Jual Milagros disini


Tips Praktis Agar Draft Naskah Blog Tidak Hilang

OFFLINE :  Yang paling aman dengan mengetik terlebih dahulu secara offline agar terhindar naskah anda hilang sebelum di publish.  Foto Asep Haryono
OFFLINE :  Yang paling aman dengan mengetik terlebih dahulu secara offline agar terhindar naskah anda hilang sebelum di publish.  Foto Asep Haryono

Catatan Asep Haryono

Bagaimana rasanya ika sudah susah susah mengetik naskah dan sudah hampir selesai tiba tiba draft nya hilang karena listrik tiba tiba padam dan belum sempat disave (simpan) ?  Draft blog menghilang Hal serupa juga nyaris saya alami saat mengetik naskah secara online dalam text area di dashboard blog karena belum sempat di simpan dalam draft. 

Walaupun sistem dalam blogspot sudah auto save (menyimpan secara otomatis) tidak menjamin (naskah) tersimpan secara otomatis. Walau akhirnya naskah itu akhirnya bisa diselamatkan. Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan tips praktis agar draft naskah yang belum sempat di save atau publish tidak hilang.  Ada ada 2 (dua) tips agar terhindar dari hilangnya naskah yang sedang diketik.

  • Pertama : Mengetik Offline
    Mengetik naskah di dalam Microsoft Word (MSword) menjadi salah satu pilihan yang bijaksana.  Banyak manfaatnya jika naskah diketik terlebih dahulu di dalam MS-WORD atau dalam format lain sesuai selera anda. Salah satu manfaatnya adalah bisa menghemat kuota internet.  Tidak masalah jika kuota internet anda berlimpah.  Namun banyak juga dari sahabat yang ngeNetnya kudu (harus) pake modem Internet dan atau android sebagai modem itu memakan pulsa. Jadi mengetik secara offline selain bisa menghemat kuota internet juga menghindari naskah draft hilang tiba tiba
  • Kedua : Langsung save online
    Jika sahabat sudah terbiasa mengetik secara daring (online) di halaman Text area di dashboard Blogspot, Wordpress atau format apa saja, save (simpan) kah selalu begitu 1 paragraf atau satu kalimat selesai diketik.  Hindari menggantungkan sepenuhnya kepada Autosaving dari sistem dashboard blog sahabat.   Untuk melihat hasil ketikan seperti apa bisa melalui preview atau kalau sudah benar benar beres bisa langsung dipublish dan artikel sahabat pun bisa langsung bisa online.  Jangan lupa share ke sosial media milik sahabat semuanya untuk mendatangkan traffic ke blog sahabat.
GOOGLE :   Sempat menempati rangking ke -2 Google denga keyword (kata kunci) "draft blog menghilang".  Foto internet
GOOGLE :   Sempat menempati rangking ke -2 Google denga keyword (kata kunci) "draft blog menghilang".  Foto internet

Satu hal yang perlu dicatat pada tips pertama tadi di atas, naskah yang sudah selesai diketik secara offline di MS-Word atau format apa saja yang sahabat pakai jangan langsung copy paste dari text area MSWord ke dalam Text Area Dashboard Blogspot. 

Hal ini beresiko ikut "terbawanya" script script bawaan dari Microsoft Office yang akan merusak naskah di text area saat ditampilkan secara online.  Saya biasa "memindahkan" terlebih dahuu naskah dari MS_Word itu tadi ke dalam NOTEPAD agar script bawaan MS Office tidak "ikut". Semoga Tips Praktis Agar Draft Nasakah Blog Tidak Hilang ini bisa bermanfaat.  (Asep Haryono)    

4 comments:

  1. Saya jarang nge-draft di Word. Kecuali kalau ada job trus diminta kirim draftnya dulu

    ReplyDelete
  2. Memang perlu disiasati biar naskahnya ga rusak.

    Bahkan kalau perlu dibackup, apalagi kalau dari pc lain dimasukkan ke blog dengan format word. Malah dari segi jenis huruf, tata letak dan lainnya jadi berubah. Tapi kalau langsung diupload dari word dengan laptop sendiri ga begitu.

    Jadinya sering cari wifi deh akhirnya hehe.

    ReplyDelete
  3. Tips yang oke banget dan wajib di terapkan nih mas.

    ReplyDelete
  4. Rasanya pengen nangis guling2 waktu naskah yang sudah diketik tiba2 hilang. :'D

    ReplyDelete

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog