Jual Milagros disini


Resep Membuat Pempek Murah Meriah

Catatan Asep Haryono

Makanan khas kota Palembang (Sumatera Selatan) yang bernama Pempek Palembang (Baca : Plembang) sudah menyebar ke seantero pelosok Nusantara. Salah satu jenis cemilan yang paling disukai di indonesia saat ini adalah Pempek Palembang.  Hampir di setiap kota di seluruh Indonesia terdapat penjual atau sentra produk Pempek Palembang. 

Bagaimana dengan selera "Pempek Pempek-an" yang banyak dijual bebas di pasaran. Baru baru ini saya sekeluarga mencoba menikmati pempek Palembang kaki lima yang berada di Jalan Sepakat Pontianak.  Berikut ini adalah catatan singkatnya.

Mungkin jauh dibilang jenis Pempek Palembang KW. Jangan berharap terlalu tinggi jika anda membeli jajanan yang satu ini dipinggir jalan atau kelas kaki lima.  Jika anda membayangkan rasa yang seanggun penampilang akan berbanding lurus dengan harganya. 

Untuk 1 buah Pempek aseli Palembang yang original (maksudnya dengan kandungan ikan Tenggiri yang dominan-red) harganya cukup aduhai bisa mencapai Rp.12.000,- untuk 1 jenis Pempek Palembang. Sedangkan Pempek Palembang kelas kaki lima bisa seharga Rp.3.000 s/d Rp.6.000,- per buah.

Sebenarnya ukuran Kaki Lima atau bahkan penjual Pempek Palembang di jalan jalan pun citra rasanya bisa tidak kalah legit dan gurih setara citra rasa Pempek Palembang kelas cafe atau kelas Restoran.  Semua terpulang kepada usaha sang penjualnya. 

Jika dia ingin membuat Pempek Palembang dengan citra rasa yang aseli ikan Tenggiri atau Ikan liannya, harus sudah berhitung kira kira berapa modal yang harus dikeluarkan dan berapa keuntungan yang bisa didapat jika membuat Pempek Palembang yang aseli. Tentu akan rugi besar jika membuat produk yang bagus namun harga jualnya turun atau jatuh.  Bisa rugi bandar. 
   
PEMPEK : 1 porsi pempek murah meriah ini hanya 12 K, masing masing item sehrga 6 K.  Foto Asep Haryono
PEMPEK : 1 porsi pempek murah meriah ini hanya 12 K, masing masing item sehrga 6 K.  Foto Asep Haryono

GORENG :  Sesuai dengan selera anda saja  Mau digoreng dahulu atau langsung disantap dalam keadaan basah.  Terserah anda.  Foto Asep Haryono
GORENG :  Sesuai dengan selera anda saja  Mau digoreng dahulu atau langsung disantap dalam keadaan basah.  Terserah anda.  Foto Asep Haryono
KAKI LIMA : Jangan berharap terlalu tinggi jika membeli produk di jalanan atau di pasaran  Untuk rasa yang gurih dan lezat carilah yang original.  Foto Asep Haryono
KAKI LIMA : Jangan berharap terlalu tinggi jika membeli produk di jalanan atau di pasaran  Untuk rasa yang gurih dan lezat carilah yang original.  Foto Asep Haryono

Resep Membuat Pempek Palembang Ala Chef Rini Mayasari
Saya mendapat kiriman resep bikin pempek yang sangat simple dan ga pake ribet kiriman dari rekan saya Mba Rini Mayasari yang saat itu sedang menempuh studi S2 nya di New Zealand. . Resep ini menurut beliau dapat dilakukan dengan peralatan masak yang terbatas bahkan oleh anak kost sekalipun seperti dirinya.  Resep berasal dari mb Nayo dan resep cukonya warisan almh mommy Susmawati, ibunda Mba Rini Mayasari.

Bahan-bahan pempek:

  •   Ikan 800 gram
  •   Starch / Tepung Tapioca 400 gram
  •   Garam 2 sendok teh atau sesuai selera yah, klo saya diet garam soalnya
  •   Telor 2 buah (supaya nanti pempeknya kenyal, ga keras)
  •   Tepung terigu 2 sendok makan (supaya nanti pempeknya ga keras)

Cara membuat:

  1. Ikan diblender, airnya sedikit aja, makin banyak air, berarti makin bnyk tapioca yang dibutuhkan dan ini yang bikin pempek nantinya keras dan kurang yummy. 
  2. Setelah ikan halus, campurkan dengan telur, tepung terigu dan garam, aduk hingga rata, lalu perlahan tuang tepung tapioka ke adonan, jika adonan sudah cukup bisa dibentuk, silahkan mulai membentuk pempek sesuai selera.  
  3. Sembari membentuk pempek, rebus air 3/4 panci 2.5 litter. Jika air sudah mendidih, masukkan adonan pempek yang telah dibentuk. Untuk tau apakah pempeknya sudah matang atau tidak, bisa dilihat klo pempeknya sudah mengapung sekitar 5 menit, Angkat dan tiriskan.

Pempeknya bisa disajikan gitu atau bisa juga digoreng, sesuai selera aja yah. Kalau ada masalah kesehatan sebelumnya, lebih suka pempek rebus, tanpa minyak goreng, lebih sehat. Oh ya, pempek biasanya disajikan dengan cuko, berikut resep untuk bikin cuko.

Bahan-bahan cuko:

  •   Gula aren 1/4 kg
  •   Air 1.5 liter
  •   Cabe rawit 15 - 20 batang, sesuai selera
  •   Bawang putih 5 - 7 siung
  •   Garam 1 sendok teh
  •   Asam jawa / tamarind seukuran jempol orang dewasa

Cara membuat cuko:

  1. Cabe rawit dan bawang putih dihaluskan dengan cara di uleg atau diblender. 
  2.  Lelehkan gula aren dalam rebusan air, campurkan garam, dan asam jawa. Didihkan. 
  3. Masukkan cabe rawit dan bawang putih yang sudah diblender, ke dalam larutan air gula aren, aduk, dan cicipi, jika sudah sesuai selera, bisa segera diangkat dan proses selesai, as simple as that.


3 comments:

  1. Wah seru nih kalo tahun baruan bikin pempek

    ReplyDelete
  2. kalau aku masih suka beli, kadang kalau bikin sendiri, kuahnya kurang mantap :D

    ReplyDelete
  3. kalau saya sih mending beli aja goceng mas
    hehe

    ReplyDelete

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog