Jual Milagros disini

Lebaran Digital

Tag : Opini - Asep Haryono | Lebaran Digital - Powered by Blogger
Catatan Asep Haryono

SILATURAHMI :  Bersilaturahmi dengan saling berkunjung satu sama lainnya lebih terasa kekeluargaannya.  Foto Asep Haryono
SILATURAHMI :  Bersilaturahmi dengan saling berkunjung satu sama lainnya lebih terasa kekeluargaannya.  Foto Asep Haryono

Ramadhan 1438 Hijriah memang sudah meninggalkan kita sejak beberapa hari yang lalu yang ditandai dengan Lebaran yang berlangsung selama bulan Syawal dalam penanggalan Hijriah atau bulan Juni dalam penanggalan Masehi.  Di Pontianak, ibukota provinsi Kalimantan Barat, tradisi merayakan Bulan Syawal lebaran berlangsung sebulan penuh.  Sebagian masyarakat Pontianak pada khususnya, dan daerah lainnya di seluruh Indonesia, momen momen berlebaran dimanfaatkan sebaik baiknya dengan bersilaturahmi dan bermaafan dengan sanak keluarga di tempat yang jauh.  

Ada yang langsung ke luar kota berlebaran atau mudik ke kampung halaman, atau dengan menggunakan media digital seperti kartu lebaran online, SMS , WA, BBM atau bahkan melalui jejaring sosial semacam Facebook, Twitter, Instagram dan banyak lagi lainnya.  Apa yang unik dan menarik dari maraknya penggunaan sosial media atau perangkat berbasis jaringan internet untuk bersilaturahmi atay lebaran digital yang sedang marak saat ini.   

Lebih Praktis Dan Cepat
Salah satu manfaat dari penggunaan perangkat canggih seperti telepon pintar ata Smartphone adalah tingkat kepraktisan dan kecanggihannya melebihi perangkat manual yang pernah digunakan sebelumnya.  Sekilas kita menengok kebelakang tentang pager, dan Telegram.  Siapa yang tidak kenal dengan Pager , wesel pos atau telegram angkat tangan?.  Mungkin ada yang belum lahir, tapi saya punya keyakinan sebagian besar dari kita pernah mengalami masa kejayaan pager, Wesel Pos dan Telegram.

Kini dua media komunikasi itu sudah tidak populer lagi . Penggunaan pesan singkat
(short message service) dari perangkat smartphone langsung mengemuka.  Beda dengan Kartu Lebaran.  Walaupun sudah ada faslitas Greeting Cards seperti kartu lebaran online, namun masyarakat tetap mencintai pengiriman ucapan kartu lebaran melalui pos.

Begitu pula dengan tradisi berkirim surat tetap dihati masyarakat walaupun juga sudah ada perangkat surel atau surat elektronik (baca email-red).  
Kartu Lebaran dan Surat Menyurat adalah produk PT Pos dan Giro Indonesia yang akan teta : dicintai oleh masyarakatnya.  Mengapa bisa? Karena tidak semua orang memiliki akses langsung kepada jaringan internet, dan penggunaan media semacam kartu lebaran dan surat POS tetap menjadi idola komunikasi masyarakat Indonesia. 

Begitupula dengan Wesel Pos masih relevan hingga saat ini.  Walaupu sudah ada perangkat canggih pengiriman uang melalui internet banking atau melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM)  PT POS dan GIRO Indonesia telah memodernisasi wesel pos ini  dengan berbagai keunggulan terbarunya. Wesel Pos yang saya sebutkan terakhir ini masih idola masyarakat Indonesia dan memiliki banyak keunggulan , pertama : Jangkauan Luas, dan kedua : Mudah dan cepat.  

Jangkauan luas karena 
didukung oleh Kantorpos online yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga memudahkan Anda untuk melakukan pengiriman dan pencairan uang melalui Kantorpos terdekat.  Mudah dan Cepat karena 
Anda tinggal datang ke Kantorpos terdekat serta mengisi formulir. Setelah menerima Bukti Pengiriman (Resi) maka pada saat itu juga kiriman uang Anda sudah dapat dicairkan di Kantorpos tujuan. Selain itu juga Wesel Pos akan selalu aman dan terlacak. So eh jadi jangan remehkan Wesel Pos produk PT Pos Indonesia itu.  

Untuk layanan Weselpos Instan, Anda dapat memberitahu secara langsung informasi kiriman uang kepada penerima melalui ponsel. Sedangkan untuk kiriman Weselpos Prima informasi kiriman uang akan disampaikan melalui surat pemberitahuan (RS-2) oleh Pengantar Pos.

Asal tau saja saya pernah 3 kali  menerima pencairan Google Adsense melalui Western Union POS Indonesia langsung dari Amerika dengan hanya mengisi formulir, membawa KTP aseli dan 
MTCN (Money Transfer Control Number) atau Nomor kiriman uang.

Western Union
termasuk salah satu Layanan Luar Negeri (Internasional) dari POS Indonesia.  
Dengan hastagnya "cepat & Mudah tak perlu rekening". Weselpos masih merupakan layanan pengiriman dan penerimaan uang yang mem kberikan solusi terhadap kecepatan, ketepatan dan keamanan kiriman uang Anda, secara domestik (nasional) maupun luar negeri (internasional).  Memang keren

Luruskan Niat Untuk Bersilaturahmi
Bersilaturahmi berlebaran dengan menggunakan sosial media untuk bermaaf maafan dan memanfaatkan perangkat mobile berbasis internet untuk mengirim ucapan maaf maafan lebaran sah sah saja. Tidak ada masalah dengan itu. Selera memang tidak dapat diperdebatkan.  Saya sengaja tidak membahasnya dari sisi dalil atau hukum berlebaran, bersilaturahmi dengan menggunakan media internet karena keterbatasan pengetahuan saya tentang hal itu.

Kini sanak family yang berada jauh dari kita, misalnya berbeda pulau bahkan berbeda negara, cukup mengirim ucapan lebaran melalui pesan singkat SMS, WA,  Facebook , Instagram, atau bahkan sambungan Internasional langsung jarak jauh.  Bebas saja.

Yang mana menurut hati anda, nah ikuti kata hati anda. Memang ada beberapa dari kita yang enggan membalas SMS atau BBM karena orangnya lebih suka ditelepon dan masih banyak lagi keunikan lainnya.  Semua tergantung pada mood dan kondisi yang ada.  Begitu mudah dan cepatnya. Bahkan kartu lebaran online pun bertebaran dibanyak situs penyedia konten Greeting Cards ini.

Uniknya dengan semakin banyaknya kiriman ucapan diterima dalam INBOX, anda tidak perlu mengetik sendiri ucapan Lebaran dan Maaf maafan. Cukup anda edit saja nama pengirim dan alamat mereka dan menggantinya menjadi nama dan alamat anda sendiri.

Jika anda kreatif anda hanya perlumenambah atau menghilangkan bagian kalimat tertentu dari kiriman ucapan maaf maafan itu. Memang  terkesan plagiat namun who cares? Siapa perduli. Internet memang dahsyat fungsi dan kecepatannya, dan itu harus kita akui.  Internet tidak saja bisa mendekatkan yang jauh namun bisa juga menjauhkan yang dekat.  (Asep Haryono)





Referensi











11 comments:

  1. Teknologi yang terus berubah, maju tak dapat dibendung.

    Kita punya pilihan untuk sebesar2 memanfaatkannya bagi kemashlahatan.

    Inilah salah satu nikmat Allah, alhamdulillah.

    Jadi inget dulu semangat bikin Greeting Card,
    dengan gambar tangan sendiri, lalu dipulas (diwarna),
    dikirim ke teman, kerabat. ... puaaaasss rasanya !

    Taqabbalallahu minna wa minkum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hheihiehi iya bener banged Saya juga perna mengalami hal serupa heiheihe.Masih jaman jamannya kenal internet. eh kirimnya Greeting cardhiehiehheiheihee

      Delete
  2. Benar-benar lebaran digital ya mang hehehe
    maaf-maafan bisa lewat hp ataupun pakai email atau titip surat pos

    ReplyDelete
  3. Saya belum pernah merasakan nikmatnya google adsense. Dan sampai saat ini saya masih setia dengan kantor pos saat berkirim uang ke keluarga. Lebih cepat dan terasa nyaman dan percaya.
    WA saya sampai full, ucapan lebaran. Sampai binung balasanya.

    ReplyDelete
  4. Zaman sekarang sudah amat maju yaa mas asep. Apapun serba digital, cepat dan mudah diakses. Semudah membalikkan tangan heheheh

    ReplyDelete
  5. ya zaman terus berkembang, banyak kemudahan ditawarkan
    bbm, wa, sms, alhamdulillah baru saja dibersihkan dari hp yang isinya ucapan dan maaf di hari raya
    ya karena libur cukup panjang sempat pulang silaturahmi dan berkumpul bersama keluarga di hari raya kedua, karena hari pertama silaturahmi dulu di sekitar tempat tinggal 😀

    ReplyDelete
  6. sha angkat tangaan :D belum kenal pager, wesel pos dan telegram yang jaman dulu, kenalnya aplikasi telegram :D

    ReplyDelete
  7. Mohon maaf lahir batin, ya Pak Asep. Sekarang sudah banyak fasilitas di dunia digital yang mempermudah kita ya.

    ReplyDelete
  8. Apapun medianya yang penting silaturrahmi tetap terjaga.

    ReplyDelete
  9. Saya lebih suka dapat karu lebaran. Apalagi kalau handmade. Rasanya spesial banget. Tapi kalaupun digital juga tetap senang karena setidaknya tetap menjaga silaturahmi :)

    ReplyDelete
  10. praktis ya, baru tau kalo ada kantorpos online

    ReplyDelete

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog