ke tahap memiliki sebuah website. Tidak sekedar mengikuti trend, pemilik website di Indonesia bermunculan setiap menit bahkan detik.

Pengguna internet yang besar jumlahnya di Indonesiaan merupakan potensi pasar yang menjanjikan baik untuk keperluan bisnis, politik, perdagangan hingga pribadi. Yang menjadi pertanyaan mendasar adalah “Bagaimana cara membuat sebuah website?”.

Bagi mereka yang pakar tentu tidak akan kesulitan , bagaimana mereka yang awam dan belum tau seluk beluk pembangunan sebuah website, saya mencoba memberikan terobosan dengan cara “menyiasati” platform gratisan Blogspot sebagai hosting untuk menghasilkan sebuah website sederhana namun memiliki fitur yang standar website professional.

Kini siapa saja sudah boleh tampil online dengan sebuah website sederhana namun mumpuni. Adakah yang seperti itu? Berapa biaya yang diperlukan? Bagaimana mengoperasikannya bagi mereka yang sangat minim kemampuan teknologinya Siapa pun, dari mana pun, kini sudah bisa membuat sebuah website sederhana berbasis blog. Berikut ini adalah tips praktis membuat website sederhana berbasis platform blog.
BLOG ALA WEBSITE :  Apa kesan setelah meiihat website ini? Padahal ini blogpost atau blog namun lebih mirip website professional.
BLOG ALA WEBSITE :  Apa kesan setelah meiihat website ini? Padahal ini blogpost atau blog namun lebih mirip website professional.

Pertama. Blogspot Sebagai Hosting
Mengapa harus Blogspot? Sepanjang pengalaman saya dalam dunia blogging dari tahun 2005, saya merasakan platform blogspot atau Blogger merupakan salah satu platform yang paling mudah pengoperasiannya bahkan untuk pemula sekalipun. Dengan fitur bahasa Indonesia yang juga tersedia semakin memudahkan orang untuk bisa membuat, merancang hingga mengisi konten dari blognya sendiri.

Selain pengoperasiannya yang relative jauh lebih sederhana daripada “saudara” nya sepeti Wordpress, fitur fitur dalam panel control atau dashboard Blogspot relative mudah untuk dipelajari. Salah satu keunggulan dari platform Blogspot adalah bentuk fisik atau theme nya bisa diubah sesukak hati sesuai dengan template yang pilih.




Hal yang mendukung lainnya adalah platform Blogspot ini difungsikan sebagai “hosting” dengan daya tamping yang cukup besar dengan biaya per bulan NOL rupiah. Tida ada sewa menyewa hosting dengan bandwithnya di platform ini Sebagai perbandingan jika kita menggunakan platform berbayar seperti rumahweb , sewa hosting untuk kapasitas 500 GB setahun bisa mencapai 350 ribu rupiah per tahun. Jadi menggunakan platform Blogspot sebagai HOSTING dianggap efektif dan efisien

Kedua, Gunakan Domain Berbayar Rumahweb
Mengapa Rumah Web?  Namun pertanyaan yang utama adalah mengapa harus menggunakan DOMAIN berbayar?  Well saya coba menjelaskan.  Nama Domain itu ada berbagai macam bisa dot, org, or.id dan masih banyak lagi. Anda tidak akan disebu memiliki sebuah situs website jika tidak memiliki domain sendiri. Ibarat alamat rumah , maka domain atau nama sebuah domain akan menuntun anda mencapai alamat rumah anda di internet.

Lalu mengapa Rumah Web?
Bebas saja mau dimana, namun saya sudah terbiasa menjadi pelanggan dari rumah web yang berbasis di Jogjakarta ini. "Website Beken berawal dari Domain Keren" kata slogan Rumah Web ini.  


Rumah web adalah sebuah perusahan sewa hosting dan domain di Jogjakarta yang sudah beroperasi sejak tahun 2002 dan sejauh ini sudah lebih dari 130.000 alamat doman yang sudah registered (terdaftar) di kantor Rumah Web yang berbasis di daerah Monumen Jogja Kembali (Monjali) itu.  Saya sendiri pernah berkunjung di markas Rumah Web itu pada tanggal 4 Agustus 2013 yang lalu.  Berita selengkapnya  kunjungan saya di markas rumah web bisa dibaca di sni.

Rumah Web berfungsi sebagai
 Accredited Registrar yang bonafide dan kredibel dan sudah mengantongi sertifikasi hasil audit untuk memastikan layanan terbaik bagi pelanggannya agar sesuai dengan standard industri. Kemudian pada tahun 2012 Rumah Web ini menjadi salah satu Registrar PANDI yang mengkhususkan diri sebagai penyelenggara domain Indonesia (ID).  Sebagai user yang cukup pengalaman sebagai konsumen Rumah Web, saya merekomendasikan anda untuk hanya menggunakan Rumah Web untuk pendafgtaran domain dan hosting website anda.

Ketiga, Biaya Bisa Ditekan Serendah Mungkin
Ada yang pernah menggunakan jasa desain website?  Harga pasaran untuk sebuah website berbentuk company profile 5 Halaman (about us, method of payment, product, contact us, dan form) bisa mencapai lebih dari 3 juta rupiah belum lagi biaya biaya pemeliharaan dan mainenance nya yang tidak murah. Sistim yang digunakan bisa menggunakan CMS (Content Management System) seperti PHP , Drupal , ASP , Joomla dan masih banyak lagi lainnya.

Semuanya menggunakan scripting dengan coding yang rumit.  Walaupun template sudah tersedia, namun kepiawaian dasar dasar coding minimal HTML harus anda kuasai.  Apakah anda mau memilih sistim ini?  Saya tidak berminat dalam ukuran tertentu misalnya kepraktisan.

Dengan menggunakan Blogspot sebagai Hosting murah meriah namun bukan murahan.  Ada banyak fitut fitur standar website professional ada di dashboard atau control panel Blogspot ini.   Dengan template yang sesuai dan domain berbayar yang sesuai dengan keinginan anda, maka anda boleh bolehlah sudah in action di dunia maya dan tercatat sebagai pemilik sebuah website padahal basicnya adalah sebuah blog.

Namun denga domain berbayar, blog anda berubah menjadi sebuah website profesional.  Namun bagi yang sudah paham sistim infrastruktur sebuah webiste, maka website anda akan mudah dideteksi kalau milik anda adalah sebuah blogpost     Bagi saya tidak ada masalah.  Apa pun plaformnya baik yang menggunakan CMS canggih dengan platform gratisa semacam Blogspot, output yang dihasilkan tetaplah sebuah website.

Jadi kata siapa membuat sebuah website profesional itu mahal?  Dengan sistim sederhana ini siapa pun sudah  bisa menyebut dirinya sebagai pemilik sebuah website (Website owner).  Contohnya adalah website saya www.simplyasep.com yang tampak seperti website profesional dengan theme portal beritanya.  Padahal itu blogpost sebagai hostingnya, hanya saja berdomain bayar  

Catatan terakhirnya : Mengapa saya rekomendasikan anda untuk menyewa domain di rumah web karena memang banyak sekali kelebihan dan keunggulannya misalnya : 
Domain Management Panel, Managed DNS Service, Privacy Protection, Social Media Connect, Domain Locking Protection dan masih banyak lagi keunggulannya lainnya. Itulah sebabnya saya masih menggunakan jasa sewa domain dan hosting di RumahWeb dari tahun 2005 hingga sekarang. Kendali domain sepenuhnya ada ditangan Anda. Anda tertarik?  (Asep Haryono)



1 comment:

  1. ingin mencoba FREELANCE pertama kali? ini solusi nya!

    ReplyDelete

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog