Jual Milagros disini
Loading...

Nikmatnya Bakso Malang AREMA Di Pontianak

Catatan Asep Haryono 

Berkunjung ke kota Pontianak kapan saja bisa dengan mudah menikmati aneka jajanan pasar dan jajanan tradisional di kota yang dijuluki dengan sebutan kota lintasan bumi khatulistiwa ini. Nyaris semua jenis kuliner baik kelas supermarket hingga di pinggiran jalan dapat dengan mudah diniikmati.  Salah satu jajanan yang bikin kangen adalah bakso AREMA Malang.  Tidak perlu ke luar kota untuk mencicipi hidangan berkuah itu, di kota Pontianak juga ada.

Saya mengajak sahabat saya yang kebetulan ada urusan dinas di kota Pontianak dan segera akan kembali ke Malang.  "Sep,  ada bakso Arema Malang di sini kan? Boleh kita kesana nanti ya"  ajak Pramono yang memang aseli orang Nalang itu.  Dia sepertinya penasaran ingin mencoba seperti apakah cita rasa Bakso Arema Malang di kota Pontianak apakah sesuai dengan seleranya yang di kota Malang.

Bakso AREMA Malang Sungai Raya Dalam
Saatnya pun tiba. Sekitar pukul 20.00 WIB,  Saya mengajak mas Pramono yang pegawai salah satu instansi pemerintah di kota Malang itu untuk makan di kedai Bakso AREMA Malang yang ada di kawasan Sungai Raya Dalam.   Setelah kami memarkir motor kami di depan kedai, saya dan mas Pramono pun mengambil tempat duduk yang agak masuk ke dalam. "Enak duduk di sini aja, agak mojok sendikit belakangnya tembok, jadi bisa konsentrasi makannya hahahaha" katanya. Ada ada saja alasan mas Pramono ini.

Saya pun memanggil salah satu karyawan dan memesankan 2 porsi untuk Bakso Arema Malang spesial lengkap dengan minumannya 2 gelas es teh berukuran sedang.  Tidak lama kemudian karyawan pun mendatangi tempat duduk kami dan menyajikan pesanan kami di atas meja.    Saya pun memperhatikan setiap detil porsi bakso Malang Arema yang kami pesan.  

Sebelum masuk ke dalam perut kami berdua, saya pun mendokumentasikan terllebih dahulu.  Sudah kebiasaan saya sih apa apa yang difoto dulu.  Mas Pramono pun memperhatikan saya menjepret menu menu dengan kamera HP. "Kenaoa difoto ?" tanya mas Pramono.  Pertanyaan singkat dia pun saya jawab langsung "mau sekalian dibuat reviewnya nih lalu di share di sosial media" jawab saya sekenanya. 
TAHU : Selalu ada piliham Tahu dalam setiap mangkuk Bakso yang kami pesan.  Boleh juga tidak sesuai selera saja lah.  Asyiik. Foto Asep Haryono
TAHU : Selalu ada pilihan Tahu dalam setiap mangkuk Bakso yang kami pesan.  Boleh juga tidak pakai (tahu). Foto Asep Haryono
LENGKAP : Sudah tersedia sambel, saos sambal, kecap dan jeruk tersaji dimeja,  Pelanggan bebas memakainya.  Ini juga nilai tambahan untuk kedai ini. Foto Asep Haryono
LENGKAP : Sudah tersedia sambel, saos sambal, kecap dan jeruk tersaji dimeja,  Pelanggan bebas memakainya.  Foto Asep Haryono
PANGSIT : Inilah yang saya suka.  Pakso Goreng yang benar benar pangsit yang digoreng. Bukan kerupuk pangsit.   Poin tambahan untuk kedai ini. Foto Asep Haryono
PANGSIT : Inilah yang saya sukaBenar benar pangsit yang digoreng. Bukan kerupuk pangsit.   Poin tambahan lagi untuk kedai ini. Foto Asep Haryono
MEGAH: Inilah kedai Bakso Arema Malanvg di kawasan Sungai Raya Dalam Pontianak diambil fotonya sebelum pulang. Foto Asep Haryono
MEGAH: Inilah kedai Bakso Arema Malanvg di kawasan Sungai Raya Dalam Pontianak diambil fotonya sebelum pulang. Foto Asep Haryono

Rasa Yang Seanggun Penampilan
Baru pada keesokan harinya saya menanyakan kesan kesan beliau mengenai Bakso AREMA Malang yang sudah dijajal pada malam sebelumnya.   "Dari segi cita rasanya memang tidak jauh berbeda dengan Bakso Arema Malang kelas kaki lima atau di pinggir jalan atau dengan menggunakan kendaraan roda dua yang biasa masuk komplek saya di Malang" kata mas PramonoNah ciri yang nyaris sama di rata rata kedai Bakso adalah Jeruk Lemon atau jeruk Nipis. 

Bagi yang ingin hidangan berkuahnya ada sensasi rasa ASAM alami ya dengan menggunakan Jeruk Nipis ini.  Bukan rasa ASAM yang berasal dari CUKA.

Jadi unsur kembali ke alam dengan menggunakan jeruk Lemon atau Nipis ini bisa menjadi pilihan yang bijaksana.   Catatan kecil lainnya adalah Pangsit Goreng yang disediakan adalah benar benar pangsit. Bukan kerupuk yang menyerupai Pangsit seperti kebanyakan di bakso bakso kuah tertentu di kota Pontianak ini. Pangsit goreng tidak selalu identik dengan Bakso Arema Malang saja.  Pangsit goreng juga pas untuk jajajan Mie Ayam bahkan dimakan bersama hidangan organik lainnya pun bisa sesuai selera

Masyarakat kini sudah tidak perlu lagi harus ke luar kota atau bahkan ke luar Pontianak hanya ingin mencicipi nikmatnya Bakso Malang Arema, karena sudah banyak tersedia di gerai gerai Bakso Malang di seluruh penjuru kota Pontianak. Dengan harga yang terjangkau dan dengan rasa yang seanggun penampilan, kota Pontianak mencatat sejarahnya sendiri.  Kota Pontianak akan menjadi pusat kuliner yang terkenal di seluruh nusantara sejajar  bersama kota kota besar lainnya di Indonesia.

Sebagai penutup, beberapa catatan yang dapat saya berikan mengenai Bakso AREMA Malang ini tertuang sebagai berikut :
  1. KUAH Nomor satu
    Kuah menjadi salah satu poin penting bagi selera saya.  Jika kuahnya saja sudah asyik dan sedap bagi saya sudah memberikan gambaran keseluruhannya.  Menu bakso yang saya makan kali ini kuahnya terasa hambar.  Mungkin ini dimaksudkan agar para penikmat bisa menambahkan sendiri berapa banyak MSG atau micin yang ingin dicampurkannya.  Kalau ini maksud dan tujuannya, saya apresiasi sekali.
  2. Ruangan Yang Besar Nyaman
    Saya sempat hitung ada sekitar 8 meja panjang berhadapan satu sama lainnya dengan meja panjang ditengahnya. Bisa dibayangkan betapa riuhnya kedai ini jika dalam kondisi full book alias penuh pengunjung. Ruangan yang besar , dan nyaman sangat disukai oleh para konsume setianya
  3. Service yang baik
    Pelanggan datang boleh langsung menghampiri juru masaknya dan memesan menu yang disukai.  Pelanggan langsung duduk dan menu pesanan akan diantar setelah jadi. Bisa juga pelanggan duduk manis, dan petugas atau staf Bakso Malang Jawa TImur ini yang akan mendatangi meja anda , memesan pesanan dan membuatkannya.   Ini sudah merupakan service standar di hampir di setiap kedai Bakso yang saya kunjungi
  4. Harga Yang Kompetitif
    Bagi pelanggan jika rasa yang nyaman, enak dan suasana yang menyenangkan, para customer (pelanggan) tidak akan mempermasalahkan harganya.  Harga semangkuk Bakso Malang Jawa Timur yang rata rata dibandrol Rp.22.000,- (Dua Puluh Dua Ribu Rupiah) per mangkuk ini cukup terjangkau



Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog yang diselenggarakan Oleh Koran Pontianak Post dalam even Pontianak Oktober Festival 2016 berlangsung dari tanggal 1 - 31 Oktober 2016


 

6 comments:

  1. selamat malam kang,, apa kabar?

    22.000 per mangkok ini harga bakso paling mahal di tempat saya kang, kayaknya bakal pada mundur deh. hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Budi Smart : Alhamdulillah kabar baik. Mohon mangao eh maaf saya sudah jarang Blogwalking soale lagi banyak even diluar bloggin HIhihihi. Insya Allah saya segera BW kembali. Iya nih harga Pontianak apa apa mahal. Kalau di Jogja mah bisa 10 ribuan aja. Hiheihe Ini kan Pontianak.

      Delete
  2. Wah, mantap juga kelihatannya baksos malangnya mas, tapi harganya kalau di sana emang rata-rata di atas 20ribuan yah? :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pontianak ini mas. Kuliner byk yg mahal mahsl. Hihihihi. Kalau di Kulon Progo yg pernah sy kunjungi bakso nya sih 10 ribuan.

      Delete
  3. wah mahal banget yah, kalo ditmpay saya baksom malang cuman 5000 aja loh, ayo main kesini mas bisa dpt 4 mangkok bakso loh, hehehe

    ReplyDelete
  4. bakso malang emang khas banget ya,, di tempatku juga bentuk bakso malang kayak gitu.. :)

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog