Jual Milagros disini

Trump Presiden Terpilih Amerika Serikat

Catatan Asep Haryono

"Donald Trump is going to be our president. We owe him an open mind and the chance to lead" ciutan Hillary Rodham Clinton yang diposting 9 jam setelah pengumuman hasil akhir voting Pilpres Amerika Serikat saat posisi suara Hillary 215 dan Donald Trup 388.  Untuk bisa melenggang ke kursi Presiden AS hanya perlu 270 saja dan Hillary sudah membaca bahwa dia sudah tidak ada kans lagi untuk bisa menyusul perolehan suara Trump.   

Trump presiden terpilih Amerika Serikat yang ke 45 tahun yang akan dilantik pada bulann Januari 2017 yang akan datang.   Dunia tercengang menanggapi kemenangan Trump yang penuh kontroversial ini. Namun dari semua itu, suara rakyat tetaplah harus dihormati dan rakyat Amerika Serikat memilih Donald Trump untuk menjadi orang nomor satu di negara paman Sam itu sebagai presiden Amerika yang ke 45 tahun.

Donald Trump Presiden Terpilih Amerika Serikat.  Photo courtesy CNN COM
Donald Trump Presiden Terpilih Amerika Serikat.  Photo courtesy CNN COM

Salah satu program Donald Trump yang disukai pasar ekonomi dunia adalah penetapan suku bunga rendah untuk meningkatkan aktifitas ekonomi, dan ternyata pasar dunia merespon positif dan sangat menyukai kebijakan Donald Trump tersebut.  Sedangkan di sisi lain, rakyat Amerika Serikat sendiri, memang membutuhkan banyak lapangan pekerjaan di negaranya. Dan program Trump adalah meningkatkan jumlah lowongan pekerjaan hingga 20 juta kesempatan kerja sebagai konsekuensi dari penetapan suku bunga yang rendah itu. 

Saya sendiri kebetulan relawan internasional Hillary For America cukup terkejut dengan hasil Pilpres Amerika ini. Beberapa debat diskusi Trump dan Hillary Clinton yang saya ikuti baik secara live streaming maupun recorded sudah merasa yakin bahwa the next president of the United States is Hillary Clinton.  Polling polling antara keduanya juga saling susul menyusul dan Hillary selalu unggul walau tipis dibandingkan dengan Trump di beberapa negara bagian. Beda dengan pemilu di Indonesia 1 orang satu suara.

Dunia boleh saja bereaksi atas kemenangan Trump pada pilpres Amerika 2016 ini, namun suara rakyat Amerika lah yang menjadi segalanya.  Rakyat Amerika Serikat ternyata justru jatuh hati pada program kerja Trump yang terkenal dengan Jargon "Make America Great Again" itu dibanding dengan sosok pribadinya yang temperamental, meledak ledak, dan penuh kontroversial. Mungkin bagi kita seolah diingatkan untuk tidak membenci orang karena perangai atau attitude pribadinya. 

Orang selalu ada sisi baik dan buruknya, namun jika kebaikan dan manfaat yang dibuat jauh lebih banyak untuk masyarakat adalah sesuatu yang masih bisa diterima.  Dunia harus menerima bahwa Trump Presiden Terpilih Amerika Serikat. (Asep Haryono)

1 comment:

  1. memang trump sudah sangat pantas jadi presiden amerika.. selamat saja

    ReplyDelete

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog