Jual Milagros disini

Sampai Jumpa Lagi Perpustakaan Ku

Catatan Asep Haryono

KOLEKSI : Nyaris semua koleksi buku kami ini sudah siap dipacking untuk selanjutnya diwaqafkan kepada yang memerlukan. Foto Asep Haryono
KOLEKSI : Nyaris semua koleksi buku kami ini sudah siap dipacking untuk selanjutnya diwaqafkan kepada yang memerlukan. Foto Asep Haryono

KARDUS : Semuanya sudah siap diangkut kepada yang memerlukan. Waqaf buku buku dari kami. Foto Asep Haryono
KARDUS : Semuanya sudah siap diangkut kepada yang memerlukan. Waqaf buku buku dari kami. Foto Asep Haryono

Menjelang akhir Ramadhan 1438 Hijriah, koleksi buku buku yang ada di lemari perpustakaan di rumah dibongkar seluruhnya, kemudian diseleksi mana yang masih dipakai, dan mana  yang sudah saatnya disumbangkan.  Hasilnya sebagaian besar koleksi buku yang sudah kami kumpulkan selama bertahun tahun sudah saatnya disumbangkan.

Mau dikemanakan buku buku ini? Ada beberapa tempat yang sudah kami persiapkan sebagai "penerima" sumbangan buku koleksi perpustakaan kami ini. Salah satu diantara calon penerimanya adalah Masjid Kapal Munzalan Mubarakatan baik yang ada di AMPERA maupun yang berlokasi di Sungai Raya Dalam Pontianak.

Mengapa sih harus disumbangkan?
Ada 2 (dua) alasan utama mengapa buku buku koleksi perpustakaan kami sekeluaga di rumah ini harus segera di kosongkan, dan koleksinya disumbangkan atau diwaqafkan kepada mereka yang memerlukan antara lain :

  1. Buku Koleksi Edisi lawas.
    Koleksi buku buku yang ada pada kami, dalam perpustakaan pribadi kami dirumah sebagian besar adalah buku old fashion atau cetakan lama yang mungkin sudah tidak diproduksi lagi. Bukan barang antik. Namun demikian Buku tetaplah Buku.  Apa pun produksinya tetaplah buku adalah jendela dunia.  Jendela yang akan membuka mata dan wawasan para pembacanya bisa menjadi lebih bijaksana.  Idealisme kami memang seperti itu saat itu.
  2. Terbatasnya Ruang Penyimpanan.
    Rumah yang kami tempati ini memang kecil dan koleksi buku buku sudah semakin banyak.  Baik dari hasil membeli dari toko buku, sumbangan dari pihak lain, buku hadiah,.  Nyaris sudah tidak ada lagi ruang tersisa di gubuk kami yang mungil ini.  Mungkin kelak akan diadakan lagi perpustakaan pribadi di rumah namun sepertinya tidak sekarang, minimal tidak dalam waktu yang dekat. 


Para pembaca dan pengunjung yang saya cintai
Ecieeeeeee pake cinta segala oi

Kami (karena koleksi buku buku ini juga berasal dari koleksi kepunyaan sang istri-red), sungguh tidak merasa nyaman jika rasa "sayang" akan koleksi buku buku perpustakaan ini namun wujud dari rasa "sayang" itu tidak diwujudkan dengan seringnya membuka buka koleksi atau sekadar membacanya.   Saya sendiri mengakui frekuensi membaca buku koleksi perpustakaan pribadi di rumah sudah semakin jarang.  Mungkin sekarang sudah asyik dengan pemberitaan di media digital atau portal online?  Tidak juga.

Yang unik juga ada.  Pertama,  dari koleski buku buku yang akan kami sumbangkan ini (Insya Allah) memilki beberapa buku istimewa.  Mengapa saya sebut istimewa? Karena ada tanda tangan aseli si pengarang buku tersebut.

Sebagai contoh adalah buku yang berisi dan berjudul Life Excellent : Menuju Hidup Lebih Baik terbitan Gema Insani Press itu ditanda tangani langsung oleh pengarang bukunya Reza M Syarif.  Saya sendiri bertemu dengan beliau saat ada kegiatan keIslaman di Masjid Raya Mujahidin beberapa tahun yang lalu. Saya persembahkan bagi yang beruntung bisa menemukan buku itu dalam kardus kardus tersebut.

Kedua Buku yang berjudul "Menabur Angin Menuai Sukses" karangan Suhardimansyah, pendiri atau pemilik grup perusahaan Dangau corporation yang meliputi Dangau Hotel Resort and Restaurant, Restoran Randayan dan Dangau di Kubu Raya.

Nah buku yang berisi sejarah dan perjuangan yang tidak kenal lelah dari seorang Suhardimansyah yang telah sukses berbisnis kuliner yang dimulai usahanya dari NOL yaknii sebagai penjual nasi goreng pinggir jalan. Nah buku ini juga dibubuhi tanda tangan aseli dari pengarang bukunya. Silahkan dicari dari salah satu kardus buku yang sudah kami packing itu.   Rencana ke depannya Insya Allah saya akan menyusun ulang perpustakaan pribadi yang lebih fress dan update koleksi bukunya  Insya Allah mohon doanya ya.

Masjid Kapal Munzalan Mubaraktan AMPERA dan Sungai Raya Dalam sudah memberikan konfirmasinya kepada saya dan menyambut baik inisiasi ini, "Alhamdulillah berkah, boleh bang. Nanti djemput ke rumah abang untuk didistribusikan ke pondok pondok" kata Bapak H.Muhammad Nur Hasan.  Hal senada juga disampaikan oleh Waliz Munzalan AMPERA "Boleh pak untuk Masjid Munzalan AMPERA nanti kami usahakan lemari dulu biar jadi mini perpustakaan di masjid" kata Bang Waliz melalui saluran WA nya.

Semoga koleksi buku buku ini bermanfaat baik sebagai penambah wawasan pembacanya dan atau sebagai pelengkap perbendaharaan buku nya. Semoga ikhtiar ini  mendapat berkah dari Allah SWT.  Amin Ya Rabbal Alamin. (Asep Haryono)

   












No comments:

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog