Jual Milagros disini

Rumah Makan AYAM Pak USU

Catatan Asep Haryono


Sudah beberapa kali saya melihat tayangan salah satu televisi swasta di Indonesia yang menayangkan program acara Pesona Pontianak dengan menyajikan liputan wisata kuliner Bubur Ikan dan Sop Ikan.  Apakah anda pernah mencoba atau minimal pernah mendengarnya?. 

Ternyata saya sendiri langsung merasakan sensasi segarnya Sop Ikan saat mengunjungi Ayam Pak Usu yang berlokasi di 
Jalan Merdeka tepatnya di depan kampus Universitas Widya Dharma, Pontianak. Saya tidak sendiri, melainkan bersama beberapa 6 orang blogger Pontianak lainnya turut diundang AYam Pak Usu pada hari itu 19 Desember 2016 sekitar pukul 14.30 WIB.  Seperti apakah sajian khas Ayam Pak Usu lainnya dan keseruan acaranya saat itu berikut catatannya

Ayam Ponti dan Ayam Pak Usu
Restoran Ayam Pak Usu dengan slogannya "Ayamnya orang Pontianak" benar benar luar biasa sajian khas yang saya rasakan bersama sahabat blogger yang hadir dalam undangan tersebut, setidaknya itu yang say rasakan. 

"Ayam Pak Usu ini hadir di Pontianak ada di beberapa spot misalnya di Jl. M Sohor (Sumatera) No 28 (Samping Jl GM Situt), Rumah Sakit Mitra Medika Lt Basement, Jl Sutan Syahir (Kota Baru), dan di Ahmad Yani Mega Mall lantai 2. Sajian utama dari Ayamm Pak Usu ini adalah Paket Ayam Pak Usu Paket Ayam Ponti dan Aneka Sushi" kata mba Eka, Promotion Dept Ayam Pak Usu Pontianak.

Nama "Pak Usu" memang identik dengan kearifan Lokal Pontianak dalam hal ini adalah kekerabatan atau keluarga yang mengelolanya termasuk Pak Usu.  Dalam budaya Pontianak Pak Usu adalah saudara kandung laki-laki yang paling kecil (bungsu) dari Ayah/Ibu.


Ayam Ponti Foto Asep Haryono
Ayam Ponti Foto Asep Haryono
Ayam Pak Usu.  Foto Asep Haryono
Ayam Pak Usu.  Foto Asep Haryono
Sop Ikan  Foto Asep Haryono
Sop Ikan  Foto Asep Haryono
Sushi Pak Usu  Foto Asep Haryono
Sushi Pak Usu  Foto Asep Haryono
SAMBAL : Sambal pedas, sambel pecal, dan sambal terasi.    Foto Asep Haryono
SAMBAL : Ada 3 jenis sambal yang menggoda : Sambal terasi, sambal lamongan dan sambal balado..    Foto Asep Haryono


Ayam Pak Usu Pontianak ini memiliki dua menu andalan utamanya yakni yaitu Ayam Pak Usu dan Ayam Ponti. Ayam Pak Usu adalah Ayam Goreng, sedangkan Ayam Ponti adalah Ayam Panggang. Ada 3 jenis sambal pendamping yang boleh disantap bersama kedua menu ayam utama Pak Usu Pontianak ini yaitu sambal Sambal terasi, sambal lamongan dan sambal balado.

Dari ketiga varian sambal itu, yang paling nendang rasa pedasnya adalah sambel terasi.  Bagaimana dengan Sup Ikannya?  Bubur ikan atau Sop Ikan khas Pak Usu Pontianak ini berupa sajian potongan ikan Napoleon dan Ikan Kakap yang bertekstur lembut berpadu dalam kuah kaldu yang segar. Harga seporsi Sup Ikan ini Rp.23.000,-.

Catatan : Saya dan kawan kawan pun mencoba menu lainnya di Rumah Makan Ayam Pak Usu Pontianak ini yakni Sushi.  Khusus untuk Sushi saya yang pertama saya coba adalah saat makan siang dalam kegiatan workshop di Hotel JW Marriott Jakarta tanggal 16-19 September 2010 yang lalu.  Nah menu Sushi di rumah makan Pak Usu Pontianak ini jauh lebih "ringan" dan tetap nikmat seperti yang pernah saya rasakan sebelumnya.  Bagaimana dengan hargnya? Jangan kuatir tentang harganya, semuanyay terjangkau di kantong yakni antara
IDR 15-35k.

BLOGGER PONTIANAK :  Inilah kami 7 blogger yang diundang oleh Restoran Pak Usu Pontianak sedang diabadikan bersama.  Foto istimewa
BLOGGER PONTIANAK :  Inilah kami 7 blogger yang diundang oleh Restoran Pak Usu Pontianak sedang diabadikan bersama.  Foto istimewa

Ice Cream Yang Menggoda
Puas menyantap aneke hidangan utama dan pendampingnya, saya dan kawan kawan Blogger Pontianak yang diundang dalam acara itu masih harus menikmati tantangan yang asyik lagi lainnya yakni mencoba beberapa ice cream (es krim)  dan minuman khas Ayam Pak Usu Pontianak. 

Dodon Jerry, food blogger dengan blognya tukangjalanjajan ini memesan segelas Es Lidah Buaya.  "
Minuman lidah buaya dengan selasih dengan sirup frambozen yang manis dan harum, potongan lidah buaya kecil kecil bisa langsung masuk kedalam sedotan dan  pastinya pas untuk yang sedang panas dalam" katanya Dodon Jerry sambil menyeruput minuman segar itu.   Ahh saya jadi haus juga deh melihatnya. 


Es Cincau  Foto Asep Haryono
Es Cincau  Foto Asep Haryono
Es Selasih  Foto Asep Haryono
Es Selasih  Foto Asep Haryono

Sedangkann Arif, pengelola blog review apa saja ini hanya memesan minuman "milik umat" yakni segelas Es Teh saja.  Saya sendiri memesan Es Cincau yang juga tidak kalau segarnya dengan dua jenis minuman yang sudah dipesan rekan saya itu. Rasa cincau berpadu dengan susu kental manisnya benar benar nikmat dan menyegarkan di tenggorokan. 

  Shanghai Ice Cream 23 K.  Foto Asep Haryono
Shanghai Ice Cream 23 K.  Foto Asep Haryono

Sundae Es Cream  21 K.  Foto Asep Haryono
Sundae Es Cream  21 K.  Foto Asep Haryono
Ice Cream Merdeka D-3  21 K.  Foto Asep Haryono
Ice Cream Merdeka D-3  21 K.  Foto Asep Haryono
PAK USU :  Inilah Ayam Pak Usu di Jalan Merdeka Pontianak/  Foto Asep Haryono
PAK USU :  Inilah Ayam Pak Usu di Jalan Merdeka Pontianak  Foto Asep Haryono

Ice Cream Pak Usu Pontianak ini juga sedap sekali untuk dicuba, harga seporsinya Rp.23.000, sungguh segar dan nikmat. Sajian lain yang kami coba juga saat itu adalah Sundae Ice Cream yang dibandrol harga Rp.21.000,- ini pantas untuk dicoba. Sajian khas gunungan Es Krimnya yang lumer jika sudah dimulut. Terasa nikmat dan segar sekali.    Terima kasih kepada pimpinan, staf dan karyawan Ayam Pak Usu Pontianak yang sudah mengundang kami. (Asep Haryono)

3 comments:

  1. Sepertinya nikmat sekali bang :)

    ReplyDelete
  2. Yummy yummy yummy.... mao maoooooo maaaaaaooooooo

    ReplyDelete
  3. sering ke sni, Ice Creamnya nagih banget

    ReplyDelete

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog